Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly

meta tag
Salah satu trik untuk membuat blog kita berada pada halaman pertama google atau mesin pencari adalah melakukan optimasi terhadap meta tag di dalam sebuah blog. 

Pengaturan tersebut mutlak menjadi "syarat dasar" membuat blog berkualitas

Sudahkah rekan-rekan melakukan optimasi terhadap meta tag pada blog? Atau mungkin di dalam blog sobat malah belum terdapat meta tag nya?

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan fahami pengertian tentang meta tag di bawah ini.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan meta tag?

Dari beberapa ulasan para master SEO, dikatakan beberapa definisi tentang meta tag.

Meta Tag adalah sebuah Tag yang dapat anda tambahkan ke dalam situs anda untuk memberitahu robot mesin pencari dan aplikasi web lain apa isi dalam halaman tertentu dan informasi lainnya. Mereka memberikan halaman judul , deskripsi dan kata kunci web anda yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan peringkat mesin pencari dan meningkatkan lalu lintas ke halaman tersebut.

Ada juga yang mendefinisikan:

Meta Tag adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang dipakai untuk mengaplikasikan meta data dalam suatu halaman web.

Berdasarkan versi lain, yakni dari wikipedia.com, Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”. Secara umum, terdapat beberapa macam meta tag dengan fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta keywords dan description.
Dari ketiga definisi tersebut, dapat diperoleh kesimpulan bahwa meta tag berfungsi untuk membantu mesin pencari dalam menemukan blog kita, berdasarkan setiap artikel yang kita posting. Sehingga, mutlak menjadi suatu KEWAJIBAN setiap blogger untuk membuat, mengatur dan mengoptimasi meta tag di dalam sebuah blog.
Dalam menerapkan optimasi terhadap meta tag, perlu kita ketahui beberapa type meta tag di bawah ini, yakni:
  1. Meta tag description
  2. Meta tag keyword
  3. Meta tag robot
  4. Meta Content Type (Charset)
  5. Meta Tag Geo Placename
  6. Meta Languange
  7. Meta Refresh
  8. Meta Tag Revisit After
  9. Title Tag
Kesembilan rangkaian tag di atas dapat Anda gunakan dalam membangun sebuah blog berkualitas. Silakan gunakan seperlunya saja, menurut pemahaman SEO Anda masing-masing. Selanjutnya, silakan simak keterangannya di bawah ini!

Meta Tag Description

Dari wikipedia.com, terdapat definisi berikut:
"description dalam (bahasa Indonesia: penjelasan/deskripsi) adalah salah satu jenis meta yang memiliki fungsi memberikan garis besar isi halaman web. Cara menggunakan ini berbeda dengan keywords yaitu menggunakan kalimat bukan kata".

Meta tag description berfungsi untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Ada juga yang mengatakan maksimal cuma 156 karakter. Silakan pengujian skor SEO nya di Chkm.

Dan usahakan agar meta description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Artinya, sesuaikan skala prioritas kata di awal sebagai kunci meta tagnya dan seterusnya.

Contoh penulisan meta tag description secara umum adalah sebagai berikut :
<meta name="descriptio"content="Isi meta description sesuai isi blog Anda">
Meta Keyword
Meta keyword ini akan berfungsi sebagai kata kunci (keyword) yang akan dijadikan rujukan mesin pencari google untuk menemukan setiap artikel atau blog yang Anda buat. Untuk mengoptimalkan meta keyword, silakan lakukan riset keyword. Tanpa melakukan riset keyword dengan tepat, kemungkinan artikel posting akan sulit bersaing di halaman pertama google.

Secara umum penulisan meta keyword adalah sebagai berikut:
<meta content='Masukkan keyword anda' name='KEYWORDS'/>
Pada dasarnya, Meta Tag ini sudah tidak terlalu mempengaruhi dalam peringkat artikel anda di Google. Meta Tag ini hanya berguna untuk memberitahu kata kunci yang tepat terhadap mesin pencari google. Saran Ane, silakan untuk melakukan riset keyword sebelum melakukan posting artikel.

Selain daripada itu, dalam proses penulisannya, jangan mengulangi beberapa kata lebih dari 2 kali. Fokuskan nilai grade tertinggi keyword pada kata pertama, diikuti dengan kata kunci pilihan selanjutnya.

Meta Tag Robots
Meta tag robot berfungsi untuk menentukan halaman web mana yang bisa terindeks oleh spider mesin pencari (search engine) google. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika website memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine. Namun ketika mengukur skor SEO melalui Chkme, adanya penggunaan frame akan mengurangi skor SEO sebuah blog.

Format penulisan meta tag robots adalah sebagai berikut:
<meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow">
Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini : 
<meta name="robots" content="index follow">
Dengan perintah ini spider mesin pencari akan mengindex main page Anda dan menjadwalkan untuk mengindex halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink.

Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak mengindex maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.
<meta name="robots" content="noindex nofollow">
Meta Content Type (Charset)
Meta Tag content type berfungsi untuk menyatakan encoding blog anda. Selaindaripada itu, juga berguna agar Browser yang dipakai tidak salah menampilkan halaman blog anda.

Format penulisannya seperti di bawah ini:
<meta http-equiv='Content-Type' content='Type=text/html; charset=utf-8'/>
Pada pemasangannya juga harus hati-hati. Jika salah, akan berakibat pada tampilan blog yang berantakan.

Meta Tag Geo Placename
Format penulisan meta tag geo placename seperti di bawah ini:
<meta content='namanegara' name='geo.placename'/>
Ini adalah Meta Tag untuk memberitahu asal negara blog anda. Warna merah silakan isi dengan nama negara blog anda. Tentunya Indonesia tercinta guys.

Meta Languange
Tidak jauh berbeda dengan meta tag ge, meta tag ini berfungsi untuk memberi tahu bahasa yang Sobat gunakan di dalam aktifitas blog. Adapun format penulisannya seperti di bawah ini:
<meta name="language" content="id" />
Meta Tag ini juga sudah tidak berpengaruh karena Google sudah bisa mengenali bahasa blog anda. Jadi, Meta ini tidak akan berpengaruh juga terhadap peringkat blog di Google.

Meta Refresh
Format penulisan meta tag refresh adalah sebagai berikut:
<meta http-equiv='refresh' content='10'/>
Meta Tag refresh dianjurkan untuk tidak dipakai. Alasanya adalah akan dianggap sebagai aktifitas spam oleh google. Hal itu dikarenakan adanya refresh terhadap blog kita. Namun terdapat satu keuntungan memakai meta tag ini, yakni meningatkan Pageviews blog. Namun diingat, pageview tersebut bisa dianalisa secara detail oleh google, bahwa hanya karena meta tag refresh, bukan karena view yang dilakukan oleh pembaca.

Meta Tag Revisit After
Format penulisan meta tag ini adalah sebagai berikut:
<meta http-equiv='refresh' content='10'/>
Title Tag
Pada dasarnya, Title Tag tidak termasuk ke dalam kategori Meta Tag. Lalu kenapa perlu dibahas di sini? Perlu diketahui, bahwa salah satu cara google atau mesin pencari yang lain dalam melakukan indeks terhadap blog sobat adalah menggunakan title tag. Adapun format penulisannya adalah sebagai berikut:
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
Search Engine menggunakan Title Tag untuk mengetahui penekanan kata kunci yang anda incar pada halaman blog anda. Panjang maksimal dari Title Tag adalah 70 karakter.

Cara Pemasangan Meta Tag pada Blog
Untuk langkah selanjutnya, akan saya berikan contoh formulasi penggunannya dalam sebuah blog. Formulasi susuan meta tag bisa menggunakan seperti contoh di bawah ini:
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
<meta content='Masukkan deksipsi blog anda, panjang maksimal adalah 156 karakter dan jangan lebih'/>
<meta content='Masukkan keyword anda, contoh keyword, belajar seo blogspot' name='KEYWORDS'/> <meta http-equiv='Content-Type' content='Type=text/html; charset=utf-8'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta name="language" content="id" />
<meta content='Tips Belajar SEO Hanya di Forum Blogger Indo' name='subject'/>
<meta content='SL Blogger' name='Author'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta http-equiv='refresh' content='10'/>
<meta name="revisit-after" content="1 days"/>
Bisa juga menggunakan formula berikut:
<meta charset='utf-8'/>
<link href='http://nama-blog.blogspot.com' rel='canonical'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <title><data:blog.pageTitle/> Isi Deskripsi Blog Sobat </title> <b:else/><title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>
<meta content='Description Blog Anda' name='description'/>
<meta content='keyword1,keyword2,keyword3' name='keywords'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='Kode Verifikasi Google' name='google-site-verification'/>
<meta content='Kode Verifikasi Bing' name='msvalidate.01'/>
<meta content='Kode Verifikasi Alexa' name='alexaVerifyID'/>
<meta content='2 days' name='revisit-after'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='Nama Author' name='author'/>
<meta content='all' name='Slurp'/>
<meta content='width=device-width' name='viewport'/>
<link href='http://namablogAnda.blogspot.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>
<link href='http://namablogAnda.blogspot.com/atom.xml' rel='alternate' title='Atom' type='application/atom+xml'/>
<link href='http://namablogAnda/feeds/posts/default' rel='alternate' title='RSS Feeds' type='application/atom+xml'/>
<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://namablogAnda.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>
Untuk formulasi kedua sudah ane tambahkan beberapa penempatan kode feed burner, alexa rank, google plus, icon author dan google analytics. Jika tidak menggunakan fitur optimasi tersebut, silakan gunakan seperlunya saja.

Adapun cara pemasangan meta tag tersebut adalah sebagai berikut:
1. Berdo'a dulu Sob
2. Masuk akun blogger > Pilih template > Edit HTML
3. Copas kode formulasi di atas dan letakkan di antara kode berikut:
<head>
Copas di sini (salah satu kode formulasi di atas)
<b:skin><![CDATA[
4. Save template

Mudah bukan? Sekarang Sobat sudah berhasil melakukan pengaturan SEO pada blog sobat. Selanjutnya tinggal konsentrasi membuat isi konten artikel yang berkualitas.

Kesimpulan
Demikian tips cara membuat meta tag SEO pada blog. Silakan gunakan meta tag sesuai dengan pemahaman SEO masing-masing. Semoga bermanfaat. Dengan optimasi tersebut, saya yakin dengan kualitas isi konten yang telah dibuat akan menyempurnakan kualitas SEO blog Anda.

Semangat and keep fight. Good luck.
Salam (http://forumblogindo.blogspot.com/).*

3 Responses to "Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly"

  1. Makasih sob infonya, meskipun sudah lama tapi masih bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang terbaru silakan baca ini mas:

      http://www.forumblogindo.com/2017/01/meta-tag-seo-friendly-valid-html5-2017.html

      Hapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel