Cara Sukses Membangun Blog bagi Blogger Sejati

Langkah Membuat Blog Berkualitas
Langkah Membuat Blog Berkualitas
Tidak bisa dipungkiri, bahwa aktifitas ngeblog memang memerlukan energi tersendiri. Tidak sekedar menulis atau bahkan copas dari artikel orang lain. 

Jika hal itu yang dilakukan oleh para blogger, maka yamg ada hanya sebatas meluapkan tulisan namun tidak sarat akan makna dan arti.

Keterkaitan antata niat dan aktifitas ngeblog memang tidak bisa kita pandang sebelah mata. Kedua faktor tersebut menjadi pijakan penting guna mewujudkan kesusksesan seorang blogger. Menulis di sini secara harfiah menjadi tolok ukur pertama bagi seorang blogger bisa dikatakan serius atau tidaknya menekuni aktivitas ngeblog.
Bisa juha sih sekedar menulis dan posting tiap hari, namun sebenarnya hal itu sudah termasuk perencanaan si pengelola blog. Namun alangkah bermanfaatnya jika pengelolaan managemen diri terkait perencanaan menulis untuk biasa berhasil diterima oleh pembaca. Tentu tulisan yang baik pula yang bisa diminati oleh banyak orang. Dengan dasar itulah pentingnya belajar menulis yang baik.
Berawal dari keinginan menulis, dilanjutkan dengan fokus perencanaan topik bahasan. Dari ide yang muncul dalam benak kita, bisa jadi akan menjadi bahan pembicaraan yang baik. Ide tersebut bisa digali dari berbagai aktifitas kita sehari-hari. Misalkan saja kejadian unik saat ini, berita heboh, peristiwa aneh atau bisa juga dari pengalaman pribadi yang pernah kita rasakan.

Saking banyaknya sumber inspirasi tersebut, maka menjadi penting bagi kita untuk memfokuskan pada satu topik bahasan. Dalam istilah blogger blog dengan ciri tulisan seperti itu dikenal sebagai nice blog. Lebih lengkapnya, silakan baca artikel macam-macam tipe blog.

Ada beberapa keuntungan dari nice blog ini, yakni:
  1. Lebih diminati pembaca setia
  2. Lebih fokus pada satu topik bahasan
Namun demikian, blog tipe ini tidak serta merta sempurna seratus persen, namun juga mempunyai beberapa kelemahan, yakni;
Memerlukan pemahaman, pengalaman dan ilmu lebih untuk menulis hanya dengan satu topik bahasan.
Misalkan fokus pada berita. Maka bisa dipastikan pengelola blog tersebut harus update informasi secara ontime

Dengan pertimbangan itulah, sejak awal kita harus sudah menentukan planing perencanaan kedepan, isi blog yang mau dibuat seperti apa saja. Jika memang menginginkan jenis nice blog, maka sebaiknya harus memfokuskan pada satu pokok bahasan yang sekiranya bisa dikuasai dengan baik. Hal itu akan sangat membantu keberlangsungan blog tersebut.

Akan sangat berbeda, jika Sobat menginginkan blog yang berisi informasi dengan banyak topik, dalam istilah makanan disebut "gado-gado", maka sobat tidak terlalu pusing memikirkan update posting artikel, karena hanya perlu keahlian menulis yang baik disertai keinginan mencari informasi saja. 

Dari gambaran itulah, selanjutnya kita bisa meningkatkan kompetensi lanjut guna mencapai tujuan pengembangan blog kita.

Sobat. Ketika kita sudah bisa menentukan arah isi kualitas konten di dalam blog kita, selanjutnya fokus pada nama blog kita.

Kok repot-repot mikirin nama sih mas?

Wah, nama juga bisa menjadikan ciri khas kang. Bisa jadi, pembaca akan sangat malas jika antara nama dengan isi konten tidak berhubunagn. Apalagi, melihat nama blog saja sudah malas, jadinya ya meding cari nama blog yang bagus sekalian. Pada kenyataannya, ternyata nama blog  memangsangat penting bagi keberlangsungan kedepannya lo. Alasannya sudah saya bahasa di paragraf di atas.

Tips Membuat Nama Blog/ Situs

Berikut beberapa tips dalam membuat nama website/ blog yang baik:
  1. Jangan terlalu panjang
  2. Usahakan unik, menarik dan mudah dihafalkan orang.
  3. Hindari penggunaan huruf "kembar" secara berurutan. Misalkan www.massahil.blogspot.com.
  4. Hindari pemakaian tanda "-" spasi, karena bisa dianggap aktifitas spam. Misalkan saja : forum-blog.blogspot.com, tips-seo.blogspot.com
Akan lebih baik jika :
tipsseo.blogspot.com


Contoh Penulisan tersebut masih terdapat kekurangan. Yakni adanya dua huruf "s". Hal itu beralasan jika jika pengunjung salah ketik alamat url, yang ada malah menyasar pada blog orang lain. Dalam kasus ini, misalkan nama situs forumblogindo.blogspot.com

Nama ini saya pilih karena memang saya bertujuan untuk menyatukan para blogger indonesia guna saling berkomunikasi dan bertukar ilmu dalam satu wadah, yakni blog ini. Saya kira tidak terlalu berlebihan kan ide saya? Semoga saja bisa diterima rekan-rekan.

Fokus nama berlalu, langkah selanjutnya pada pencarian tempat isi tulisan, yakni lebih tepatnya template yang akan kita gunakan. Ibarat akan membangun sebuah rumah, tentu sudah kita lewatkan nama rumah, alamat strategis dan mudah dijangkau dan bisa mudah ditemukan khalayak.

Apakah sudah cukup? Belum Sob !
Ketika fokus isi rumah sudah kita tentukan, maka kita harus menyiapkan tempat isi rumah tersebut. Kalau fokus jualan beras, alangkaj tepatnya kita membangun sebuah gudang yang besar. Apabila kita fokus mengiasi rumah dengan aktifitas belajar, tentu harus kita desain rumah dengan ruang perpustakaan yang nyaman.
Perumpamaan di atas, sama halnya dengan kenyataan dalam membangun sebuah blog berkualitas. Misalkan saja,
Jika kita sudah fokus pada satu bahasan (jualan online/online store sepatu), maka tak lain kita harus menyiapak tampilan blog yang sesuai dengan isi konten tersebut.
Berawal dari situlah muncul istilah template dengan berbagai topik. Misalkan template dengan gaya personal blog, online store, atau cocok untuk blog berita. Kesesuaian antara template yang kita gunakan akan sangat memberikan kesan profesional atau tidaknya si pengelola sebuah situs. Selain daripada itu, template menjadi faktor kedua setelah konten yang kita buat.

Banyak pepatah mengatakan,
Cinta berawal dari pandangan pertama.
Tak ayal para desainer template berupaya memikat hati para blogger, dengan menwarkan kelebihan tampilan blog yang elok. Namun demikian, ada juga yang mengatakan,
Cinta tidak memandang fisik, namun pada kualitas hati seseorang
Jika sudah demikian, terserah Anda yang akan menentukan. Mau menuruti nasehat pujangga pertama, atau kedua?

Sekedar saran, saya pribadi lebih condong pada pendapat pujangga pertama. Alasannya, tidak sepenuhnya salah pendapat kedua. Saya bverikan gambaran seperti pada ulasan tentang perkembangan Algoritma terbaru google terkait desain tampilan blog. 

Algoritma google yang bernama Mobile Geddon ini bekerja, berdasarakan atas nilai "responsive" tidaknya suatu template. Itu artinya, tampilan sebuah website/ blog kita nantinya, juga sangat mempengaruhi nilai kepercayaan dari pihak google sendiri, dilihat dari sisi user friendly tidaknya situs kita. 
Jika dinilai tampilan blog kita tidak responsive bagi Mobile Geddon, ancaman paling ekstrim pada ketiadaan indeks bagi Google. Atau bahkan mungkin bisa banned. Wallohu a'lam.
Sedikit banyak saya kira rekan-rekan blogger bisa memahami pendapat saya ini. Sekedar saran dalam hal tampilan, maka tidak ada salahnya kita sedia payung sebelum hujan. Maka usahakan menggunakan template blog sesuai dengan kriteria mesin pencari, misalkan saja Google, di antaranya:
  1. Template yang responsive
  2. User friednly
  3. SEO Ready
  4. Disukai Google (mudah terindeks google atau search engine)
  5. Loading cepat (fast page load) - ringan saat dibuka
  6. Sesuai dengan hati idaman (ya iya lah, kalau gak suka tampilan template yang kita pilih, ya mending ganti aja)
Jika rekan-rekan berkenan, daripada repot pilih-pilih template, saya sarankan untuk mencoba template berikut ini:
  1. SL Style Magz - template SEO Killer 2016
  2. SL SEO Simple - Template SEO KIller simple fast clean
Sobat bisa melakukan tes skor SEO dan kecepatan loading dari template tersebut. Lebih lengkapnya, silakan baca cara memilih template blog sesuai saran google.

Mungkin ada pertanyaan juga lebih didahulukan yang mana antara fokus tampilan (template) dengan isi konten?
Saya rasa jawabannya sudah ada di dalam benak rekan-rekan semua. Tetapi paling tidak, kita tidak boleh meremehkan desain tempilan blog yang kita gunakan.
Ketika kita sudah berusaha memberikan tampilan blog kita sesuai dengan standar bagi google atau mesin pencari yang lain serta kenyamanan pembaca, apakah semua hal itu sudah cukup untuk membuat blog kita menjadi suskses?

Pertanyaan ini sebenarnya jawabannya agak sama, tergantung setiap blogger menyikapinya seperti apa. Saya pribadi, terlebih dahulu fokus pada planing isi konten, baru menentukan desain tampilan.

Kesimpulan

Membuat blog yang baik dan berkualitas itu tidak gampang, perlu kerja kerasa dan usaha maksimal kita. Sehingga, tentu hal itu membutuhkan waktu, tenaga dan fikiran yang tidak sedikit. Alangkah bijak jika kita bisa berupaya menciptakan blog yang berkualitas, karena itu menjadi ciri kunci seorang blogger itu patur disematkan sebagai blogger sukses atau tidak.
Jangan memikirkan nilai profit keuntungan berupa uang yang kita dapatkan, namun sejauh mana proses itu semua kita lalui dan memberikan kemanfaatan kepada pembaca semua.
Setidaknya, itulah pendapatkan akan ciri seorang blogger sejati dan ciri blog yang berkualitas. So, tetap belajar dan semangat.
Salam (http://forumblogindo.blogspot.com/).*

0 Response to "Cara Sukses Membangun Blog bagi Blogger Sejati"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia