Kriteria Master Blogger Idola Pilihan Pembaca

Siapa sih yang tidak kepengen jadi blogger idola seperti halnya para selebriti dengan segudang fans dan penggemar setia?

Tentu hal itu tidak jauh berbeda dengan aktivitas blogging. Dalam dunia ngeblog, pasti di hari para blogger (pengguna blog) pasti mempunyai idola masing-masing.


blog idola pilihan pembaca 2015



Dalam dunia ngeblog, pasti di hari para blogger (pengguna blog) pasti mempunyai idola masing-masing. Karena itulah, dengan adanya uraian artikel ini sekiranya bisa menguak sebenarnya kriteria seperti apa sih seorang blogger pilihan pembca. Sebagai gambaran Sobat bisa melihat secara langsung 10 contoh blog kelas dunia dengan pendapatan fantastis terbesar di dunia tahun 2015.



Artikel ini terinspirasi dari hasil dari riset sederhana terkait kriteria guru idaman sekolah. Dari polling yang dilakukan salah satu lembaga pendidikan di Solo, Jawa Tengah mengemukakan, bahwa kriteria guru idaman siswa di antaranya:

  1. Murah senyum
  2. Pengertian
  3. Sabar
  4. Tidak pilih-pilih siswa yang cantik, hehe
  5. Humoris
  6. Mau diajak curhat, nerima sms dll
Itulah enam kriteri guru idaman. Tidak tahu kalau menurut rekan-rekan sendiri seperti apa.

Duh kok malah ngelantur nih, hehe. Kembali ke pokok bahasan. Dengan artikel ini sedikit banyak menceritakan sebuah kriteria blogger idola ala Forum Blogger Indonesia.

Ciri Master Blogger Idola SL BLogger

Tidak muluk-muluk, berikut ciri-ciri master blogger idolaku:

1. Murah senyum

Seperti halnya ciri guru idola di atas, ciri ini menjadi faktor pertama yang membuat saya suka dengan seorang master blogger. Tentu tidak seperti yang sobat bayangkan seperti menampakkan gigi dan pipi dekil secara langsung. Namun hal itu bisa diketahui dengan adanya sikap responsif, empatik dan perhatian terhadap setiap pertanyaan yang kita ajukan. 

Misalkan saja kita bertanya tentang sesutu hal pada salah satu topik bahasan master tersebut. Jika secara responsif memberikan tanggapa, itu menjadi ciri pertama bahwa beliau memang berkenan dan rela membagikan ilmu kepada kita.
Jika ada blogger yang tidak mau memberikan balasan atas pertanyaan (yang tentunya membangun, tidak sekedar pertanyaan spam), maka bisa dipastikan kita akan sulit berkembang dengan master tersebut.
Jika kita menemui kriteria nomor satu ini, bisa dijadikan referensi yang baik untuk kelanjutan perkembangan blog atau situs kita kedepan.

2. Pengetian

Tak jarang para master blogger memberikan sikap acuh terhadap setiap pertanyaan kita. 


Apakah itu salah? 



Dikatakan beliau salah apabila memang pertanyaan yang kita ajukan memang nyepam, komentar / pertanyaan sampah yang tidak ada nilai ilmu di dalamnya. 



Bahasa kerennya "membual" semata yang tujuannya cuma sekedar mampir, nyari backlink. Jika seperti itu, maka yang salah bukan Sang Master, namun kita sendiri yang memang belum bisa menghargai orang lain.


Cirinya mudah kok. Silakan Sobat baca pesan yang terdapat di atas kolom komentar. Pasti di sana ada pesan-pesan khusus. Seperti halnya di dalam situs ini,:
Silakan tinggalkan pesan Sobat di sini. Segala bentuk masukan dan arahan yang membangun saya ucapkan terimakasih.
Salam blogger
Saranya buat kita sih sederhana. Kalau kita bisa menghargai seseorang, maka kita akan mendapatkan imbal balik yang sama. Apa susahnya sih mengajukan pertanyaan, atau memberikan saran, atau memberikan ulasan pendapat, atau menanggapi isi dari ulasan sang Master di dalam salah satu artikel yang enkau baca?

3. Sabar

Kriteria pada poin ini sudah tidak menjadi hal yang sederhana. Terkadang kita mengajukan berbagai macam pertanyaan yang sekiranya rumit, sulit dimengerti, atau bahkan malah sekedar "menjelekkan" salah satu artikel yang ditulis oleh sang Master, dan beliau masih mau memberikan penjelasan yang sabar, tidak merasa "dikerdilkan" dengan pendapat pembaca. 


Itu menjadi cirikhas bahwa Master tersebut memang orang baik. Tidak mudah emosi dengan pendapat yang sekiranya memojokkan atau bahkan menjustifikasi.

4. Tidak pilih-pilih dalam memberikan tips dan bimbingan

Ciri selanjutnya adalah tidak membeda-bedakan penyanya, entah seorang pemula atau sekedar pengunjung yang memberikan ulasan pendapat. 


Beliau tetap menanggapi dengan rasa suka, gembira atas berbagai diskusi yang muncul di dalam kolom komentar. 



Interaksi tersebut menjadi hubungan emosional yang akan melekat pada hati kita selaku junior (orang yang masih pemula).

5. Mau diajak tukar pengalaman dan ilmu

Hal ini menjadi kesimpulan dari point pertama hingga keempat. 


Kesimpulan



Ulasan ini saya maksudkan agar rekan-rekan turut berpartisipasi dalam pemilihan Master Blogger pilihan pembaca (sobat) di dalam forum blogger Indonesia ini. Tentu dengan adanya data yang Sobat berikan akan memberikan sebuah acuan bagi rekan-rekan selanjutnya (yang mungkin belum mengetahui dari forum ini) akan bisa mengerti dan belajar dari beliau-beliau.


Demikian ulasan pendapat Ane terkait Kriteria Master Blogger Idola. Semoga menjadi dasar masukan bagi saya pribadi sebagai pemula, dan juga bagi rekn-rekan yang ingin masih tetap belajar.


Tentu artikel ini tidak akan lengkap jika sobat tidak memberikan masukan dan arahan atas cir-ciri khusus yang menjadi acuan sebab Sobat mengidolakan salah satu atau beberapa master blogger. Dan akan terasa lebih lengkap jika Sobat memberikan Identitas Nama atau paling tidak hyperlink dari Master Blogger piliha Sobat.

Demikian, semoga bermanfaat. Salam.
(http://www.forumblogindo.com/2015/09/kriteria-master-blogger-idola-pilihan.html)

5 Responses to "Kriteria Master Blogger Idola Pilihan Pembaca"

  1. Balasan
    1. silakan mas..namun di tulis ulang njeh..jangan copy paste 100%..hehe..

      Hapus
  2. situs ini juga masuk kriteria di atas kok...

    BalasHapus
  3. Maaf gan kalau saya sering komen di website anda, bukan maksut hanya mencari backlink. Tetapi memang blog anda bagi saya sangat super tata penulisannya. Semoga banyak blogger terutama pemula yang mengunjungi blog anda. Agar banyak orang lain yang sukses untuk mewujudkan menjadi blogger yang handal seperti anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas testimoninya mas. Semoga saya bisa lebih semangat lagi belajar, aamiin

      Hapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel