Tips Membuat Artikel Agar Mendapat Peringkat Pertama Google: Tips SEO

Tips Membuat Artikel Agar Mendapat Peringkat Pertama Google: Tips SEO
Sobat. Dalam beberapa hari ini, saya mencoba mencari sebuah jawaban dari beberapa pendapat para blogger lain, terkait pengaruh banyak sedikitnya jumlah kata di dalam artikel dengan trafik lalu lintas di dalam mesin pencari (SERP).

Beberapa praktisi web master mengatakan, bahwa jumlah kata sangat menentukan tingkat keberhasilan trafik posting artikel di dalam mesin pencari.

Dengan perkataan itulah, saya mulai mencari tahu akan hal itu. Sebenarnya berapa sih jumlah komposisi kata yang terdapat did alam artikel agar memperoleh nilai trafik llu lintas yang tinggi di mesin pencari?

Untuk menjawab hal itu, saya mencoba untuk memulai penelitian sederhana. Ketika kita berbicara tentang panjang posting artikel yang kita publish, adalah hal pertama yang datang dalam pikiran kita adalah keterkaitan lama waktu stadar yang dibutuhkan pembaca untuk menyelesaikannya.

Sebuah media studi mengatakan bahwa, apabila artikel posting kita dibaca orang selama 7 menit dalam, maka kita bisa menjadi raja b-post. Hal itu digambarkan dalam grafik di bawah ini:

grafik panjang kata dalam posting artikel

Berdasarkan grafik di atas, kita bisa mengetahui keterkaitan antara waktu optimal (secara umum) yang dibutuhkan seseorang dalam waktu 7 menit dengan jumlah kata dalam artikel posting yang dibaca.

Saya kira Sobat juga ingin mengetahui tentang berapa banyak kata yang dapat dibaca seseorang dalam waktu 7 menit. Berdasarkan data grafik di atas, jawaban pertanyaan tersebut dapat kita ketahui, yakni dalam kisaran kurang lebih 1545 kata rata-rata pembaca dapat menyelesaikan membaca dalam 7 menit. Banyak juga yang dapat membaca sampai 1700 kata-kata dalam 7 menit dan banyak sekali pula yang lebih dari 1000 kata.

Berdasarkan fakta itu, jumlah kata terbaik yang seharusnya kita buat untuk dipublish dalam posting artikel situs atau blog adalah kisaran 1590 kata.

TIPS MENULIS ARTIKEL YANG BAIK

Jika kita menargetkan jumlah kata dalam kisaran 1590 an tentu tidak mudah. Bagaimana juga kita bisa menghitungnya? Tidak hanya itu saja, pada dasarnya menulis juga memerlukan keahlian dan kemahiran dalam menentukan topik dan ide serta menuangkannya dalam sebuah kalimat yang bisa tersusun rapi, komunikatif dan informatif.

Oleh karena itu, di sini akan kita coba berikan tips menulis artikel yang baik.
  • Tuliskan ide gagasan di awal atau akhir paragraph. Dan di akhir paragraph diusahakan terdapat satu ide pokok
  • Jangan berpikir tentang menambahkan semua yang dalam satu atau tiga paragraf.
  • Buatlah paragraf dengan 45 sampai 55 karakter
  • Buatlah paragraph dengan 6 atau 7 baris. Jika terlalu panjang, maka akan menjemukan pembaca dan kurang menyehatkan mata (pegal).
  • Jangan lewatkan sesuatu yang unik dank has dari setiap tulisan yang sobat buat.
  • Selalu kembangkan ide dan gagasan sobat dengan kalimat yang lugas dan mudah difahami. Sertakan pula gambar penjelas, misalkan grafik atau label untuk membantu mempermudah pembaca memahami artikel yang mereka baca. Selain itu, hal ini juga bisa menambah keyakinan kebenaran yang mereka baca.
Selain beberapa tips di atas, ada beberapa factor penting lagi yang perlu diingat. Diantaranya adalah penentuan topik dan ide pokok dalam setiap posting artikel. Kita dari awal sudah harus menentukan kira-kira artikel yang kita buat arah dan tujuannya kemana harus jelas. Dan jangan lupa, usahakan untuk memberikan kesimpulan terhadap setiap bahasan yang kita buat. Walaupun tidak di dalam setiap pargraf, namun minimal di akhir posting artikel.
Selain hal itu, juga masih terdapat faktor penting lainnya, yakni penulisan Judul Tag. Pada kenyatannya hal ini merupakan ilmu di balik keberhasilan setiap posting blog. Kebanyakan spesialis SEO mengatakan bahwa artikel yang akan diindeks dan masuk di peringkat SERP 90% bersumber dari setiap tag judul. Banyak dari mereka mengatakan bahwa jumlah karakter dalam setiap tag judul posting terbaik adalah 45-66 atau 55 karakter.
Lihatlah gambar di bawah apa, seperti yang dikatakan MOZ


grafik jumlah karakter dalam judul posting

Jadi, sekarang sangat jelas sekali bahwa tag judul dengan jumlah 55-58 karakter sangat membantu meningkatkan SEO di dalam setiap halaman artikel kita. Perlu diingat pula bahwa Sobat juga harus menambahkan kata kunci khusus dalam judul dan juga harus dijelaskan dalam setiap halaman minimal disatu baris tag judul postingan.

Deskripsi Posting Artikel

Ini adalah faktor lain yang mampu menambah daya gedor artikel Sobat di SERP. Bahwa Google akan memberikan peringkat yang lebih tinggi untuk artikel Sobat apabila menggunakan meta description yang banyak. Tetapi, Google itu sendiri pernah mengatakan bahwa "Google tidak menggunakan meta description untuk peringkat artikel Sobat".

Studi lain mengatakan bahwa jika Sobat memiliki maksimal 155 karakter dalam meta description, maka peluang terjaringnya posting artikel di mesin pencari (SERP) akan tinggi. Pengoptimalan tersebut sekiranya bisa menambah daya saing di setiap posting artikel yang kita publish.

Kesimpulan

Berusaha menuangkan ide gagasan dalam bentuk tulisan memang tidak semudah membalik telapak tangan. Namun demikian, saya kira semua tips di atas tidak ada yang sulit buat kita asalkan kita mau berusaha dan belajar. Jika memang terdapat ketidak fahaman dan kesulitas, usahakan untuk terus belajar dan berkomunikasi dengan para praktisi SEO. Selain itu, tidak takut bertanya pada guru-guru kita adalah jalan termudah yang bisa kita lakukan.

Demikian artikel tentang tips membuat artikel agar mendapat peringkat pertama Google. Semoga bisa bermanfaat. Jangan sungkan untuk diskusi dengan meninggalkan komentar di bawah njeh. Dan apabila Sobat mempunyai pengalaman berbeda, silakan sampaikan pada rekan-rekan blogger di manapun berada.

Untuk lebih jelasnya, silaka praktek dengan menuruti kaidah 5 Cara menulis artikel agar disukai pembaca.

Good luck and happy blogging (http://forumblogindo.blogspot.com).*

3 Responses to "Tips Membuat Artikel Agar Mendapat Peringkat Pertama Google: Tips SEO"

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel