Cara Backup Data Blog Kamu dengan Mudah - Tips SEO Blog Paling Aman

Cara Backup Data Blog Kamu dengan Mudah - Tips Blog Paling Aman
Melanjutkan artikel yang baru beberapa menit saya posting, berkenaan dengan 25 provider hosting terbaik di dunia tahun 2015, mau tidak mau mungkin sobat akan merasa begitu pentingnya media penyimpanan data blog kita. 

Cara Backup Data Blog Kamu dengan Mudah - Tips Blog Paling Aman
Backup data blog Anda

Alur mekanisme penyimpanan data di dalam situs blog yang kita kelola, dibedakan menjadi dua macam, yakni:
  1. Masih include pada penyedia layanan gratis blog kita
  2. Sudah menggunakan layanan privacy penuh sang pemilik situs
Kedua mekanisme tersebut menjadi hal pembeda antara situs berbayar (menggunakan jasa pihak kedua ataupun ketiga) dengan situs gratisan seperti blogspot dan wordpress. Untuk memahami perbedaan antara blogspot dan wordpress, silakan baca review cara tepat memilih platform blog.

Metode tersebut menjadi sangat penting untuk diperhatikan mengingat ada juga tangan-tangan jahil (jahlun dalam bahasa Arab artinya bodoh) yang tidak suka dengan kita; dan ada kemungkinan mereka akan meng hack situs kita. Akibatnya apa, ya bisa dibayangkan sendiri lah. Itulah salah satu alasan bahwa Mas Sugeng sekarang hanya mempunyai satu blog.

Apa hubungannya dengan judul artikel ini sih mas? Kok muter-muter.

Begini lo. Ketika kita tidak menggunakan layanan hosting full protected sebagai tempat penyedia penyimpanan data seluruh isi (artikel, data dll) dalam blog kita, maka tingkat keamanannya belum bisa terjamin secara penuh.

Salah satu contoh jika sobat menggunakan platform blogger (blogspot) atau wordpress.com (bukan dot org), maka layanan penyimpanan data blog kita masih include dengan platforom tersebut, walaupun sudah dijadikan custom domain.


Itu artinya, jika sobat ingin memegang kendali penuh dalam setiap data pada blog kita, mau tidak mau kita harus menggunakan layanan pihak kedua, yakni membayar provider hosting. Itulah alasan kenapa artikel sebelumnya sudah saya siapkan referensi top 25 provider hosting terbaik di dunia.

Jika sobat masih merasa (mohon maaf) belum berkenan untuk menggunakan layanan jasa tersebut, maka tidak ada jalan lain kecuali menggunakan cara aman dalam menyimpan data kita, yakni dengan melakukan backup data secara rutin.

Istilah "menyimpan" sebenarnya kurang pas jika dikaitkan dengan media online secara terpadu, karena cara ini bersifat kebiasaan dan cara paling mudah.

Cara Backup Data Blog paling Mudah dan Ampuh

Carany cukup mudah kok, yaitu:
  1. Masuk akun blogger (pada dashboard)
  2. Pilih setelan (setting) > lainnya (other) > lihat pada bagian alat blog
  3. Pilih Ekspor > klik unduh blog
  4. Selesai
Data unduh tersebut akan menjadi sebuah file yang berisi seluruh isi data blog kita, meliputi seluruh artikel yang pernah kita tulis. Gunanya untuk apa? Ya tentu untuk pegangan kita saja, ketika situs sobat mengalami down secara permanen alias dihack atau dibanned Google (jika menggunakan platform blogger-blogspot).

Mudah kan?

Demikian cara mudah melakukan backup data blog dengan mudah. Semoga bermanfaat.
Good luck and happy blogging. Salam.

0 Response to "Cara Backup Data Blog Kamu dengan Mudah - Tips SEO Blog Paling Aman"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel