Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Paling Ampuh

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Paling Ampuh
Sebenarnya kalau kita sadari, masalah utama selain dari desain sebuah blog adalah kesulitan memperoleh pengunjung setia atau lebih enaknya kita sebut pembaca alami blog kita.

Ketika rekan-rekan mencari tips cara mudah meningkatkan pengunjung, rata-rata jawabannya adalah bermuara pada satu hal, yakni isi kualitas konten yang memang benar-benar bermakna, membantu, memberikan pencerahan atau solusi.

Namaun apakah sobat tahu, ada hal lain yang memang juga penting kita perhatikan selain dari kualitas konten? Jika sobat sudah merasa yakin dengan jawaban tersebut, maka lebih baik segera lakukan. Jika memang belum, mungkin masukan tips kali ini bisa menambah wawasan dan ilmu dunia blogging sobat.

Cara Mudah Meningkatkan Trafik Jumlah Pengunjung Blog Kita

Secara umum, ada hal pokok yang perlu difahami sebelum melangkah lebih jauh. Untuk itu, hal ini kita fahami sebagai penyebab blog kita jarang dikunjungi, atau artikel kita jarang ada yang minat untuk membacanya. Penyebab umum blog kita tidak disukai orang antaralain:
  1. Blog kita jelek banget
  2. Blog kita masih baru alias baru belajar ngeblog
  3. Blog yang isinya hasil copas. Ingat bahaya copy paste artikel bagi blog
  4. Blog kita ternyata tidak terdeteksi oleh mesin pencari
  5. Blog kita gado-gado alias banyak topik yang bihas
Kelima faktor di atas mungkin hanya gambaran umum dari sekian penyebab yang lain. Bagaimana dengan permasalahan SEO? SEO itu sudah termasuk pada penyebab nomor 4, yang akibarnya blog kita baik secara umum tidak terdeteksi, juga bisa jadi artikel kita tidak familiar, hasil copas dll. Selain itu, penerapan optimasi SEO yang salah malah berakibat fatal. Maka terapkanlah panduan SEO update 2016.

Apa hubungannya blog jelek dengan jumlah kunjungan? Lebih jelasnya, simak selengkapnya alasan blog kamu jelek banget yah.

Lalu apa saja cara meningkatkan trafik pengunjung blog kita?

1. Lakukan optimasi SEO secara benar.

Banyak sekali para blogger pemula yang menganggap SEO adalah sesuatu hal amat sulit, padahal ternyata anggapan itu salah. Lebih jelasnya silakan baca cara optimasi SEO terpadu terupdate 2015. Kenapa terupdate? Ya karena terkadang setiap waktu, misalkan saja Google menerapkan Algoritma terbaru yang akibatnya kita juga harus menyesuaikan.

Lebih parahnya, baru aja belajar ngeblog, eh udah merasa hebat. Karena banyak sekali tutorial mengenai SEO, maka harus hati-hati juga. Terkadang tips-tips yang disampaikan bukan dari hasil pengalaman sendiri, cuma sekedar copas dari para master yang lain dan terkadang kita menafsirkan ilmu SEO tersebut kurang utuh. Dampaknya, bukan malah bagus bagi blog kita malah justru sebaliknya. Simak 8 kesalahan dalam optimasi SEO.

2. Jangan Lupakan Promosi

Salah satu media yang bisa kita manfaatkan dalam melakukan promosi terhadap tulisan ataupun blog kita secara umum adalah social media. Misalkan saja facebook, twitter, google+ dan lain-lain. Dengan melakukan promosi, paling tidak orang lain akan mengetahui branding blog kita. Terapkan judul-judul artikel yang membuat orang merasa terusik. Artinya menimbulkan keingintahuan berlebih pada pembaca.

Promosi yang bisa kita lakukan selain cari di atas adalah dengan memasang iklan PPC. Walau mengeluarkan sedikit modal, namun cara ini bisa efektif. Misalkan saja dengan memanfaatkan iklan PPC di Google Adwords.
Salah satu cara lain yang paling efektif meningkatkan promosi blog kita adalah dengan pasang iklan pada situs yang memang sudah benar-benar kredibel dan Sobat percayai. 
Sekali lagi saya tandasakan, carilah situs kredibel. Cirinya sederhana, pengunjungnya banyak, tulisannya bagus dan kaya akan manfaat serta sarat makna yang ada di dalamnya.

3. Tulis artikel yang berkualitas

Hal ini sudah berulang kali kita bahas, bahwa tulisan adalah raja. Dengan tulisan yang bagus, baik dan relefan dengan zamannya, terkenal booming saat ini, akan menambah jumlah pembaca. Psikologi pembaca menjadi fokusnya. Terapkan pula 5 cara menulis artikel yang baik agar disukai pembaca dan ramah mesin pencari. Selain itu, jangan pernah mencoba untuk copas artikel tanpa aturan. Terapkan cara menyadur yang baik. Jika adminya lagi agak sensi, bisa dilaporkan ke DMCA, maka bisa dibanned blog sobat. Ingat bahaya copy paste artikel orang lain.

Cara sederhana untuk membuat artikel yang menarik hati pembaca misalkan:
  1. Buat judul artikel yang paling HOT saat ini
  2. Buat judul artikel yang lagi ngetrend booming saat ini
  3. Buat artikel bertolak belakang dengan kondisi normal dll
Dengan begitu, psikologi pembaca akan terusik dan akan membaca artikel sobat.

4. Sering diskusi dengan para blogger

Istilah ini sering kita sebut sebagai blog walking. Blog walking terbaik adalah dengan para master blogger. Dari aktifitas blog walking terhadap blog berkualitas, tentu kita akan mendapatkan backlink berkualitas. Dengan begitu, trafik blog kita juga akan menjadi lebih baik.

Selain daripada itu, aktifitas blog walking juga akan menambah wawasan dan ilmu blogging kita. Sering diskusi, tanya jawab, memberikan ulasan, pendapat dan saling bertukar informasi menjadi langkah wajib bagi setiap blogger. Ingat jangan menjadi blogger yang sombong dan pelit ilmu lo ya, hehe.

Cara termudah dalam melakukan langkah ini adalah dengan nimbrung pada forum-forum blogger. Salh satunya Forum blogger Indonesia. Gabung aja sob. Selain cara itu, ada juga forum tanya jawab, misalkan saja:
Namun perlu diingat. 10 kesalahan fatal para blogger pemula ketika melakukan blog walking adalah dengan melakukan spamming alias berkomentar spam. Bisa dengan memasukkan link aktif ataupun tidak, berkomentar di luar pembahasan atau OOT (out off topic) dll. Intinya, jadilah seorang pembaca yang baik dan sopan. Ingat bahaya spam terhadap blog kita.

5. Submit Artikel ke Media Social Bookmarking

Langkah ini sering kali saya lakukan. Kalau dulu saya sering melakukan di situs media bookmarikign terkenal, yakni lintas.me. Namun kayaknya saat ini sudah tidak bisa lagi menggunakan situs tersebut. Sobat bisa menggunakan situs media social bookmarking yang lain.

Demikian cara meningkatkan trafik pengunjung blog paling ampuh menurut ane. Dan sobat bisa menambahkannya sesuai dengan pengalaman. Semoga bermanfaat. Salam.
(http://www.forumblogindo.com).*

9 Responses to "Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Paling Ampuh"

  1. meningkatnya trafik blog adalah kepuasan bagi kita blogger (y)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah..puas dah pokoknya.

    ReplyDelete
  3. hheehe makasih pencerahannya bang
    mampir ke blog saya ya bang
    http://solorayatraveling.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. Oh begono, tapi agak kurang mudeng ane om, kira2 apa yg salah dalam blog ane y..emang sech bru sebulan blog ane..msh belajar nie, coba lihat blog ane, sepi bngt pengunjung ny..bahkan tak ada komentar http://dollar2016gratis.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada yang salah om. yang penting konsisten dan mau belajar serta menerapkan ilmu blogging yang sudah diketahui. semoga sukses. salam.

      Delete
  5. Replies
    1. alhamdulillah kalau memang bermanfaat, salam

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel