Cara Membangun Blog Berkualitas SEO Friendly

Cara Membangun Blog Berkualitas SEO Friendly
Sobat. Dalam membangun sebuah blog berkualitas, memerlukan sebuah perjuangan yang tidak terlalu sulit. Namun mungkin pendapat ini juga ditanggapi berbeda dari beberpa rekan blogger lain.

Pendapaty-pendapat tersebut saya kira wajar, karena sesama blogger mempunyai parameter tersendiri dalam menilai sebuah blog layak dikatakan berkualitas atau tidak. Namun yang pasti, istilah berkualitas memiliki banyak makna dan tafsiran tersendiri.

Bagi rekan-rekan, mungkin blog berkualitas adalah sebuah situs yang memiliki banyak pengunjung. Dengan menggunakan google analytic para blogger mampu menilai sejauh mana pengunjung setiap saat.

Ada pula yang berpendapat blog berkualitas adalah situs yang mampu menghasilkan banyak "uang" dan keuntungan secara materi. Bisa dari iklan yang ditampilkan, atau juga karena memang berbasis blog untuk berjualan online, atau sering dikenal denga istilah online shop.

Ada pula yang mengatakan bahwa blog berkualitas adalah sebuah media/ tempat guna memberikan pencerahan kepada khalayak/ pembaca tentang sebuah ide gagasan yang termuat dalam artikel posting yang ditulis, walaupun mungkin tidak menghasilkan profit keuntungan atau uang.

Lalu bagaimana menurut rekan-rekan tentang istilah makna "blog berkualitas" itu sendiri?

Jika merunut dari beberapa pendapat di atas, kita bisa menyimpulkan beberpa hal, yakni:

  1. Blog yang berorientasi pada trafik pengunjung
  2. Blog yang berorientasi pada profit uang dan keuntungan secara materi
  3. Blog yang berorientasi pada tersampaikannya ide gagasan sebuah pemikiran
Jika rekan-rekan memiliki pandangan lain, silakan tambahkan di sini njeh!
Menurut blog FBI, blog berkualitas adalah sebuah media penyaluran ide gagasan yang bersifat edukatif dan memberikan kemanfa'atan kepada khalayak.
Dari pandangan tersebut, Saya sendiri selaku admin selalu berupaya untuk menampilkan sebuah ide pembaharu dalam sebuah blog. Seperti halnya "moto" blog ini, yakni Seputar Tips Trik Blog, Template SEO, Responsive, Fast loading. Itu artinya, tujuan utama dari blog ini adalah untuk menyatukan berbagai pemahaman tentang blog, yang dapat dituangkan berupa tips trik blogger. Tips trik blogger di sini bisa berupa saran masukan dan anjuran untuk selalu mengutamakan pembaca sebagai "tamu terhormat" untuk dimuliakan. Dalam istilah blogger dinamakan "user friendly".

Dengan menerapkan prinsip "memuliakan" daripada "berharap" adalah suatu perbuatan yang baik. Dan itulah yang mendasari terbentuknya blog FBI (Forum Blogger Indonesia).

Saya berharap, pendapat ini tidak serta merta menjustifikasi pendapat rekan blogger lain. Karena seperti yang saya tandakan di awal diskusi, makna "blog berkualitas" tergantuing pada pemahaman dan penafsiran blogger sendiri. Mau berorientasi pada profit, trafik, atau lebih pada perubahan tersampaikannya ide perubahan?

Semua kita kembalikan kepada rekan-rekan semua.

Kembali pada topik judul kali ini. Karena basic oreinted blog FBI adalah pada point ke tiga, maka saya mulai dari acuan awal dalam proses membangun sebuah blog. Saya katakan membangun (tidak membuat), karena menurut saya membangun lebih lekat dengan sikap optimistis berorientasi jauh kedepan, tidak sekedar membuat yang bermakna (sekali buat dan jadi langsung berhenti). Itu hanya pendapat Ane saja lo, hehe.

Orientasi yang saya pakai tentu alasan penggunakan blogspot dibandingkan wordpress. Tentu rekan-rekan sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan blogspot dan wordpress bukan?

Untuk selanjutnya, sebaiknya melakukan langkah berikut:

  1. Menentukan jenis tema, judul topik isi blog (sesuaikan dengan tipe blog)
  2. Menentukan teknik desain (sesuaikan dengan template yang baik dan benar) Usahakan menerapkan pola pemilihan template blog yang baik sesuai saran google.
  3. Membuat artikel yang bekulitas SEO. Sesuaikan isi konten blog Anda dengan topik dan judulnya. Hal ini berkaitan dengan point pertama. Intinya bersikap konsisten dengan topik yang sudah kita tentukan. Misalkan kita sudah memutuskan untuk berjualan online sepatu merek A, maka hendaknya mengisi blog kita dengan posting sepatu dengan merek A.
  4. Kosisten dan tetap istiqomah dalam berkarya. Hal ini terbukti dengan selalu update setiap postingan kita, dan tentu relevan dengan kondisi zaman saat ini.
Keempat langkah di atas saya rangkum supaya mudah dimengerti dan difahami. Lebih umum sebagau pandauan dasar SEO blog bagi pemula. Saya kira demikian beberapa tips trik blogging dalam membangun sebuah blog berkualitas. 
So, jangan takut untuk melangkah. Karena membuat blog berkualitas itu mudah. Yang ada adalah kemauan dan kerja keras.
Sekiranya memiliki pendapat berbeda, silakan luangkan waktu sejenak untuk memberikan ulasan dan penjelasan kepada rekan-rekan blogger lain njeh. 

Salam hangat ang happy blogging.
Good luck!
(http://forumblogindo.blogspot.com).*

4 Responses to "Cara Membangun Blog Berkualitas SEO Friendly"

  1. kelihatannya sederhana..namun membutuhkan perjuangan hebat mestinya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar seka mas. tetep semangat dan terus belajar..keep fight always..

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia