Dampak Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Bagi Blog Kita

Dampak Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Bagi Blog Kita
Sobat blogger. Entah kenapa sudah dua hari ini saya merasa heran dengan alaman domain Forum ini.

Dari kemaren mengalami perubahan yang mulanya http://forumblogindo.blogspot.com menjadi http://forumblogindo.blogspot.co.id/.

Hal itu sontak membuat saya terperangah kaget. Kenapa bisa demikian?

Setelah ke sana kemari mencari informasi "Dampak Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id", akhinya terjawab sudah rasa penasaranku.

Dengan berbagai fakta penting dan juga asumsi terhadap informasi tersebut, perlu kiranya saya shared informasi ini kepada rekan-rekan blogger semua.

Sobat. Pada dasarnya, domaian .com merupakan sebuah domain yang bisa digunakan untuk keperluan apapun. Misalnya saja untuk nama pribadi kita, keperluan bisnis, organisasi atau apapun. Sehingga, domain .com memang secara familiar dan umum sangat bermanfaat besar dan lugas bagi banyak kepentingan sebua situs, website atau blog pribadi.
Domain .com banyak bermanfaat bagi kebanyakan situs di Indonesia khususunya, bahkan di dunia. Jadi, domain ini bisa dibilang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan domain yang lain. Sehingga singkatan dari .com adalah Commercial.
Bagaimana dengan domaian .co.id?

Domain jenis ini lebih kita kenal sebagai domain khusus di negara kita, yakni Indonesia, sehingga berakhiran dengan huruf .co.id. Domain .co.id singkatannya adalah company Indonesia. Dengan begitu, sudah pasti domain jenis ini dikhususkan bagi sebuah negara, yakni Indonesia.

Macam-macam Domain di Seluruh Dunia

Lebih jauh berikut saya berikan beberapa jenis domain yang digunakan di seluruh dunia:

  1. COM (Commercial). Sudah saya jelaskan di atas
  2. CO.ID (Company Indonesia). Ini juga sudah saya jelaskan di atas
  3. OR.ID (Organization Indonesia). Domain ini sangat cocok untuk sebuah lembaga atau perkumpulan. Misalkan saja LSM, Parpol atau organisasi masyarakat (ormas).
  4. AC.ID (Academy Indonesia). Domain ini lebih khusus digunakan untuk lembaga pendidikan, misalkan Universitas, Kampus atau Institut. Sebenarnya sekolahan juga masuk, namun lebih pas dengan menggunakan sch.id.
  5. SCH.ID (School Indonesia). Sesuai dengan singkatannya, domain ini sangat cocok untuk dunia pendidikan, seperti sekolah baik PG TK, SD, SMP maupun SMA. Untuk tinggak pendidikan yang lebih tinggi lebih pas menggunakan .ac.id. Pendirian situs berdomain sch.id, sama seperti ac.id. Yaitu sama-sama memerlukan perizinan dari pimpinan lembga terkait (Rektor atau Kepala Sekolah). Misalkan saja fotocopy KTP dll, Pada intinya memerlukan perizinan lebih lanjut.
  6. GO.ID (Government Indonesia). Domain ini digunakan untuk lembaga pemerintahan, baik di tingkat pusat sampai ke daerah. Misalkan saja Kementrian, Provinsi atau Kabupaten.
  7. NET (Networking). Domain ini digunakan untuk sebuah jaringan 
  8. ORG (Organization). Domain ini digunakan untuk sebuah perkumpulan atau lembaga. Walaupun demikian, domain ini bisa digunakan untuk apapun seperti halnya .com. Namun demikian, sangat jarang sekali domain .org digunakan untuk situs pribadi.
  9. BIZ (Business). Domain ini sangat cocok digunakan untuk sebuah bisnis atau usaha toko online. Namun demikian, pada dasarnya domain ini sama seperti .org, yakni bisa digunakan untuk semuanya. Namun sangatlah tidak efektif dan jarang sekali domain ini digunakan secara personal.
  10. INFO (Informations). Domain ini leboh cocok untuk situs berbasis informasi khusus, misalkan saja Informasi kesehatan, berita dll.
  11. dan masih banyak lagi domain-domain yang lain.

Dengan berbagai contoh domain di atas, pasti sedikit banyak bisa memberikan gambaran pada rekan-rekan.

Penyebap Dialihkannya Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id

Pada dasarnya, informasi terkait pengalihan dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id sudah beredar sejak tahun 2012 lalu. Tidak hanya di Indonesia, namun hal ini juga terjadi di negara lain. Misalkan saja Amerika.
Di sana, pengalihan blogspot.com menyesuaikan negara tersebut, yakni menjadi blogspot.de. Atau di Hong Kong domain bloggernya blogspot.hk, blogspot.in (India), blogspot.com.au (Australia), blogspot.co.uk (Inggris), dan blogspot.jp (Jepang).
Dengan demikian, secara otomatis akan membuat blogspot.com menjadi domain berbeda-beda, menyesuaikan sebuah negara. Misalkan saja di Indonesia .co.id.

Lalu tujuannya Google menerapkan hal seperti itu apa?
Sesuai dengan informasi dari pihak Goole sendiri, hal itu bertujuan untuk melakukan kontrol terhadap sebuah situs, agar tidak melanggar berbagai kebijakan di dalam sebuah negara. Sebagai contoh, misalkan saja ada sebuah situs yang berdomain blogspot melakukan sebuah pelanggaran kebijakan di negara tertentu, maka secara otomatis Google akan melakukan penghapusan terhadap situs tersebut (hanya domain pada negara tersebut).
Dengan demikian, maka tak ayal hal ini seakan-akan menjadi langkah yang baik bagi pihak Google sendiri selaku pengelola blogspot, dan negara yang bersangkutan dalam melakukan kontrol semua penduduk di negara tersebut untuk lebih mengamankan wilayah masing-masing dari aktifitas pelanggaran di dunia maya.

Dampak Negatif Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Perlu kita sadari, bahwa dengan adanya perubahan alamat domain tersebut tentu mempunyai beberapa dampak terhadap beberapa faktor bagi blog kita. Diantaranya:

1. Iklan Google Adsense Tidak Tampil
Hal ini berlaku pada jika akun Google adsense yang anda miliki masih berstatus hosted. Hal ini kemungkinan akun GA yang Sobat miliki akan dianggap sebagai akun yang baru. Jadi tentu saja perlu adanya pembaharuan.

Hal ini Apakah sifatnya sementara atau publisher harus mendaftarkan kembali, baik membuat akun baru atau cukup setting ulang claim url di dassboard adsense. Untuk pemilik akun non hosted, perubahan ekstensi com menjadi co.id pada blogspot tidak berpengaruh dalam kemunculan iklan.

Untuk mengecek apakah iklan GA muncul atau tidk di blog kita, bisa kita lakukan pengecekan melalui format berikut ini:
namablogsobat.blogspot.com/ncr
2. Data seperti Alexa, Page rank, Backlink, PA dan DA akan menjadi gendut bahkan hilang.
Jika situs anda sebelumnya merupakan blog personal mungkin tidak jadi masalah. Tetapi jika blog tersebut digunakan media link building maupun monetise iklan pihak ketiga (pemasangan banner, text link dll), maka efek backlinknya setara dengan backlink dari situs baru.

3. Terjadinya Duplikat Konten
Dengan diberlakukannya pengalihan domain blogspot.com menjadi .co.id, tentu hal ini mengakibatkan banyaknya domain di berbagai negara, namun muncul pada halaman yang sama. Hal ini secara ilmu SEO Onpage, bisa berakibat pada duplikat konten.

Namun demikian, sampai saat ini belum ada konfirmasi lanjut dari pihak Google. Namun demikian, Saya berkeyakinan pasati Google sudah mempunyai langkah antisipasi yang baik. Baca lebih lanjut cara mengatasi duplikat konten terbaru 2015 pada blog atau situs.

4. Ada Kemungkinan Terjadi Link Tidak Aktif (dead link)
Untuk hal ini, saya sendiri belum melakukan cek secara keseuruhan di blog ini. Namun demikian, saya rasa hal ini kemungkinanannya kecil bisa terjadi. Yang pasti dalam proses pengalihan akan memerlukan sedikit waktu dalam proses loadingnya.

5. Hilangnya Jumlah Share Artikel atau Blog di Media Sosial
Hal ini saya alami sendiri. Sebagai contoh artikel 9 Blog Berpenghasilan Tertinggi di Indonesia dari Google Adsense yang beberapa hari sudah di shared pembaca ratusan, namun kali ini tinggal beberapa saja.

6. Mendaftarkan Ulang Bisnis Afiliasi
Untuk kasus ini, saya sendiri belum melakukan cek terhadap situs yang saya gunakan untuk menetisasi afiliasi.

Dampak Positif Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Tidak serta merta setiap perubahan, akan membawa dampak negatif. Seperti halnya fakta perubahan domain blogspot.com menjadi .co.id, pasti di balik hal ini ada sisi positifnya. Salah satu dampak positif dari kejadian ini adalah:
Bertambah besarnya peluang situs atau blog kita dalam berkompetisi di negara kita sendiri, yakni Indonesia. Selain itu, kita akan mendapatkan backlink dari domain .co.id.
Pendapat ini mungkin Sobat kuang berkenan. Namun demikian, hal ini malah menjadi bahan evaluasi lebih dalam untuk beberapa waktu ke depan.

Cara Mengatasi Dampak Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Sobat. Dengan berbagai informasi di atas, tentu kita selaku pihak terkait pengelola akan merasa terkena dampak. Oleh karena itu, di bawah ini akan kita diskusikan beberapa alternatif cara mengatasi dampak tersebut, diantaranya:

1. Kita redirect kembali blog kita dari blogspot.co.id ke blogspot.com
Cara cukup mudah kok, yakni:
  • Masuk akun blogger > pilih template > edit html
  • Copas kode berikut ini tepat di atas kode <head>
<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>
atau dengan kode:
<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname.split(".");
if (blog[blog.length - 1] != "com") {var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>
  • Save template
  • Silakan cek blog sobat
Apakah dengan melakukan redirect blog kita tidak malah akan membuat penalty dari Google?

Sejauh yang saya ketahui, redirect (pengalihan) sebauh blog atau situs mempunyai dua dampak. Dampak serisunya tentu mendapatkan penalty atau hukuman keras dari Google. Hal ini jika memang tujuan awal redirect tersebut hanya untuk mengelabuhi pembaca atau search engine.
Jika kita melakukan redirect tujuannya tidak berdasarkan tindak kejahatan, menipulasi dan penipuan, kemungkinan besar tidak akan berpengaruh terhadap kebijakan Google Webmaster Guidline, yakni pinalty Google yang lebih kita kenal sebagai Sneaky Redirect (redirect untuk tujuan klik dan manipulasi).
Dengan demikian, maka kita sudah melakukan pedoman yang sesuai dengan arahan Google sendiri.

Berbeda halnya jika kita melakukan redirect dengan tujuan yang salah, maka Google akan mengindikasi blog kita melakukan pelanggaran Sneaky Redirect. Akibatnya, situs blog yang kita kelola dengan susah payah dapat terkena Google Sandbox.

Berikut ini ada 3 hal yang diperbolehkan untuk melakukan redirect (pengalihan), yakni:
  1. Redirect ke halaman utama
  2. Redirect jika server utama sedang bermasalah (down)
  3. Redirect karena custom domain
Tiga hal di atas setidaknya memberikan petunjuk pada Sobat jika memang ingin melakukan redirect.

Kesimpulan

Seperti pepatah Jawa mengatakan, ada, " ono tumindak, ono akibate". Artinya, ada sebab, pasti ada dampaknya. tetapi satu hal penting, setiap kejadian apapun, pasti ada nilai sisi postif dan negatifnya. Dengan paparan dan informsi terkait Dampak Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Bagi Blog Kita tentu bisa memberikan pemahaman yang komplit pada rekan-rekan.

Langkah selanjutnya, semuanya kembali pada rekan-rekan yang memutuskan.

Salam blogger (http://forumblogindo.blogspot.com/)

8 Responses to "Dampak Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Bagi Blog Kita"

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel