Sudah Tidak Zamannya Lagi Google Pagerank

Sudah Tidak Zamannya Lagi Google Pagerank
Adakah di antara rekan-rekan yang masih bingung cara mengukur kualitas situs atau blog nya? Tools apa yang Sobat gunakan? Apakah ada si antara rekan-rekan yang masih menggunakan Google Pagerank (PR)?

Dalam dunia blogging, sudah menjadi kewajiban bagi para blogger untuk selalu update informasi terkait kualitas situs yang dikelola.

Bisa dengan menggunakan parameter sederhana, misalkan diukur dari banyaknya pengunjung menggunakan Google Analytics, histat atau tools lain. Atau juga dengan
menggunakan acuan skor Alexa rank dll. Cara tersebut menjadi modal dalam melakukan evaluasi dan perbaikan pada waktu selanjutnya.

Kembali pada topik judul artikel pagi ini. Jika sampai hari ini rekan-rekan masih terbiasa mengukur kualitas situs atau blog dengan Google Pagerank, maka jangan diteruskan kembali cara tersebut. Karena Google Pagerank untuk saat ini sudah "mati".

Mati mas?

Bukan mati secara makna "dhohir", namun secara harfiah "mati" adalah bermakna sudah tidak digunakan kembali sebagai sebuah tolok ukur tingkat kualitas sebuah situs atau blog. Sehingga, sangat salah besar jika kita masih menggunakan Pagerank (PR) untuk melihat seberapa bagus blog kita.

Pada dasarnya, isu kematian Google Pagerank sudah beredar sejak tahun 2013 kemaren. Namun pada keberjalanannya pada bulan Desember 2013 Google melakukan update kembali Google Pagerank. Namun pada akhirnya, Google Pagerank benar-benar tidak digunakan kembali.
Hal ini dikuatkan oleh Google, John Mueller di salah satu Videonya yang menyebutkan bahwa kemungkinan besar Google PageRank tidak akan diupdate lagi kedepannya.
So, lakukanlah cara lain untuk mengetahui pekembangan kualitas situs atau blog Sobat.

Pengganti Google Pagerank

Jika kita sudah mengetahui bahwa Google Pagerank tidak digunakan lagi, lalu Google menggantinya dengan tools apa?

Jawabnya sederhana, yakni Backlink. Iya, backlink. Tetapi denger-denger Google udah tidak butuh backlink lagi mas? Yang bener yang mana sih?

Untuk lebih memperjelas, silakan baca falsafah di bawah ini:
Backlink merupakan salah satu faktor utama yang digunakan oleh algoritma Google untuk meranking halaman web di internet. Jadi sudah pasti tidak ada metrics yang lebih bagus selain backlink untuk dijadikan sebagai penilaian seberapa ganteng atau keren sebuah blog atau website di mata Google.
Satu informasi penting yang perlu kit ketahui bersama, bahwa:
Blog dengan 1 juta backlink bisa saja dianggap jelek oleh Google jika backlink tersebut berasal dari situs Spam. Blog dengan 10 backlink bisa saja dianggap super ganteng jika backlink tersebut berasal dari situs otoritas.
Dengan falsafah tersebut, maka sudah seharusnya kita seharusnya menggunakan cara yang tepat untuk mengukur kualitas situs atau blog kita. Dengan begitu, maka kita akan bisa memperbaiki setiap kekurangan dari situs yang dikelola.

So, keep fight and happy blogging.

Salam (http://forumblogindo.blogspot.com/).* 

3 Responses to "Sudah Tidak Zamannya Lagi Google Pagerank"

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel