Polling : Lanjut Ngeblog Tanpa Diterima Google Adsense atau Berhenti menjadi Blogger?

Penelitian terhadap para Blogger terhadap langkah yang akan diambil tatkala tidak diterima Google Adsense.
Polling : Lanjut Ngeblog Tanpa Diterima Google Adsense atau Berhenti menjadi Blogger?
Polling Blogger Indonesia
Artikel ini saya tulis bukan dalam rangka menjustifikasi, mengeneralisir para blogger semua. Justru untuk mengetahui seberapa besar respek para blogger terhadap program afiliasi Google Adsense.

Kenapa saya katakan demikian?

Berawal dari beberapa penelitian yang saya lakukan terhadap fenomena rekan-rekan blogger, terutama fokus pada beberapa hasil pencarian melalui Google, terkait beberapa program afiliasi yang paling populer dari beberapa tahun kemraren hingga saat ini.
Hasilnya seperti dugaan, bahwa program afiliasi Google Adsense ternyata menempti urutan tertinggi. Salah satu faktor penyebabnya adalah besarnya pendapatan (komisi) yang diperoleh sebagai imbas ditayangkannya iklan adsense dengan jumlah clik pada iklan tersebut.
Dengan dasar itulah, walaupun hasil penelitian ini tidak saya sampaikan rinciannya secara menyeluruh, bukan karena sesuatu hal, namun karena memang tujuan utamanya adalah mengukur tingkat kepopuleran Google Adsense dibandingkan dengan program afiliasi yang lain.

Oleh karena itu, penelitian kali ini terkait dengan sikap dasar yang dimiliki para blogger, tatkala (berdoa saja tidak) sobat mengalami hal tersebut, yakni belum/ tidak diterima sebagai publisher Google Adsense, apakah sobat akan tetap melanjutkan ngeblog atau berhenti sampai disini?

Topik pertanyaan tunggal ini saya lontarkan karena beberapa hal, diantaranya:

  1. Ada beberapa rekan blogger yang merasa jenuh, jengkel, sebal, mungkin sampai pada tataran putus asa karena sudah bertahun-tahun berusaha mengelola akun Google Adsense yang sudah diterimanya (sudah mempunyai akun GA), namun pendapatannya tidak cukup atau sepadan dengan segala biaya dan waktu yang harus dikeluarkan untuk hal itu. Parahnya lagi, ada juga yang belum pernah mendapatkan pencairan uang karena komisinya masih dibawah ambang batas minimal pembayaran dari pihak Google Adsense.
  2. Ada juga yang lebih parah, beberapa rekan blogger merasa jenuh, jengkel, sebal, mungkin sampai pada tataran putus asa karena sudah bertahun-tahun berusaha mengelola blog namun belum/tidak diterima sebagai publisher Google Adsense. 
Kedua pernyataan dari beberapa rekan blogger diatas memang menjadi sebuah dilema. Disatu sisi sobat ingin memperoleh banyak penghasilan yang memadai dari aktifitas blogging seperti Mas Eka Lesmana; disatu sisi yang lain ternyata tidak semuanya bisa berjalan mulus sesuai harapan. Imbasnya, banyaknya uang yag harus dikeluarkan untuk pergi beli kuota data internet atau pergi ke warnet sekedar untuk menjalankan cerita sukses pribadi masing-masing. Sehingga, muncul rasa keinginan untuk mengakhiri perjalanan mengelola blog dan ingin berhenti menjadi seorang blogger.

Dari latar belakang masalah di atas, tentu kita sebagai seorang blogger, fakta seperti itu tidak bisa kita pungkiri. Mau dibawa ke manapun, aktifitas ngeblog akan selalu berhubungan dengan lima hal, yaitu:
  • Jaringan internet
  • Waktu
  • Tenaga
  • Fikiran
  • Niat
Kembali pada topik penelitian kali ini. Kelima hal di atas tentu saja menjadi kebutuhan dasar bagi setiap blogger.
Oleh karena itu, mau tidak mau jika sobat ingin menjadi seorang blogger (mau sebatas blogger-bloggeran, sekedar ikut-ikutan atau serius), pasti akan membutuhkan 5 hal di atas. Entah menghasilkan uang atau tidak, pasti akan mengeluarkan 5 hal di atas.
Dari hal itulah, saya ingin mengetahui secara real, fakta yang ada melalui bantuan rekan-rekan blogger semua di dalam Forum Blogger Indoneia ini, atau rekan blogger dari manapun, entah blogger dengan platform blogspot atau wordpress.org, untuk memberikan jawaban tentang perntanyaan di bawah ini:

Lanjut Ngeblog Tanpa Diterima Google Adsense atau Berhenti menjadi Blogger? Jika Lanjut / Berhenti alasannya kenapa?

Jawabannya sederhana saja, lanjut atau berhenti. Tentu sobat harus memberikan alasan yang relevan dengan jawaban. Dari hasil jawaban rekan-rekan blogger di manapun berada akan saya jadikan rujukan dalam proses kesimpulan.

Contoh:

“Lanjut, karena ngeblog itu menyenangkan. Bisa menjalin silaturrohim dengan rekan blogger lain”.
Atau

“Berhenti, lha daripada ngeluarin uang terus untuk biaya ke warnet”

Dan lain-lain….

Proses hasil kesimpulan akan saya kategorikan menjadi dua hal pokok, yakni :
  1. Sikap seorang blogger tatkala tidak diterima Google Adsense
  2. Menampilkan beberapa alasan ngeblog dari para blogger
Sehingga, kesimpulan dari penelitian ini akan berisi dua hal pokok di atas. Harapannya, setelah mengetahui hasil penelitian ini, kita akan mengetahui sebenarnya niat utama para blogger itu apa, serta langkah apa yang akan dilakukan apabila belum/tidak ditetima sebagai publisher Google Adsense. Dengan begitu, kita sebagai seorang blogger Indonesia akan memiliki gambaran secara fakta, fenomena sosial ekonomi di Negara kita.

Partisipasi rekan-rekan blogger semua sangat saya harapkan. Jawaban bisa dimasukkan ke dalam kolom komentar, dan tentu akan saya data mulai artikel ini saya terbitkan sampai beberapa waktu kedepan. Sobat bisa share/ bagikan infomasi ini sebagai langkah konkrit partisipasi rekan-rekan, guna menambah sampel data dari penelitian ini. Semakin banyak data akan semakin bagus hasilnya. Target saya dalam penelitian ini adalah 100 orang dalam waktu 1 minggu, dimulai sejak polling ini saya sampaikan.
Jawaban juga bisa disampaikan melalui contact di dalam situs ini. Dan untuk mempercepat hasil quick count, sobat bisa berpartisipasi melalui Vote di bagian sidebar situs ini.
Demikian informasi terkait penelitian ini. Begitu besar harapan saya, akan partisipasi sobat blogger di manapun berada. Mari kita bangun peradaban bangsa ini melalui revolusi mental para blogger untuk kemajuan pembangunan Negara kita. Dari hasil penelitian inilah akan menjadi tonggak sejarah perubahan mulai diri sendiri, mulai saat ini, dan mari kita lakukan. Sala blogger, semoga bermanfa’at.
Note:Mohon kepada rekan-rekan untuk menyebarkan polling ini guna menambah kevalidan hasil yang diperoleh. Terimakasih
Simak juga ulasan lengkap berdarkan fakta, tentang : besar mana pendapatan para blogger dengan anggota DPR?

15 Responses to "Polling : Lanjut Ngeblog Tanpa Diterima Google Adsense atau Berhenti menjadi Blogger?"

  1. Replies
    1. jenengan pendapatnya apa mas? kok kosong komentarnya...

      Delete

  2. “Lanjut, karena ngeblog itu menyenangkan. Bisa menjalin silaturrohim dengan rekan blogger lain”.

    ReplyDelete
  3. ane kebetulan ngeblog itu buat nyari duit karena kepepet mentok banget isi dompet kosong,,wkwkkwkw ya intinya kalo dulu2 ketolak GA mungkin gak semangat kayak sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. diisi duit sendiri gan kalo dompet kosong, hehe..semangat

      Delete
  4. tetap semangat walaupun belum bisa di terima sama google adsense gan :)

    ReplyDelete
  5. saya juga sedang dalam tahap review ke 2 semoga sajah di terima mohon doanya kang mas

    www.wirid.id

    ReplyDelete
  6. lanjut gan, blogger itu adalah seni bukan soal uang, kalau memang cuma untuk uang kita bisa jualan langsung buat apa capek-capek ngarepin bayaran dari google, saya juga tidak pasang adsense di blog saya, tetapi blog saya tetap update setiap hari, bahkan penulis di blog saya tidak cuma saya aja boleh d cek di www.imammunandar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super sekali...ibarat kata, dengan seni hidup jadi indah..tanpa seni,hidup jadi hampa,hehe..salam

      Delete
  7. Lanjut,
    Sy paling jengkel sebenarnya 2 tahun belum lolos adsense. :(

    Tapi sy ada niat berbagi manfaat melalui tulisan, entah dibayar adsense atau tidak. Sy percaya bahwa kebaikan harus disebarkan. Kebaikan harus disampaikan.

    Blogger sejati tidak dinilai dri uang yg dia terima. Tp dr seberapa besar niat dia menulis.

    Sy masih ingat kata2 mas Pramodya Ananta Toer:
    "Orang yang tidak pernah menulis maka dia akan hilang dari Sejarah.."

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali mas.."seperti kata guru saya, orang sukses adalah orang yang mampu berbuat baik wlaupun sekecil apapun kepada orang lain".

      semangat mas

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel