Panduan SEO Dasar Blog Bagi Pemula (Newbiew): Kenali Tipe Blog Anda

Cara Membuat Blog Berkualitas SEO sesuai Saran Google


blog berkualitas
Sahabat. Dalam menekuni blog atau situs web berbayar sekalipun, tidak lepas dengan kebutuhan "waktu" yang memadai. Istilah memadai di sini adalah "cukup". Cukup untuk meluangkan waktu dalam membuat sebuah artikel yang nantinya diposting ke dalam blog. Dalam menulis itupun, tentu masih memerlukan ide, gagasan dan tema pokok pembicaraan.

Sahabat. Memang tidak serta merta mudah dalam menuangkan ide gagasan ke dalam sebuah tulisan, apalagi berupa artikel yang bernuansa ilmiah. Karena di dalamnya terserat makna aturan penulisan sesuai kaidah baku bahasa Indonesia. Paling tidak, hal tersebut menjadi acuan peulisan yang baik, yang nantinya menjadi faktor dasar artikel SEO dan berkualitas. 

Makna isi tulisan tersebut nantinya menjadi ciri khas sebuah blog. Sehingga, dengan melihat isi tulisan (konten) yang terpapar di dalam sebuah blog, pembaca akan faham makna tujuan utama dari sebuah blog. Blog bertype "khusus tips dan khusus satu topik", atau "gadi-gado alias campuran segala topik bisa masuk", serta cuma sekedar blog untuk jualan (online shop). 

1. Blog Khusus
Dari ketiga jenis blog di atas, tentu terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya. Dari segi kualitas isi konten, blog jenis khusus lebih berbobot isi kualitas kontennya. Karena memuat sebuah tips, tutorial dan bahasan solusi permasalahan yang melatarbelakanginya. Namun kekurangannya lebih memerlukan banyak waktu dalam pengelolaannya. Jika Sobat ingin membuat blog bertype ini, silakan untuk belajara lebih banyak dan memfokuskan pada satu gagasan bahasan saja, misalkan tentang "tutorial blog berkualitas SEO".

Tips Trik pengguna Blog Khusus
Alangkah baiknya Anda menerapkan tips berikut jika ingin memajukan blog bertipe khusus, antaralain:
a. Gunakan judul artikel yang jelas, singkat, padat dan mudah dijadikan keyword di dalam mesi pencari google (search engine)
b. Gunakan gaya bahasa yang enak, lugas, mudah dimengerti
c. Upayakan memberikan penjelasan yang runtut, step by step dalam setiap pembahasan setiap topik
d. Sertakan gambar atau video tutorial yang unik dan memahamkan pembaca
e. Sertakan informasi tambahan terkait bahasan topik yang satu dengan topik lainnya

2. Blog Umum (general blog) - Blog Campur-Campur
Namun terdapat pengecualian. Jika memang tujuan utama Sahabat membuat blog hanya sekedar menerapkan pola tulis dengan berbagai bahasan topik alias "gado-gado dan campur-campur", maka itu lebih mudah pengelolaannya, karena setiap topik bisa disertakan dalam setiap posting Anda. Materi yang kita butuhkan juga tidak terlalu sulit untuk dicari. Bisa juga dari hasil pengalaman keseharian yang kita share melalui posting artikel. Namun kelemahan dari blog jenis ini adalah masih kurang fokus pada satu bahasan, sehingga dari pengunjung lebih bersifat bejo bisa mengunjungi blog kita. Tergantung dari topik berita yang lagi booming atau terkenal saat itu juga.

Tips Trik SEO untuk Pengelola Blog Umum (General blog)-blog campur-campur:
a. Gunakan judul artikel yang lagi booming dan terkenal saat ini juga. Misal tentang infotainment berita artis, atau maslah hukum, politik, pemilu, ujian nasional dll.
b. Jangan lupa sertakan informasi sumber yang baik
c. Sertakan foto, video yang mendukung info tersebut
d. Bisa menggunakan gaya bahasa yang lugas dan mudah dimengerti

Kedua tipe blog tersebut secara umum menjadi bahan acuan setiap blogger. Adakah saran lain sebelum melangkah membuat blog yang kita harapkan?

Dari ulasan singkat di atas, yang paling pokok setelah mengetahui tujuan utama Anda membuat blog adalah menerapkan pola planing yang tepat. Beberapa planing yang saya maksud adalah menerapkan hal-hal berikut ini:
1. Pilih tools pembuat blog.
Tools yang saya sarankan adalah yang gratis, mudah digunakan dan pengoperasiannya. Misalkan blogger dan wordpress. Kedua plafform tersebut sangat familiar dan menjadi kedua tools untuk membuat blog gratis namun berfitur sangat bagus. Mau pilih mana antara blogspot dan wordpress? Silakan bandingkan kelebihan dan kekurangan antara blogspot dengan wordpress. Jika ingin meningkatkan fungsi dan kinerja antara kedua tools tersebut, silakan gunakan domain yang premium baik blogspot dan wordpress.

2. Pilih template (desain tampilan blog)
Dalam point ini, usahakan menyesuaikan dengan tujuan awal blog Anda. Template blog toko online lebih berbeda dengan blog umum (general blog). Karena dari kedua desain template tersebut berisi fitur yang agak berbeda. Prinsip dasarnya, gunakan template yang responsive, fast loading, SEO dan user friendly. Pahami juga cara memilih template blog yang baik baik dan benar sesuai saran google.

3. Buat Konten Artikel yang SEO dan Berkualitas
Mau sebagus apapun desain tampilan blog Anda jika tidak menerapkan cara menulis artikel yang SEO dan berkualitas, maka bisa dipastikan tidak akan disukai google dan segera angkat koper guys, hehe.

4. Tetap Istiqomah dalam Berkarya dan Menulis
Untuk meningkatkan pengunjung sebuah blog, tidak sekedar tampilan blog dan isi kualitas konten saja, namun masih perlu menerapkan marketing terhadap setiap artikel yang telah kita buat agar segera diketahui oleh orang lain. Setelah diketahui dan dirasa mearik bagi pengunjung, maka tidak ada cara lain kecuali membaca postingan kita. Cara termudah dari langkah ke-4 ini adalah menggunakan media sosial bookmarking, seperti faceebook, twitter, atau melakukan submit ke situs terkenal, seperti lintas.me dll.

Itulah beberapa tips panduan SEO dasar blog bagi pemula (newbiew). Semoga dengan menerapkan beberapa tips ringkas di atas, cita-cita Anda dalam membangun blog berkualitas bisa segera terwujud. Jangan lupa untuk tetap semangat keep fight always.

Salam blogger Indonesia.
(http://forumblogindo.blogspot.com/).*

0 Response to "Panduan SEO Dasar Blog Bagi Pemula (Newbiew): Kenali Tipe Blog Anda"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia