Faktor Penentu Peringkat Blog di Google

Faktor Penentu Peringkat Blog di Google
Dalam menjalankan aktivitas blogging dengan tujuan apapun, baik sebagai sumber pendapatan atau sekedar menyalurkan ide hoby menulis, kemunculan situs blog kita di halaman pertama Google memang menjadi idam-idaman semua blogger.

Siapa di antara rekan-rekan yang tidak befikiran seperti itu, hayo acungkan jari!

Tentu kita meyakini "pasti" tidak ada yang berharap blog kita berada di halaman akhir, atau malah tidak terdeteksi sama sekali di Google, parahnya lagi di seaarch engine (mesin pencari). Jika yang terjadi demikian, bisa dikatakan "kiamat sugro".

Sobat. Keinginan sederhana namun sangat bermakna dan mendasari semua para blogger tersebut tentu harus dilandasi dengan keingintahuan sebuah cara supaya cita-cita dan harapan artikel kita bisa muncul di halaman pertama Google, atau setidaknya bisa nongol di mesin pencari. Sehingga, mutlak alias wajib bagi para blogger untuk berusaha mewujudkan cita-cita tersebut.
Jika tidak ada usaha guna membuat blog kita semakin berkualitas, tentu sama halnya kita rugi waktu dan tenaga. Karena yang terjadi hanya sebuah tulisan, gambar atau video di dalam sebuah blog namun tidak ada yang melihat dan menikmatinya.
Kesimpulan Muqoddimah ini adalah bagaimana caranya blog kita bisa berada para halaman pertama Google, titik!

3 Faktor Utama Penentu Kemunculan Blog di Google

Mendasari muqoddimah di atas, akan terbersit pertanyaan sederhana, "Lalu bagaimana caranya Mr?".

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal pokok yang tentu wajib kita pelajari step by step, tidak bisa serta merta langsung "ujug-ujug" keluar hasilnya. Beberapa metode ini tentu "mungkin" agak sedikit berbeda dengan yang dialami rekan-rekan master blogger lain, ya karena memang tips kali ini sekedar ulasan pengalaman Ane dan menjalankan situs ini.

Beberapa hal pokok yang wajib kita pelajari adalah:

  1. Memahami tujuan ngeblog
  2. Gemar menulis dan tidak asal copy paste. Inga bahaya copy paste terhadap blog kita
  3. Update informasi terkait perkembangan Algoritma Google terbaru.
  4. Belajar SEO
Keempat hal pokok terebut memang menjadi langkah awal dalam menapaki dunia blogging. Hal itu sedikit banyak sudah kita jelaskan dalam artikel sebelumnya.

Namun, apakah 4 faktor di atas yang menjadi penentu kemunculan blog di Google atau mesin pencari?

Tidak Sob. Keempat langkah di atas baru menjadi pondasi awal kita dalam membuat sebuah blog atau situs, website berkualitas. Jika merunut pada langkah tersebut, saya rangkum menjadi 3 penentu utama peringkat blog di Google sebagai berikut:
  1. Desain blog
  2. Konten berkualitas
  3. Optimasi SEO
Ketiga hal itulah yang akan menjadi dasar utama menjadikan blog kita bisa nongkrong di halaman pertama Google, atau setidaknya bisa terindeks Google dengan cepat. Masih ingat kan cara membuat blog kita terindek Google dalam satu menit?

1. Desain Blog

Desain blog menjadi kunci pertama yang harus kita fahami. Mungkin hal ini agak berbeda dengan pendapat rekan-rekan. Namun buat kami, desain tampilan yang kita terapkan blog kita akan menjadi faktor pertama. Kenapa demikian?

Seperti kata pepatah:
"Cinta berawal dari pandangan pertama"
Jika kita saja tidak begitu sreg dengan tampilan "rumah tulisan" kita, bagaimana kita akan bisa betah dan berlama-lama memanfaatkan waktu untuk menulisa dengan maksimal? Kita sebagai pemilih blog aja gak terlalu suka, apa lagi dengan pembaca yang datang dari dunia maya ini?

Selain hal itu, desain tampilan juga akan menentukan tujuan awal kita dalam membuat blog. Sehingga, dalam trending topic blogger tahun 2015 ini sangat jelas sekali, pemilihan template memegang peranan penting dalam perkembangan duni blogging.
Tak ayal banyak sekali para master desain template yang menyebarkan berbagai macam template dengan corak, warna dan tujuan yang beraneka ragam. Tidak hanya gratis, namun juga menawarkan fitur yang menyesuaikan dengan perkembangan Algoritma Google.
Gak percara? Buktikan aja sendiri, hehe.

2. Konten Berkualitas

Sudah tidak diragukan lagi. Sejak dulu hingga sekarang, sebenarnya konten memang menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Untuk beberapa tahun kemarin, misalkan di era 90 an atau reformasi, perkembangan Algoritma Google yang khususnya bertugas membasmi situs atau blog dengan konten asal copy paste sudah dijalankan. Misalkan saja Google Panda atau MobileGeddon.

Bukannya MobileGeddon hanya sebatas fokus pada jenis tampilan responsive tidaknya sebuah blog atau website mas? Tidak juga. Lebih jelasnya, silakan baca Kebijakan Algortima Mobilegeddon.

Cara sederhana dalam membuat tulisan yang baik, adaah tidak copas sembarangan. Selain itu, kesesuaian isi dengan konteks keilmuan nyambung, tidak OOT alias Out Of topic. Endingnya, tulisan yang baik menjadi penentu keberlngsungan blog sobat. Terapkan saja cara membuat artikel yang disukai Google.

3. Optimasi SEO

Beberapa waktu yang lalu saya sempet bingung juga, masak ada salah seorang praktisis Internet Marketer mengatakan tidak menerapkan SEO di dalam menjalankan bisnisnya? Beliau cuma bilang fokus pada konten yang berkualitas saja, tidak pada hal lain.

Hal itu sontak membuat saya kesana kemari mencari referensi kepada praktisi Internet Marketer lain, dan pada kenyataanya demikian,
"sampai saat ini, kesuksesan para Internet Marketer tak lepas dari yang namanya SEO"
Berbicara optimasi SEO sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang alias mudah jika kita masu berusaha belajar dan menerapkannya. Dikatakan sulit ya karena yang ada sifat malas yang menyelimuti benak kita, atau mungkin merawa "awang-awangen" melihat cara-cara yang harus kita terapkan.

Sedikit banyak, ulasannya sudah kami rangkumkan dalam sebuah panduan dasar SEO bagi pemula. Namun untuk memperdalam lagi, juga kamu tulisakan dalam 8 Teknik SEO Onpage Terpopuler 2015.

Kesimpulan

Menjalankan rutinitas blogging tidak serta merta sekedar menulis. Namun bagaimana caranya tulisan kita bisa dibaca, dinikmati atau bahkan bisa dilaksanakan oleh orang lain menjadi tujuan utama seorang blogger. Sehingga, fungsi merubah paradigma blog sekedar informasi tak berguna harus kita hilangkan.

So, demikian ulasan sederhana namun buat kami sangat bermakna tentang 3 Faktor Penentu Peringkat Blog di Google. Semoga bermanfa'at.
Salam.

0 Response to "Faktor Penentu Peringkat Blog di Google"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia