Cara Jitu Mengatasi Ancaman Mobile Geddon

Cara Jitu Mengatasi Ancaman Mobile Geddon
Mobile geddon adalah sebuh algoritma pencarian Google mobile terbaru yang dirilis pada tanggal 21 April tahun 2015 ini.

Titik fokus utama algoritma terbaru Google ini pada indeks mesin pencari Google berdasarkan tingkat responsive tidaknya sebuah situs

Perlu diketahui rekan-rekan blogger semua, bahwa mobile geddon bisa saja ramah dan tidak ramah terhadap sebuah situs yang memang melanggar kriteria yang telah ditentukannya, dampaknya tentu pencabutan peringkat dari mesin pencari.

Apakah sekejam itu algortiama google terbaru ini?

Pada kenyataannya, hal itu tidak sepenuhnya sekejam yang kita bayangkan. Sejauh informasi yang saya peroleh, baru-baru ini mereka membahas efek algoritma ini pada sebuah website, dan pada kenyataannya algoritma Google ini belum sepenuhnya menjatuhkan sanksi secara kejam. Walaupun demikian, tetap saja Google tidak akan main-main dalam menerapkan aturan baru tersebut.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan mari kita diskusikan bagaimana langkah yang harus kita ambil kalau memang webite atau blog Sobat sudah terkena hukuman dari Google terkait algoritma terbaru tersebut.

Pembahasan kali ini saya awali dari sejarah keberadaan dan maksud keberadaan Mobile geddon. Mobile geddon adalah algoritma terbaru dan terupdate dari Google. Seperti halnya Google Penguin, Pigeon, Hummingbird dan algoritma lain, Sobat mungkin telah mengetahui dan mempelajarinya sebelum saat ini

Pembaruan ini khususnya terkait dengan penilaian sebuah website terhadap penilaian SEO mobile. Dalam bahasa sederhana saya katakana tingkat responsive, user friendly tidaknya sebuah website atau blog. Secara khusus saya katakan, dampak utama yang diakibatkan karena pelanggaran tersebut adalah terhadap faktor peringkat sebuah website di dalam mesin pencari khususnya Google

Jika situs Sobat memang benar-benar sudah memenuhi criteria tersebut (user and mobile friendly), maka tidak khwatir. Namun sebaliknya, Google tidak segan-segan akan memberikan sanki tegas, sesuai dengan tingkat pelanggaran (kesesuaian tingkat responsive tidaknya sebuah situs). Karena pada dasarnya Google telah memiliki daftar pedoman tingkat responsive sebuah situs.

Cara Menghindari Hukuman Mobile Geddon terhadap Situs Blog

Di bawa ini ada beberapa tips dan cara menghindari penalty dan sanksi hukuman dari mobile geddon, antara lain:

1. Hindari apliksi apa pun yang sekiranya tidak akan bekerja pada ponsel atau smart phone. Misalkan saja Flash. Hal lain termasuk kode kustom dan JavaScript yang tidak ditampilkan dengan benar ketika dibuka di ponsel.

2. Gunakan ukuran teks yang sesuai dengan perangkat ponsel dengan ukuran layar kecil. Selain itu, aturlah jenis dan ukuran huruf sesuai kenyamanan mata. Hal yang sama berlaku untuk konten lainnya. Pastikan semuanya menyesuaikan ukuran layar ponsel. Jika pengunjung situs Sobat masih harus menggeser arah horizontal, maka hal itu dapat diindikasikan Sobat akan mendapatkan penaltidari Google.

3. Pastikan pengaturan tata letak link dan menu navigasi mudah digunakan. Jangn sampai tata letak antar link dan menu navigasi terlalu berdekatan, sehingga bisa menyusahkan pengunjung blog Sobat. Misalkan saja mau menuju link 1, eh malah kepencet link 2.

4. Lakukukan pengujian tingkat responsive situs blog Sobat. Jika Sobat ingin menguji untuk melihat apakah situs Sobat adalah ponsel yang ramah, Sobat dapat menggunakan alat uji Google. Atau bisa juga menggunakan Troy.

Cara Memperbaiki Situs yang Terkena Hukuman Mobile Geddon

Langkah-langkah di atas merupakan cara mengantisipasi kemungkinan dari mobile geddon. Namun demikian, apabila hukuman sudah terlanjur dijatuhkan pada sebuah situs, apakah masih bisa diperbaiki? Jawabannya tentu masih bisa Sob. Berikut langkah-langkah memperbaiki hukuman dari mobile geddon:

Langkah 1: Mencari tahu seberapa besar dampak hukuman Google terhadap lalu lintas (trafik) situs blog sobat di mesin pencari. Jika trafik blog sobat mengalami penurunan secara drastis, ada kemungkinan memang terkena hukuman.

Perlu Sobat ketahui, bahwa Mobile geddon menerapkan hukuman selama seminggu, jadi pilihlah waktu 2 minggu sebelum dan sesudah untuk mendapatkan ide dari penurunan trafik lalu lintas blog Sobat. Gunakan tools analisis program apa pun yang Sobat inginkan. Saya sarankan menggunakan Google Analytics, karena memang tools terbaik saat.

Langkah 2: Tentukan skala perubahan yang Sobat butuhkan untuk menangani permaslahan pada langkah 1. Jika trafik lalu lintas blog sobat di mesin pencari tidak benar-benar turun, maka tidak perlu terlalu khawatir. Yang terpenting lakukan solusi pada penyebab masalahnya saja. Misalkan pengaturan tata letak hyperlink atau menu navigasi, jenis dan ukuran huruf dll.

Langkah 3: Apabila yang terladi blog benar-benar down, maka segera lakukan perubahan total desain blog sobat. Mungkin ini memerlukan lebih sedikit waktu, karena harus melakukan setting ulang semua, seperti tata letak (layout) hyperlink, menu navigasi, jenis dan ukuran huruf.

Untuk melakukan itu semua, minimal sobat harus mahir dalam proses pergantian template. Jika memang belum mahir (atau bisa), silakan bertanya pada seseorang yang sekiranya faham dengan desain template. Lebih jelas silakan baca cara melakukan pergantian template blog yang benar. Jika Sobat menggunakan WordPress, WP Touch Pro adalah solusi yang mudah.

Kesimpulan

Ketiga hal di atas menjadi langkah ampuh untuk menanggulangi hukuman yang sudah terlanjur diberikan kepada sebuah situs yang melanggar alogaritma mobile geddon. Ada pula indikasi lain untuk mengetahui kesehatan situs Sobat. Yakni melakukan cek kecepatan loading page time. Bisa menggunakan alat-alat seperti PageSpeed ​​Google peringkat, atau GTmatrix untuk melihat apakah situs Sobat baik-baik saja.

Namun ciri penurunan kecepatan loading blog belum tentu menjadi patokan. Terkadang penurunan lalu lintas karena penggunanan kode di dalam template yang sedikit lebih panjang, penggunaan iklan yang banyak, adanya konten multimedia yang lebih berat seperti video dan background dari alamat Url.

Selain daripada itu, kemungkinan Sobat memiliki terlalu banyak link dan tata letaknya terlalu dekat. Jika link Sobat terlalu berdekatan, Sobat akan dikenakan sanksi. Hapus atau berikan sedikit jarak antar link internal ataupun eksternal.

Hal yang sama juga berlaku untuk font huruf yang terlalu kecil atau konten multimedia (misalnya flash) yang tidak didukung oleh perangkat mobile (ponsel). Sobat tidak bisa memaksa pengguna iPhone, android, Black Berry atau smartphone canggih lainnya saat ini untuk melihat situs Flash.

Kesalahan terbesar dari awal pembuatn blog dalam hal desain memang tidak bisa kita pungkiri. Walaupun begitu banyak blog yang dikelola, namun kebanyakan para bloger masih memprioritaskan tampilan yang hanya didukung oleh perangkat PC dengan ukuran layar berdimensi besar tanpa menghiraukan kebutuhan pengguna saat ini, khususnya smatphone.

Kenyataan itu mungkin kebanyakan masih berfikiran bahwa pengunjung hanya menggunakan situs desktop Sobat melalui telepon dengan bantuan “zoom”, tapi setidaknya itu berfungsi. Paling tidak itu masih berfungsi dengan baik, yang penting para pengunjung masih bisa menggunakan situs Sobat.

Kalau bisa, luangkan waktu untuk mengembangkan desain ulang tampilan situs. Jadikan responsive, user friendly dan fast loading. Hal itu menjadi dasar SEO terpopuler saat ini. Serta, jangan terlalu terburu-buru untuk menerapkannya, perlu perencanaan dan planning yang matang

Demikian artikel Cara Jitu Mengatasi Ancaman Mobile Geddon. Semoga bermanfaat.

Good luck and happy blogginf. Salam. (http://forumblogindo.blogspot.com).*

0 Response to "Cara Jitu Mengatasi Ancaman Mobile Geddon"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel