SEO Blog Itu Gak Penting untuk Dilakukan

tips seo blog paling populer 2015
Pentingkah SEO bagi Blog Kita?
Buat apa menerapkan SEO, malah bikin pusing. Secara gitu, banyak buanget aturan dan terapan ilmu yang mesti dilakukan.

Tengok saja situs-situs besar yang menerangkan buanyak bingit panduan SEO. Mesti gini, mesti gitu, begono dan begitu. Banyak banget deh aturanya. Malah-malah, banyak juga mastah yang mengatakan, "salah nerapkan SEO, jadi amblek deh trafiknya".

Pandangan itu memang tidak bisa kita pungkiri. Pendapat-pendapat para blogger yang memberikan penilaian tentang SEO.

Bahkan ketika saya membaca salah satu artikel dari Maxmanroe, ada juga praktisi internet marketer yang mengatakan SEO itu tidak penting.

Sobat bisa juga menengok beberapa alasan para blogger dalam sebuah forum diskusi blogger, saking terlalu banyaknya aturan SEO, yang ada malah males nulis karena terlalu berkutat dengan SEO. Mulai dari pemilihan template SEO, cara menulis artikel SEO, cara SEO paling jitu untuk meningkatkan trafik di mesin pencari dan masih banyak lagi pembahasan lainnya seputar tips SEO blog.

Berbagai macam asumsi dan pandangan tentang tips SEO blog di kalangan para blogger memang beragam. Ketika kita mulai menyimpulkan, tidak serta merta semua pendapat itu salah. Ketika kita fokus pada satu hal saja, yang ada waktu kita akan terbuang percuma.

Namun apakah benar bahwa anggapan tips SEO blog itu tidak penting?

Sebelum melangkah lebih jauh, lebih baik kita membahasa sedikit tentang apa itu SEO. SEO atau Searc Engine Optimization merupakan sebuah cara yang perlu dilakukan dengan tujuan situs blog atau website yang kita kelola dapat dikenali, dibaca, diindeks dan masuk dalam fokus pencarian mesin pencari (search engine).

Dengan kata lain, SEO merupakan teknik membuat blog kita bisa dikenali dan terindeks oleh mesin pencari. Mesin pencari juga beragam, bisa Google, Yahoo, Bing, mystart dan lain-lain. Dari beberapa contoh alat mesin pencari tersebut tentu memiliki popularitas berbeda. Misalkan saja Google yang memang masih menjadi nomor wahid dalam tingkat populer di seluruh dunia.

Fokus SEO pada blog itu apa aja?

Jika kita melihat makna SEO secara umum di atas, tentu akan muncul beberapa pertanyaan. Sebenarnya yang menjadi fokus utama SEO pada blog itu apa aja, kok bisa menjadi syarat utama agar blog dikenali dan diindeks oleh mesin pencari?

Begini sob. Secara sederhana, ada dua hal pokok yang menjadi trend mesin pencari saat ini, sebagai fokus utama dalam menilai sebuah situs website atau blog bagi mesin pencari, seperti:
  1. Desain template
  2. Kualitas konten
Kedua hal pokok tersebut menjadi sorotan utama dalam hubungannya dengan SEO. Ketika kita berbicara SEO terhadap sebuah template blog, tentu akan ada hubungannya dengan beberapa hal lain, seperti:
  1. Responsive atau mobile friendly
  2. User friendly
  3. Fast loading
Walaupun dari ketiga parameter tersebut masih ada juga master blogger berpendapat tentang valid html dll. Namun untuk sekarang ini ada juga yang mengatakan bahwa template SEO valid html tidak menjadi pertimbangan utama lagi. Yang tak kalah penting dalam memilih template blog adalah responsive design. Dikatakan responsive template tidak tanpa alasan. Salah satu faktor mendasarnya adalah adanya algoritma terbaru Google, yakni MobileGeddon.

Tidak jauh berbeda dengan responsive, fast loading template juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Bagaimana tidak jika, kita selaku user akan merasa enggan untuk membuka sebuah situs yang sangat lelet. Jika demikian, akan terjadi peningkatan bounce rate pada blog kita. Simak juag cara mudah mempercepat loading blog.

Jika itu yang terjadi, secara otomatis mesin pencari akan menilai situs kita sangat jelek. Masih ingatkan alasan blog kamu super jelek banget?

Untuk memahami ketiga istilah di atas, silakan simak cara benar dalam memilih template.

Lalu bagaimana dengan kualitas konten?

Kualitas konten di sini tidak boleh dianggap remeh. Jika kita membuat sebuah artikel dengan kualitas jelek, yang ada malah meninkatkan bounce rate seperti yang saya katakan tadi. Lha artikel berkualitas itu seperti apa sih?
Artikel berkualitas itu (menurut pandangan Ane_Red) adalah sebuah artikel yang memang berisi sesuatu hal yang bermanfaat, menemukan solusi permasalahan serta menggunakan gaya bahasa yang sepadan dengan isi bahasan.
Jika kita berpedoman pada asas kemanfaatan, maka kelihatannya kita mengesampingkan mesin pencari. Namun pada dasarnya bukan seperti itu adanya. Mesin pencari seperti Google akan melihat secara simultan terhadap sebuah artikel yang kita buat, bisa berdasarkan beberapa faktor:
  1. Jumlah kata dalam setiap artikel
  2. Tingkat relevansi isi artikel
Untuk lebih jelasnya silakan baca ciri artikel berkualitas.

Tidak mungkin juga artikel yang isinya mengulas masalah, memberikan solusi dan penjelasan secara rinci hanya terdiri dari jumlah kata yang sedikit. Pastinya akan terdiri beberapa paragraf. Kecuali memang fokus blog atau situsnya adalah tips sederhana saja yang tidak memerlukan penjabaran lanjut. Dengan dasar itulah, banyak master blogger yang menjabarkan secara detali cara menulis artikel berkualitas, atau cara meningkatkan SEO blog dengan artikel berkualitas.

Walaupun secara teori kelihatannya mudah, namun ternyata masih ada juga sobat blogger yang melakukan kesalahan fatal dalam menulis artikel blog. itulah sebabnya kita juga perlu hati-hati agar blog kita tidak kena Google Sandbox.

Kesimpulan

Ketika sobat membaca beberapa ulasan di atas, setidaknya kita sudah mempunyai gambaran, apakah SEO blog itu penting atau tidak. Namun buat saya, SEO tidak sekedar utak-atik dalam template, namun seberapa jauh usaha kita dari segi eksternal dengan tujuan meningktakan trafik blog kita bisa maksimal. Faktor eksternal contohnya segi marketing. Istilah ini sering siebut sebagai SEO off pages.

Jika kita menggunakan pendalaman dengan mempercantik, memperbagus dan memperhebat blog kita dari dalam, baik dari segi tampilan (pemilihan template yang benar dan sesuai Algortima mesin pencari), inilah yang lebih dikenal sebagai SEO Onpages. Intip aja tips SEO onpages terpopuler 2015.
Perpaduan antara SEO onpages dan off pages menjadi sangat handal dalam membuat blog berkualitas. Namun, kesalahan fatal dalam optimasi SEO blog harus dihindari.
Demikian ulasan pagi ini tentang tips SEO blog. Semoga bermanfaat. Tengok juga template blog super SEO tahun 2015 dari Mas Sugeng.

Salam.

11 Responses to "SEO Blog Itu Gak Penting untuk Dilakukan"

  1. kata anda memang begitu, tapi tanpa seo blog takkan muncul di mesin pencari

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang saya bilang apa mas, hehe

      Hapus
    2. Tanpa seo website masih bisa di kenali mesin pencari gan :D asalkan umur blog sudah tua :D

      Hapus
  2. Ini baru post yang SEO Gan , karena membicarakan SEO. hhh

    BalasHapus
  3. Menulis artikel bagian dari SEO,dan blogwalking juga bagian dari SEO jadi SEO itu tak akan pernah lepas walau pun kita tidak menyadarinya..begitu sih pendapat saya,ya kan Mas..hee

    BalasHapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel