Cara Membuat Konten yang Sesuai Aturan Mobile Geddon

Cara Membuat Konten yang Sesuai Aturan Mobile Geddon
Pentingnya Kualitas Konten terhadap Aturan Mobile Geddon

UPDATE 6 OKTOBER 2015

Seperti artikel saya publish beberapa jam yang lalu, kali ini ada sedikit pertanyaan unik di benak fikiranku. Dengan munculnya Algoritma Google Mobile Geddon, apakah trafik indek situs juga terpengaruh oleh optimasi konten?

Bahasa sederhananya, dengan kualitas konten yang baik, apakah bisa menolong sebuah situs yang tidak responsive dan mobile friendly? Tengok saja responsive dan SEO blogger template paling ampuh mengatasi mobilegeddon.

Pada dasarnya, pemahaman makna kata responsive, user friendly tidak sekedar tampilan dhohir terlihat mata. Namun ada satu kata kunci secara hakekat, yakni nilai ilmu, tata kelola bahasa dan kemanfaatan artikel itu sendiri. Bagaimanapun juga, factor penting keberadaan sebuah situs di dalam indeks mesin pencari adalah konten yang berkualitas serta didukung oleh semua perangkat mobile saat ini.

Jika melihat fokus kerja dari Mobile Geddon, sedikit banyak kita bisa memperoleh gambaran jelas. Ketika algoritma ini focus pada tampilan, maka jika kita mau sedikit memperkecil permasalahan dan menemukan solusi dengan tepat, tentu titik utama yang perlu dilakukan adalah perbaikan dari segi desain. Alasannya cukup jelas seperti yang saya jelaskan pada artikel cara mengatasi ancaman mobile geddon.

Lalu apa hubungannya antara desain dengan optimasi konten?

Pertanyaan inilah yang menjadi titik utama pembahasan kali ini. Jika pemahaman salah indeks situs tergantung dari konten yang berkualitas dari makna hakekat, dan juga dari desain yang mendukung perangkat mobile (smartphone) – responsive user friendly, maka dua hal tersebut menjadi jawaban singkat bagi kita.

Secara implisit,maka bisa kita katakan bahwa kita tidak boleh hanya memegang teguh makna optimasi konten berkualitas secara hakikat saja. Namun juga harus menyesuaiakan tata kelola penulisan yang baik. Misalkan saja artikel yang kita tulis sudah menerapkan kaidah tata bahasa komunikatif, informative dan bermanfaat, masih perlu penambahan factor X, yakni pengaturaan jenis huruf, besar atau ukuran huruf (font). Hal itu sangat penting. Karena pengunjung situs kita akan melihat dari sisi tampilan di smarphone mereka.
Optimasi konten menjadi sangat penting bagi sebuah situs. Pengaturan jenis huruf, ukuran/ font, optimasi h1, h2, h3 dan seterusnya menjadi faktor penentu kualitas sebuah konten menurut algoritma mobile geddon.
Tips Membuat Konten Sesuai Aturan Mobile Geddon

Jika memang situs Sobat masih memegang prinsip asal nulis, maka perlu melakukan evaluasi secara signifikan. Oleh Karena itu, berikut ada beberapa tips dalam menulis yang baik sesuai dengan algoritma mobile geddon:

1. Buatlah Headline/ Judul Posting yang Pendek

Pengalaman pengguna pada perangkat mobile akan berbeda dari browser menggunakan desktop PC atau Laptop/ Netbook. Salah satu perbedaan yang paling jelas adalah perbedaan ukuran layar. Usahakan jangan membuat judul topik artikel terlalu panjang.

Buat judul posting yang pendek, maksimal 140 karakter huruf.

2. Buat Paragraf Pendek

Membuat tulisan yang panjang namun tanpa kejelasan arah bahasan di dalam satu paragraf adalah sebuah kebisaan yang sulit kita hindari. Hal itu mungkin karena kita belum menggunakan pinsip topic utama, isi dan penutup paragraph. Jika kita masih berbicara kesana kemari namun pada endingnya tidak ada kesimpulan yang jelas di dalam satu paragraph, yang terjadi adalah kejemuan pembaca.

Selain daripada itu, jika satu paragraph tersusun dari banyak tulisan, maka ketika dibuka menggunakan perangkat smartphone dengan ukuran layar kecil, akan sangat menjemukan dan tidak enak dipandang mata. Dari segi kesehatan, mata kita akan tersasa pegal karena terlalu fokus pada satu paragraph tersebut.

Seperti halnya tulisan yang sedang Sobat baca ini, saya berusaha menulisakan informasi di setiap paragraph namun ditutup dengan keterangan yang mendukung informasi di awal paragraph. Hal lain yang bisa dilakukan adalah membalik prinsip tersebut. Bisa jadi kesimpulan berada di awal paragraph, dan keterangannya dijabarkan di dalam kalimat berikutnya. Setidaknya itu yang pernah saya pelajari ketika belajar di bangku sekolah dulu.
Salah satu cara paling efektif pada langkah kedua ini adalah belajar meresum (meringkas) tulisan kita.
Setidaknya pendekatan inilah yang saya pakai guna menghindari hukuman dari Algoritma Mobile Geddon. Tentu tidak serta merta saya menulisakan ini tanpa pertimbangan dan analisa, namun tetap bersandar pada focus kinerja dari lgoritma terbaru Google tersebut.

Demikian artikel Cara Membuat Konten yang Sesuai Aturan Mobile Geddon. Untuk lebih memantapkan langkah ini, silakan simak cara jitu mengatasi mobilegeddon. Semog bermanfaat.

Salam (http://www.forumblogindo.com).*

0 Response to "Cara Membuat Konten yang Sesuai Aturan Mobile Geddon"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel