3 Cara Membuat Trafik Pengunjung Blog Stabil Bahkan Naik

3 Cara Membuat Trafik Pengunjung Blog Stabil Bahkan Naik
Cara Membuat Trafik Pengunjung Stabil - Sudah menjadi hal yang wajar, bahwa salah satu kesulitan sebagai seorang blogger adalah jarang posting artikel.

Faktornya bermancam-macam, bisa karena malas menulis, gak punya ide (gagasan), memang belum mahir menulis, atau gak bidangnya untuk menulis.

Banyak sekali faktor yang mendasari jarang postingnya seorang blogger. Dengan alasan, atau mungkin lebih umum dikatakan "fenomena" tersebut, maka munculnya peluang menjadi seorang writer (penulis artikel). Tak tangung-tangung, bisa dengan komisi yang tidak sedikit. Kalau tidak percaya, silakan saja cari di Google dengan kata kunci "penulis artikel". Akan banyak sekali layanan penjualan artikel.

Baca juga 5 cara menulis artikel agar disukai pembaca.

Namun demikian, apakah sebenarnya hal itu tepat dilakukan sebagai seorang blogger? Saya sendiri sih kurang sreg sih kalau harus beli artikel. Alasannya sederhana, masak kiita harus beli, ngeluarkan uang kan mestinya. Belum lagi mesti mikir bayar hosting atau domain, riber deh. Mending latihan nulis artikel sendiri entah hasilnya seperti apa, yang penting hasil kreatif pribadi, hehe.

Baca juga alasan blog kamu super jelek sekali.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah,
Apakah ada pengaruhnya jarang update artikel terhadap trafik pengunjung blog kita?
Hal itulah yang sebenarnya ingin kita diskusikan kali ini. Bagaimana dengan pendapat sobat?

Cara Membuat Trafik Pengunjung Stabil Walau Jarang Menulis Artikel

Berawal dari situlah, di sini akan saya coba ulas bagaimana caranya membuat trafik pengunjung bisa stabil, walaupun kita jarang sekali update artikel? Ya seperti di awal muqoddimah di atas tadi, menuls artikel bukanlah hal yang gampang untuk sebagian orang. Seperti saya ini misalnya. Kalau lagi mood, ya mungkin 3 hari sekali bisa nulis. Kalau gak? Ya males dah, hehe.

Walau situs ini termasuk jarang banget update, gak banget sih, Tapi lebih tepatnya gak konstan updatenya, saya amati pengunjung situs ini selalu stabil tiap harinya, bahkan naik secara perlahan. Ya mungkin sekitar ribuan. 

Oleh karena itu, akan sedikit kita bagi konsep pengelolaan situs Forum Blogger Indonesia ini kepada rekan-rekan pembaca semua. Secara sederhana, berikut ulasannya.

1. Selalu Fokus dengan Niche Blog Kita

Untuk mempersempit pola pikir yang kemana-mana, gak konsen dengan apa yang akan kita tulis, ada baiknya sobat fokus dulu dengan topik blog yang sobat buat. Misalkan saja sobat membuat blog tentang topik Ponsel Android. Fokus saja dengan pengamatan type blog terbaru, daftar harganya, bagaimana spesifikasi dll.
Dengan hanya fokus pada niche blog tersebut, sobat akan lebih mudah dalam mengatur managemen pengelolaan penulisan artikel di dalamnya. Jadi tidak perlu memikirkan jenis topik lain yang terlalu luas. Dengan begitu, sedikit banyak akan mempermudah sobat dalam menemukan ide ketika akan memulai menulis.
2. Tulis Artikel yang Bersifat Tidak Lekang akan Waktu

Istilah kerennya adalah membuat artikel yang tidak mudah "basi" atau "evergreen content". Konten artikel yang tidak mudah lekang dengan waktu itu maksudnya, mau dibaca kapanpun artikel tersebut, tentu masih bisa dinikmati, relevan dengan keadaan waktu saat ini, sesuai dengan apa yang diharapkan pembaca.

Misalkan saja, sobat mencari "update anti virus". Tentu sobat akan segera beralih dari suatu situs, jika sobat menemukan artikel yang sudah lama dimuat. Itu artinya, keterbaruan artikel menjadi salah satu hal pokok yang disukai pembaca.

Lalu bagaimana caranya membuat artikel yang tidak mudah "basi" alias relevan setiap waktu? Menurut  pengalaman saya, buatlah artikel dengan klasifikasi di bawah ini:
  1. Artikel tips, panduan atau tutorial penjelasan sesutu hal
  2. Artikel yang memuat "list" atau "daftar" atau "kumpulan"
  3. Artikel yang hanya menyesuaikan topik blog saja
Sobat akan banyak menemukan artikel di situs ini yang memuat ketiga kaidah di atas. Misalkan saja seperti artikel di bawah ini:
dan masih banyak lagi. Beberapa contoh artikel di atas hanya sekedar sample atau contoh. Jika sobat menerapkan pola tersebut, mau dibaca kapanpun juga akan masih tetap relevan sesuai dengan kondisi zaman. Kalaupun ada perubahan, saya kira tidak terlalu signifikan.

3. Selalu belajar dan memperbaiki Artikel yang sudah ada

Hal ini juga menjadi andalan saya. Walaupun tidak terlalu konsisten menulis, namun saya sering melakukan perbaikan pada artikel yang telah lama dimuat.
Misalkan saja dengan memperbaiki kosa kata, tata bahasa, editing gambar, perbaruan tips (jika ada) menyesuaikan dengan konteks waktu saat ini dll.
Walaupun kelihatannya sederhana, namun cara yang satu ini sangat bagus  untuk membuat trafik blog sobat konstan, bahkan malah naik secara signifikan. Contoh sederhananya ya situs ini.

Misalkan saja saya menemukan template blog SEO killer terbaru, langsung saja saya perbaharui artikel lama yang memang ada kaitannya dengan konteks artikel tersebut sesuai dengan kebaruan informasinya.

Demikian sedikit informasi dan dibilang sebagai suatu "ilmu khusus" yang saya terapkan di sini. Ya walaupun bisa dibilang situs ini tidak sepopuler Mas Mbak para Senior blogger, namun menjadi sebua kebanggan tersendiri bagi Ane sudah mewujudkan situs ini.

Semoga dengan 3 Cara Membuat Trafik Pengunjung Blog Stabil Bahkan Naik ini bisa menjadi inspirasi ngeblog sobat. Demikian semoga bermanfaat, salam.

4 Responses to "3 Cara Membuat Trafik Pengunjung Blog Stabil Bahkan Naik"

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia