Rahasia Ngeblog Blog Rungan, Blog Terkenal Tentang MotoGP

Salah satu blog terkenal di Indonesia yang mengupas tentang MotoGP adalah blog Rungan. Blog ini selain juga tekenal dengan berbagai macam informasai serta ulasan beritanya, ternyata bisa bersaing dengan web portal berita terkenal di Indonesia.

Rahasia Ngeblog Blog Rungan, Blog Terkenal Tentang MotoGP

Dengan popularitas dan bisa bersaing dengan web portal berita sekalipun, membuat blog Rungan sangat banyak followers dan pengunjung. Untuk data statistic pengunjungnya saja per hari bisa mencapai 5000 (pada kondisi sepi) dan ramai-ramainya bisa mencapai 10.000 lebih Dan untuk saat ini bisa mencapat 20.000an ribu. Untuk urusan followers, sekitar 8 ribu lebih. Wow sekali bukan?

Jika kita melihat dengan seksama terhadap blog Rungan ini, mungkin sobat (misal Master) tidak terlalu menghiraukan dan menganggap hal itu mungkin biasa saja. Namun buat Ane, hal itu luar biasa. Secara, blog rungan ini masih berplatform blogspot tanpa custom domain alaias masih gratisan.

Bandingkan dengan web portal berita yang notabene sebuh web besar dengan asupan dana juga begitu besar, sehingga tak heran jika berita yang mereka berikan juga up to date terbaru, terhangat dan akurat. Ya karena memang mereka mempunyai banyak penulis dengan standar ilmu Jurnalistik mumpuni. Maka tak heran jika web portal berita bisa bertengger di urutan teratas masalah informasi public.

Tetpi jika melihat sejenak dengan blog Rungan ini, hanya sebatas menggunakan daya menulis personal dengan tetap terus belajar memperbaiki kekurangan, sehingga bisa bersaing bahkan bisa mengungguli trafik di mesin pencari. Dengan daya personal, gratisan, namun tetap berhasil sukses.

Dari sekelumit pengalaman itu, berikut kami rangkumkan rahasia sukses blog Rungan

Rahasia dan Tips Sukses Blog Rungan

Langsung saja, berikut kiat sukses blog Rungan.

1. Pantang Menyerah
Seperti kita ketahui, pada mulanya Mas Imam Muhiddin (admin blog Rungan) hanya mengelola bisnis online, namun sebagian besar persyaratannya mewajibkan para peserta untuk membuat blog personal. Berawal dari situ, beliau mencoba membuat sebuah blog (bukan blog rungan ini) demi bisa mengikuti kontes.

Namun apa yang diperoleh? Ternyata NIHIL, gak dapat apa-apa. Sekian lama ngeblog menjalankan bisnis online dengan tujuan yang salah hasil yang diperoleh juga nihil. Dengan pengalaman itulah, beliau mulai serius membuat sebuah blog portal berita, yaitu blog Rungan, yang berarti kaba atau berita yang diambil dari kosa kata bahasa Sumbawa.

2. Optimis dan Tak Mudah Minder

Dengan bermodal platform gratisan seperti blogspot, blog yang beralamatkan rungans.blogspot.com ini, beliau menunjukkan identitas kesungguhannya dalam duni blogging. Tetap konsisten menulis berkualitas dan memberikan kemanfa’atan. Parameternya sederhana, yakni menyuguhkan sesuatu yang dibutuhkan pembaca.

Terkadang, banyak juga para Mastah (master blogger) yang mengatakan bahwa blog gratisan itu dianggap tidak professional. Namun dengan contoh blog Rungan ini, terbantah sudah. Coba kit fikirkan dengan logika sederhana, blogspot itu juga buatan Google, masak buatan Google itu sepele? Gak juga kan?

Jika ditanya kekurangan situs gratisan seperti blogspot dan wordpress.com, ya tentu saja ada. Karena ada kekurangan itulah sehingga disediakan secara gratisan. Namun demikian, intefensi tidak professional sangat tidak tepat. Karena pada dasarnya, professional tidaknya sebuah website tidak diukur dari gratisan atau tidaknya, melainkan isi kualitas artikel yang ditulisakan, sejauhmana nilai manfa’at dan tinggi rendahnya minat pembaca.

Jika ada situs blog dengan custom domain pribadi, ditambah dengan dibelikan hosting, dan dijadikan selft hosting sekalipun namun jika tidak dikerjakan dengan serius dan hanya menulis dari hasil copy paste artikel orang lain, sama aja boong, benar tidak. Paling tidak juga harus mempunyai etika komunikasi yang baik.

3. Rajin Menulis Artikel Berkualitas

Berbicara menulis, sudah tidak diragukan lagi blog Rungan ini. Beliau ternyata tidak terlalu pusing dalam memikirkan SEO. SEO jelas sekali beliau terapkan, namun tidak hanya terpaku pada hal itu. Kualitas konten menjadi fokus utamanya.

Bagaimana kiat menulis dari blog Rungan?
Ternyata juga sederhana. Yakni selalu menerapkan cara menulis artikel yang baik dan disukai search engine. Selain itu, dengan memanfa’atkan media social menjadi pendukungnya. Dengan judul dan bahasan artikel yang dianggap bertentangan dengan pola pikir pembaca, akhirnya malah menjadi firal dan booming di kalangan pembaca.
Saya ulangi, SEO tetap diterapkan pada blog, namun juga fokus pada kualitas artikel. Sepeti halnya panduan SEO dasar bagi pemula yang beliau lakukan.

Selain itu, fokus persaingan artikel tidak ditujukan untuk blog dengan kualitas kelas menengah kebawah, namun berusaha memilih tantangan dengan web portal berita sekaligus. Ditanya resiko pasti ada, kalun gak menang, ya pasti kalah dengan situs besar. Namun sekali menang terhadap trafik di mesin pencari, bisa melejit pesat.

Yang tak kalah penting buat blog Rugan selain optimasi SEO dasar blog, artikel yang berkualitas, tetapi juga melakukan cara riset kata kunci (keyword) paling jitu. Dengan begitu, beliau bisa mengetahu peta persaingan judul artikel di mesin pencari. Sehingga fokus bahasan di dalam setiap artikel bisa terara dan secara tepat akan mampu bersaing dengan judul artikel sejenis.

Kesimpulan

Dalam menjalani dunia blogging, kita sebaiknya selalu optimis dan tidak pantang menyerah. Menerapkan cara menulis menulis yang baik dan berkualitas serta memerankan peran SEO terpadu, menjadi tiga hal pokok menuju situs berkualitas.

Demikian sedikit ulasan tentang Rahasia Ngeblog Blog Rungan, Blog Terkenal Tentang MotoGP. Semoga bermanfaat. Salam.

2 Responses to "Rahasia Ngeblog Blog Rungan, Blog Terkenal Tentang MotoGP"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  2. mantab artikelnya gan, skalian info ter update seputaran motogp nya gan
    klg
    fatma farma

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel