Cara Mengetahui Duplicate Content pada Blog dengan Siteliner Checker

Cara Mengetahui Duplicate Content pada Blog - Duplikat konten pada blog atau situs website memang menjadi sebuah hal yang mungkin biasa dialami pada blogger. Pada intinya, duplicate content adalah adanya konten artikel kita dinilai berjumlah ganda.

Keberadaan duplikat konten (duplicate content) pada sebuah blog atau situs website dijadikan rujukan bahan evaluasi bagi kita. Penyebab duplikat konten biasanya karena adanya label blog, halaman pencarian dan arsip, serta bisa juga karena halaman versi seluler di Mobile.

Ketiga penyebab di atas sudah pernah kita diskusikan dalam artikel sebelumnya, yakni cara mengatasi duplikat konten (duplicate content) pada blog update 2015.

Cara Mengetahui Duplicate Content pada Blog

Dengan pemahaman yang telah kita peroleh, paling tidak kita juga bisa mengetahui sebenarnya duplicate content pada blog bisa di cek dengan Siteliner checker. Dari tools itulah kita bisa mengetahu seberapa persen atau jumlah duplicate content pada blog kita.

Selain itu, alat blogger cek duplicate content tersebut juga memberikan banyak sekali informasi terkait keberadaan situs kita. Data tersebut juga sudah disertakan nilai rata-rata umum situs. Dengan begitu, kita bisa memperbaiki dari segi apa saja yang perlu dibenahi. Data apa saja yang diperlihatkan? Berikut urainnya:
  1. Broken Links
  2. Skipped Pages
  3. Related Domains
  4. Average Page Size
  5. Average Page Load Time
  6. Number of Words per Page
  7. Text to HTML Ratio
  8. Common Content
  9. Internal Links per Page
  10. External Links per Page
  11. Total Links per Page
  12. Inbound Links per Page
Data penjelasan di atas masih ditambah dengan penjelasan duplicate content di blog kita. Sebagai contoh, berikut screenshot pengecekan situs ini beberapa menit yang lalu:
duplicate content pada blog
Pengecekan duplicate content www.forumblogindo.com

Pengecekan duplicate content www.forumblogindo.com
Caranya mengetahui duplicate contente pada blog dengan menggunakan siteliner checker cukup mudah kok. Sobat tinggal berkunjung ke situs Siteliner, lalu memasukkan alamat url blog sobat. Tunggu beberapa saat dan nanti akan muncul keterangan yang seperti saya jelaskan di atas.

Demikian artikel cara mengetahui duplicate content pada blog dengan Siteliner checker. Semoga bermanfaat. Salam.

9 Responses to "Cara Mengetahui Duplicate Content pada Blog dengan Siteliner Checker"

  1. Mantap gan...

    Jangan lupa kunjungi rumahku-internetku.blogspot.com

    BalasHapus
  2. saya coba dulu neh. sepertinya banyak sekali duplicate content di blog saya. www.matadunia.net

    BalasHapus
  3. gimana ya cara mengatasi duplicate content ? apa harus kontenya diubah semua ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mas, saya sudah mengulasnya secara detail

      http://www.forumblogindo.com/2015/05/cara-mengatasi-duplikat-konten-pada-blog-update-terbaru-2015.html

      Hapus
    2. berikut ini juga yang sudah saya update cara mengatasi duplikat konten http://www.forumblogindo.com/2016/02/cara-ampuh-mengatasi-duplikat-content-artikel-pada-blog.html

      Hapus
  4. gan, mohon petunjuk, mengenai beberapa url blog saya sudah saya hapus, namun masih terindeks di pencarian google, saya sudah hapus melalui webmaster tools namun tetap saja terindeks, status di remove url di webmaster tools expired, bgmn cara menghilangkannya, dan apakah berpengaruh terhadap kualitas blog saya duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com,saya khawatir dianggap postingan saya hanya berisi judul oleh google.

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan orang kan menginginkan kontennya terindeks mas..lha mas kok malah menghapusnya dan menginginkan agar tidak terindeks Google? hehe..

      Menurutku sih tidak apa-apa. selama terindeks google. malah hal itu tambah bagus kan mas? Google pun pasti lebih faham dan mengetahaui..bahkan proses crawling dan indexing pun saat ini Google malah pilih-pilih..

      Hapus
    2. sedikit masukan dan mungkin agak keluar dari topik pertanyaan mas..alamat blog mas sangat panjang dan memuat beberapa huruf yg sama..dan itu sebenarnya kurang bagus untuk user..kalo memang ingin mempertahanka url blog mas, ya dipertahankan saja. namun sebelum terlanjur banyak artikelnya, mending di buat blog baru dengan domain yag lebih singkat..

      diredirect mungkin menjadi salah satu alternatif...

      Hapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel