Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Copy Paste Artikel pada Blog serta Solusinya

Etika Komunikasi Publik
Sobat. Pagi ini iseng-iseng Saya mencoba melakukan risearch salah satu artikel bulan kemaren diterbitkan. Judul artikel tersebut yakni 9 blog berpenghasilan tertinggi di Indonesia dari Google Adsense. Ketika muncul di halaman pertama Google, saya coba untuk menelusuri salah satu artikel dari salah satu situs. 
artikel yang dicopy paste

Keingintahuan saya itu muncul manakala judul dari artikel yang dipublish di situs tersebut "sama persis" dengan artikel yang saya terbitkan. Saking penasarannya, kemudian saya buka hyperlink dari url situs tersebut. Anehnya, ketika terbuka secara utuh, saya heran, kaget dan tersenyum sipu.

Alasanya kenapa?

Karena artikel 9 blog berpenghasilan tertinggi di Indonesia dari Google Adsense ini telah di copas alias copy paste di situs yang saya buka tersebut. Postingan tersebut tidak tergolong dalam istilah rewrite atau tulis ulang, melainkan copy paste secara utuh terhadap seuruh isi artikel yang saya tulis.
Tidak nyaris 90 %, namun 100% copas seluruh artikel.
Walaupun demikian, beliau masih tetap mencantumkan url sumber dari situs Forum Blogger Indonesia ini. Sebelum keluar dari situs tersebut, saya sempatkan untuk memberikan komentar

Di dalam benak kemudian saya berfikir, "saking kerenya artikel yang kubuat, atau memang saking kreatifnya mas yang copas". Dan itu menjadi inspirasi tulisan saya pagi ini.

Apakah salah dengan melakukan copy paste artikel orang?

Secara ilmiah, copy paste artikel merupakan tindakan  kurang pas. Istilah kerennya plagiat. Namun demikian, di dunia pendidikan sering kali kita sudah diajarkan bagaimana cara melakukan sadur artikel yang benar. Namun demikian,
Dalam dunia blogging sering kali kita dengar istilah rewrite. Maka, biasanya banyak sekali blogger yang melakukan tulis ulang terhadap artikel orang lain. Seperti halnya di dalam forum blogge ini.
Jadi, sebenarnya salah dan benar, Sobat sendiri yang akan melakukan penilaian. Selama masih dalam ranah etika yang baik (tidak copas seutuhnya atau murni 100% copas dan tetap mencantumkan sumber), hal itu masih bisa dimaklumi. 

Penyebap Blogger suka Copy Paset Artikel

Dalam dunia blogging, menulis artikel memang menjadi "syarat wajib" yang harus dikuasai para blogger. Tidak sekedar mahir, namun di dalam benak kita harus tertanam suka, hoby untuk menulis. 

Tujuannya Copy Paste Artikel

Ya karena blogger itu mempunyai kewajiban ngurus situs yang dikelola. Bagaimana cara ngurus situs, website atau blog? Ya dengan cara update posting artikel menyesuaikan dengan topik bahasan yang diinginkan. 

Itulah alasan kenapa kita harus belajar cara menulis artikel yang baik agar disukai pembaca. Terlebih lagi bisa ramah terhadap mesin pencari Google, duh senangnya. Banyak kok tips-tips dari pada master Internet Marketing atau praktisi online yang menjabarkan cara mudah menulis artikel yang berkualitas. 

Berdasar dari pemikirn itulah, berikut beberapa alasan (mungkin) banyak blogger yang suka copy paste artikel:
  1. Tidak suka menulis
  2. Suka berfikir instan dan hasil instan
  3. Banyak blogger yang membuat blog dengan isi banyak konten (blog gado-gado)
Jika ketiga faktor dasar tersebut sudah mulai "menjangkiti" hati dan kebiasaan para blogger, maka kita tidak akan segera bisa bangkit dan merubah paradigma yang salah tersebut.

Solusi

Jika faktor utama copy paste tersebut sudah agak parah, alangkah baiknyak (jika memang Sobat ingin berubah), maka usahakan tingkatkan minat baca, tumbuhkan hobi menulis, serta buatlah blog atau situs apapun dengan niche topik (topik khusus). Misalkan saja blog hanya dengn satu topik yang lagi ngetrend, seperti batu akik dll. Dengan meningkatkan minat baca, kita akan mendapatkan banyak sekali inspirasi.

Cara Jitu Melindungi Artikel dari Copy Paste

Untuk melindungi artikel yang kita buat di sebuah situs blog atau website, ternyata tidak terlalu sulit. Banyak sekali kode-kode khusus yang bisa kita terapkan. Contohnya adalah beberapa kode yang dipasang di dalam template atau yang dipasang di sidebar. Kode ini saya peroleh dari master CB.

Cara 1 (Mematikan-disabled klik kanan teks - Full Protect)

1. Masuk akun blogger > template > edit HTML
2. Ganti kode <body> dengan kode di bawah ini:
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'>
Jika di belakang kode <body> terdapat kode lain misalkan <body.............>, maka tambahkan kode di bawah ini tepat di belakan kode <body>:
oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'
3. Save template.

Cara 2 (mematikan klik kanan pada teks tertentu-tidak semua konten)

1. Klik kanan dan pilih artikel/ teks yang akan diproteksi
2. Copas kode di bawah ini di awal atau akhir artikel posting yang kita buat (caranya dengan memilih mode HTML pada pilihan pembuatan artikel baru)
<script language="javascript" type="text/javascript">    
/* http://forumblogindo.com */
var tenth='';function ninth() {
if (document.all) {(tenth);return false;}}
function twelfth(e) {
if (document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {
if (e.which==2||e.which==3) {(tenth);return false;}}}
if (document.layers) {document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=twelfth;}
else{document.onmouseup=twelfth;document.oncontextmenu=ninth;}
document.oncontextmenu=new Function('return false')
</script>
3. Ganti url blog dengan warna hijau di atas dengan url blog Anda
4. Publiskasikan

Cara 3 (perlindungan untuk seluruh artikel blog)

1. Masuk akun blogger > tata letak (layout) > tambah gadget > pilih HTML
2. Copas kode di bawah ini di dalam gadget baru tersebut:
<!-- START disable copy paste --><!-- http://forumblogindo.com --><script src='demo-to-prevent-copy-paste-on-blogger_files/googleapis.js'></script><script type='text/javascript'> if(typeof document.onselectstart!="undefined" ) {document.onselectstart=new Function ("return false" ); } else{document.onmousedown=new Function ("return false" );document.onmouseup=new Function ("return false"); } </script><!-- End disable copy paste -->
3. Save

Cara 4

Laporkan kasus copy paste di Google Report alleged copyright infringement. Hal ini kalau memang sobat merasa dirugikan atau tidak rela dengan kasus copas artikel.

Dari berbagai cara di atas, terdapat beberapa kelemahan atau kerugian. Kebanyakan situs atau blog terkenal kontennya tidak ada yang diproteksi. Karena hal itu mungkin akan menurunkan data pengunjung. Sejauhmana penurunannya, saya sendiri juga belum melakukan riset terhadap masalah tersebut.

Buat blog Forum Blogger Indonesia ini, fine-fine aja terhadap kasus unik pagi ini. Karena walaupun 100% dicopas, namun tetap mencantumkan sumbernya.

Kesimpulan

Aktivitas copas terhadap sebuah artikel memang marak sekali di segala aspek apapun. Namun demikian, berusaha memeberikan apresisasi yang baik terhadap sumber yang kita sadur merupakan etika komunikasi yang bagus dan akan meningkatkan mutu tulisan kita. 
Suatu hal yang imposible jika seorang Profesor sekalipun jika tidak pernah menyadur tulisan orang lain.
So, terus berkarya dengan ilkhas dan mari kita mulai dengan gerakan membaca Indonesiaku. Salam.
Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

Berlangganan via Email