Cara Jitu Mempercepat Loading Blog (fast loading time blog)


Sahabat. Kecepatan loading sebuah blog memang menjadi Syarat mutlak dalam membangun sebuah blog berkualitas. Tidak mungkin sebuah blog yang "lelet" alias "lemot" alias "berat" saat dibuka bisa mendukung tercapainya blog yang disukai pembaca.

Kenapa demikian?

Karena siapapun orangnya, baik pembaca atau bahkan Anda selaku admin akan merasa gusar ketika melihat kenyataan bahwa blog Anda sangat berat dan loadingnya lama ketika akan dibuka. Bahkan, para PUJANGGA pun sampai mengeluarkan peribahasa, "meunggu itu sangat membosankan!", hehe.

Tidak sekedar untuk blog saja, namun hal ini juga berlaku untuk situs web berbayar sekalipun. Sehingga, salah satu faktor dasar yang wajib dilakukan oleh seseorang untuk membangun blog berkualitas adalah membuat loading time super cepat. Namun Anda tidak perlu khawatir, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading atau ketika akan dibuka sebuah blog saya rangkum di dalam artikel ini.

Yang jelas, GOOGLE dan mesin pencari lainnya (search engine) sangat membenci blog/web yang lelet.

Hubungannya apa dengan blog yang lelet dengan GOOGLE dan search engine? Tentu hal ini sangat mendasar sekali. Jika blog kita sudah tidak disukai google atau search engine, mau keindek di mana GUYS blog kita? hehe. Semakin cepat & ringan tampilan blog saat dibuka pengunjung, maka akan semakin dimitani (user friendly) dan disukai oleh mesin pencari (search engine).


Faktor Penyebab Lambatnya Blog

Banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai upaya untuk mempercepat (fast loading) blog kita. Berikut kata google berkaitan dengan hal itu:

Images and Media

The more images, videos and other multi-media you have on your blog the longer it will take to load. However, images and other multimedia are important to attracting users to your blog, so it is important to optimize the load speed of your images and media. Here are a few tips to increase the load speed of your media:
1. Decrease the size of your images or use thumbnails that link to the full-size image.
2. If you use third party images, consider uploading them to Picasa Web Albums via the Blogger post editor.
3. If you have a large number of images to display, you can upload all your images (from a vacation or event) to a Picasa Web Album and link to the album in your post or sidebar.

Beberapa saran google, diantaranya berikut ini:

"Buatlah blog Anda tampil cepat" alias "Make your blog load Faster" !
Tools Pengukur Kecepatan Loading Website atau Blog

Untuk mengetahui sejauh mana kecepatan loading blog atau web anda, silakan gunakan tools di bawah ini. Berikut ini beberapa tools yang bisa digunakan untuk mengukur seberapa cepat loading blog Sobat:

Dengan menggunakan tools di atas, sobat bisa memberikan penilaian dan perbaikan jika dirasa blognya masih lelet.
Tips Mempercepat Loading Time Blog

Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat loading sebuah blog atau web. SALAH satu cara mempercepat loading time blog adalah tidak menggunakan image background blog dengan gambar, image, atau foto.

Gambar latar belakang biasanya berulang secara horizontal atau vertikal. Menurut MBT Sekitar 50% penyebab blog tampil lambat Salah satu penyebab sebuah blog teramat lelet (lemot) adalah karena gambar latar (image background). Selain daripada itu, GT Metrix juga memberikan masukan dan catatan khusus soal gambar latar blog ini.

Secara umum, berikut tips dari google untuk mempercepat loading sebuah blog atau web:
  1. Kecilkan ukuran gambar pada postingan artikel kita. 
  2. Jika Anda menggunakan gambar dari pihak ke-3, sebaiknya untuk meng uploadterlebih dahulu ke Picasa Web Album melalui Blogger post Editor. 
  3. Jika Anda ingin menampilkan gambar yang banyak, lakukanlan langkah ke-2 di atas dan buatlah link yang mengarah ke album di posting atau sidebar. 
  4. Kecilkan ukuran image size yang akan kita upload pada artikel postingan kita 
  5. Kalo sekedar blog pribadi, diminimalkan untuk "upload video" dengan ukuran file yang besar. 
  6. Gunakan template yang berkategori grade A dalam hal kecepatan. Minimal grade B. Jika tidak mau ribet, silakan pakai saja template yang power full.
Demikian informasi tentang cara jitu mempercepat loading blog. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://forumblogindo.blogspot.com/2015/04/cara-membuat-blog-berkualitas-seo-dan.html
http://forumblogindo.blogspot.com/2015/04/cara-membuat-blog-berkualitas-seo-dan.html
http://sahilluqman.blogspot.com/2015/03/cara-mempercepat-loading-blog-fast.html

0 Response to "Cara Jitu Mempercepat Loading Blog (fast loading time blog)"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel