Revolusi Mental Para Blogger – Do it Now !!!

Ngeblog Tak Sekedar Posting, namun Bermanfaat

Dari beberapa ulasan rahasia sukses Mas Eka Lesmana bagian pertama kemarin, kita sudah banyak belajar beberapa hal pokok yang menjadi skala prioritas untuk memperbaiki, meningkatkan serta memperbagus kualitas blog atau situs yang saat ini dikelola.
Revolusi Mental Blogger Indonesia
Revolusi Mental Blogger Indonesia
Seperti halnya ketika kita mempunyai sebuah proyek besar maupun dalam skala kecil, tentu salah satu agenda managemen yang baik adalah melakukan revitalisasi dan evaluasi terhadap segala kemungkinan yang bisa menyebabkan hasil yang diinginkan menurun. Bisa jadi karena ada kesalahan metode, cara atau dalam hal marketing (pemasaran).

Kenapa hal ini perlu saya sampaikan?
Karena pada dasarnya, siapun itu, baik pelaku bisnis kalangan bawah sampai professional, lebih tepatnya ketika saya mengatakan para blogger pemula ataupun para senior blogger, seperti halnya Mas Eka Lesmana atau Mas Sugeng, atau Mbak Indri pengelola situs Juragan Cipir yang terkenal itu, atau mungkin sekelas situs Maxmanrow, semuanya pasti dilandasi dengan basis pengelolaan yang tepat.

Prinsip Revolusi Mental para Blogger 2016

Tidak serta merta mereka bisa memperoleh hasil maksimal secara instan, tiba-tiba jatuh uang dolar satu karung. Semuanya memang butuh skala pengelolaan sesuai dengan pendalaman ilmu blogger yang telah dimiliki dari pembelajaran yang telah dikenyam semasa study.

Study di sini bisa juga dimaksudkan belajar secara terpadu dengan mengeluarkan uang kepada para senior mastah blogger. Atau bisa juga dilakukan dengan hanya belajar secara personal dengan giat membaca dan berdiskusi, melalui situs-situs atau blog yang memang berisi hal yang bermanfaat, seperti halnya situs ini misalkan.

Tanpa mau belajar, diskusi dengan orang yang sekiranya mengeti dan tahu tentang ilmu blogger, orang yang bisa memberikan masukan, tanpa perlu memandang latar belakangnya, kita tidak akan mungkin berhasil. Hal inilah yang dilakukan dan menjadi saran Mas Sugeng selaku orang yang memang sudah professional dalam mengelola sebuah bisnis online (dalam hal ini masalah blog).

Jika dinilai dari perspektif umum, sebenarnya yang saya ucapkan adalah hal yang wajar dan bisa dilakukan dalam hal apapun, tidak sekedar berbicara masalah blog saja. Oleh karena itu, hal utama yang mesti kita lakukan untuk memulai lembaran baru dalam mengelola sebuah usaha, bisnis (Bahasa kerennya), maka dengan membuat sebuah panduan parameter tunggal secara sederhana.

Lebih simpelnya, jika kita sudah memiliki sebuah situs atau blog, kita harus tahu hasil evaluasi yang telah dilakukan. Secara sederhana saya tuliskan beberapa alur metodologinya:
  1. Lakukan evaluasi
  2. Segera benahi beberapa masalah atau problem dari hasil evaluasi
  3. Tentukan target minimal
Tiga hal pokok tersebut saya maksudkan, jika sobat sudah berpijak pada artikel tentang Rahasia Sukses Mas Eka Lesmana dan Juragan Cipir. Dari pijakan tersebut, paling tidak sobat bisa segera melakukan dua hal dasar di atas. Namun perlu diingat, hal di atas hanya berlaku bagi sobat yang sudah memiliki blog, baik baru atau sudah lama.

Jika memang belum mempunyai sebuah blog sekalipun, maka lebih banyak hal yang mesti diperhatikan, dan tentu saja kita harus segera bangkit dan membuat blog baru sesuai dengan dasar tujuan, kemahiran ilmu yang dimiliki, serta target minimal.

Sebagai contoh, kita lihat sample kasus di bawah ini.

Dalam artikel rahasia sukses Mas Eka Lesmana disebutkan, salah satu faktor penting dalam pengelolan dasar blog adalah pemilihan desain template yang tepat. Maksudnya, pemilihan template yang benar akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan serta peningkatan blog kita baik dimata mesin pencari Google atau user (pembaca blog kita).
Jika kita salah memilih template walau dengan kualitas konten yang bagus, bisa dipastikan 90% blog sobat tidak akan mempunyai trafik yang bagus. Logikanya begini. Sobat ingin membuat sebuah situs penjualana online sebuah produk, seperti HP atau sepeda motor. Sangat tidak tepat jika sobat memilih template blog yang sifatnya dan lebih cocok untuk blog personal yang hanya mengedepankan artikel sebagai obyek utama. Tentu langkah yang tepat adalah dengan memilih template tok online seperti halnya situs lazada.co.id. Dengan adanya fitiur flow chart (system pembayaan otomatis) yang terintegrasi dengan paypal dll.
Saya kira contoh tersebut bisa mewakili persepktif masalah yang lain.

Proses membangun pola piker untuk menerapkan tigal dasar di atas saya sebut sebagai revolusi mental para blogger. Kenapa demikian? Pola piker blogger saat ini tidak bisa disamakan dengan waktu kemarin. Faktanya adalah revitalisasi dan perkembangan Algoritma Google selalu berganti tiap waktu. 

Terkadang tidak sampai tahunan, bulan dan hari saja bisa terjadi. Jika sikap resolusi mental para blogger Indonesia masih berkutat dengan hal yang tidak relevan, bisa dipastikan kita akan tergerus arus MEA (Masyarakat Ekonomi Asia).

MEA akan menjadi sebuah ajang perjuangan menyeluruh umat manusia. Setiap orang bisa leluasa keluar masuk di setiap Negara. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap masalah social politik serta unsur pembangunan sebuah bangsa. Jika kita sebagai generasi pembangun sudah malas belajar, yang ada kita menjadi penonton tidak bisa menjadi pelaksana utama.

Jangan sampai pola piker para blogger seperti kita menjadi pasif, mati akan gerusan Dolar saja, namun juga merubah paradigm berfikir yang lebih progresif, melalui ide, gagasan dan ilmu yang bisa kita tuangkan dalam setiap artikel di blog kita. Dengan harapan, selain dapat duit, ternyata ngeblog juga menyenangkan. Prinsip itulah sebenarnya yang ingin saya bangun untuk pribadi saya sendiri, umumnya kepada rekan blogger semua.

Kesimpulan

Dengan demikian, revolusi mental para blogger saat ini harus segera bangkit. Seperti halnya revolusi mental sebagai salah satu program dan slogan Pak Jokowi Widodo, terbukti dengan dihidupkannya kembali situs Kepresidenan RI. Dengan sikap revolusi mental para blogger yang lebih maju, saya yakin proses peradaban blogger Indonesia akan semakin maju, mengembalikan kedikjayaan para blogger saat ini.

Sekian sedikit motivasi kita bersama tentang kewajiban segera bangkit merubah paradigm berfikir kita sebagai seorang blogger. Revolusi mental yang kokoh akan menjadi pondasi dasar sebagai seorang blogger, yang nantinya dari aktifitas ngeblog terebut tidak sekedar berfikiran tentang dolar, namun juga tentang kemajuan bangsa Indonesia ini. Tengok aja kebiasaan para blogger saat ini. Hanya berkeinginan meraup "batas terendah" dari suatu pencapaian, hingga rela membayar orang untuk menulis dan mengisi artikelnya.
Bahasa ekstrimnya, kalau gak mau nulis, lebih baik jangan jadi seorang blogger.
Seraya menulis, bersilaturrohim melalui Forum Blogger Indonesia ini, harapannya bisa memberikan kemanfa’atan kepada kita semua. Terlepas dari segala materi yang harus kita keluarkan, seperti pulsa paket, atau membayar uang tertentu ke warnet, namun pada akhirnya dengan niat yang tulus, ikhlas dan tujuan mulia tholabul ‘ilmi (mencari ‘ilmu) serta silaturrohim, semuanya akan mendatangkan rizki (materi/uang, kesehatan, keluarga sakinah dll) akan dating tanpa kita sangka, aamiin.

Untuk partisipasi secara nyata, silakan sobat turut serta dalam Polling Google Adsense.

Semoga bermanfaat. 

1 Response to "Revolusi Mental Para Blogger – Do it Now !!!"

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia