Kenapa Harus SEO, Tidak yang Lain - Metode Menaikkan Trafik

Picture: searchengineland.com
Kenapa Harus SEO untuk top rangking Google, Tidak yang Lain?

Artikel di bawah ini mungkin hanya sekedar ulasan sederhana, berisi beberapa hal yang mungkin membuat orang selalu belajar, bahkan dengan rela setiap hari memperhatikan panduan SEO dasar blog dan seterusnya.

Kalau mau jujur, kemungkinan besar alasannya cuma satu, yakni ingin memperoleh blog dengan trafik yang tinggi. Tidak muluk-muluk, namun bercita-cita besar. So, bagaimana pandangan para blogger secara umum mengenai hal itu, silakan simak ulasan di bawah ini.

Alasan Kenapa blog kita harus bertrafik tinggi

Ya sudah sewajarnya bahwa setiap blogger menginginkan trafik tinggi terhadap situs yang ia kelola. Khususnya bagi seorang pelaku bisnis online, atau publisher Google Adsense atau bisnis afiliasi yang lain. Mereka berupaya semaksimal mungkin untuk mengejar itu semua.

Namun secara ilmu “perbloggeran”, tahukan sobat kenepa mereka memilih SEO, walaupun tidak sedikit yang memilih menggunakan metode lain dalam menaikkan trafik blog?

Metode Menaikkan Trafik sebuah Situs/ Blog

Ketika kita berbicara sebuah trafik terhadap sebuah situs atau blog, tentu hal itu akan berkolerasi dengan cara atau metode yang digunakannya. Sebenarnya, sobat bisa saja menaikkan trafik blog yang Anda kelola tidak menggunakan SEO, bahasa ekstrimnya “SEO itu gak penting untuk dilakukan”. Banyak sekali cara, metode yang bisa kita lakukan dalam menaikkan trafik blog denga mudah, diantaranya adalah dengan memaksimalkan media sosial.

Tanpa kita sadari, media sosial merupakan sebuah “tempat” yang memang saat ini sangat menjamur di seantero jagat raya. Siapa yang tidak kenal dengan Facebook, Twitter, Pinteres, Linkedin atau media sosial lainnya. Semua itu bisa menjadi sebuah tools yang akan membantu kita dalam menaikkan trafik blog kita.

Tengok saja, misalkan kita menggunakan Facebook. Seperti artikel saya kemaren dengan judul “Kalau gak mau nulis, jangan jadi seorang blogger”. Artikel tersebut berisi sebuah contoh kasus, yang ternyata di dalam media sosial ada seseorang yang menawarkan layanan sebuah jasa dengan harapan akan memperoleh pembeli (konsumen). Endingnya pasti profit, uang atau materi yang menjadi tujuannya.

Itu artinya, media sosial memang bisa menjadi salah satu tools alat untuk memperkenalkan blog kita, artikel kita, bahkan produk kita sendiri. Jika sobat memiliki blog, tentu makna “produk” adalah artikel sebagai obyeknya. Dengan begitu, maka orang akan banyak yang melihat blog sobat. Endingnya, jika kualitas artikel sobat bagus, maka akan banyak orang yang membacanya. Jika tidak, ya mungkin hanya sebatas melihat iklan yang sobat luncurkan.

Jika sobat menggunakan layanan seperti itu, maka lebih umum disebut sebagai metode Advertising. Jika menggunakan faceebok, ya facebook Advertising dan seterusnya.

Jadi, sebenarnya metode yang bisa kita lakukan dalam menaikkan trafik blog ada banyak sekali, selain SEO juga bisa melalui Advertising. Jika demikian, kenapa artikel ini berjudul kenapa harus SEO, tidak yang lain?

Alasan Menggunakan SEO untuk Menaikkan Trafik Blog

Untuk memperjelas pembahasan seterusnya ini, alangkah lebih baiknya sobat memahami terlebih dahulu pengertian SEO secara benar. Kenapa saya katakan demikian? Terkadang banyak diantara para blogger, entah sedikit atau banyak, masih ada yang salah dalam memaknai SEO itu sendiri. Jika salah dalam menafsirkan makna SEO, secara otomatis akan berdampak fatal terhadap keberlangsungan blog sobat. Tidak sekedar trafik, namun juga terhadap pendapatan sobat (jika tujuan ngeblog untuk mencari uang).

Silakan fahami dampak fatal kesalahan optimasi SEO blog.

Dari paparan tersebut, begitu pentingnya memperhatikan bahwa sebenarnya penerapan SEO yang benar, akan berdampak bagus bagi keberlangsungan kualitas blog sobat. So, jangan melakukan kesalahan fatal dalam optimasi SEO.

Jika dirunut kembali ke belakang, salahkah ketika orang berbicara SEO itu tidak penting untuk dilakukan?

Sambil berdiskusi tentang topic artikel ini, kita akan mencoba mengulas pertanyaan di atas yang memang saya tulis kedalam sebuah artikel yang menjadi bahan perbincangan di kalangan para blogger tentunya. Hal itu terlihat ketika saya membuka komentar di antara rekan-rekan, banyak yang mengatakan “tanpa SEO blog sobat tidak akan mempunyai trafik” dan berbagai tanggapan lainnya.
Namun apakah benar demikan? Apakah dengan SEO blog kita akan mempunyai trafik? Ataukah dengan tanpa SEO blog kita juga bisa mempunyai trafik?
Jika kita memaknai SEO hanya sekedar tindakan yang berujung pada pemikiran “settingan” dasar terhadap blog kita, maka sebenarnya hal itu belum cukup untuk mengatakan tanpa SEO blog tidak akan mempunyai trafik.

Misalkan saja. Jika sobat mempunyai uang banyak, dan mencoba membuat terobosan baru dengan cara memasarkan produk barang atau jasa yang tentunya dinilai sebagai sebuah inovasi terbaru, banya dibutuhkan orang, maka tanpa menerapkan SEO ke dalam situs perusahaan tersebut seperi “pemahaman sobat” tadi, bisa dipastikan 90% akan terjual dengan baik.

Perusahaan tersebut hanya perlu melakukan penayangan iklan melalui media sosial saat ini, bisa facebook, twitter atau dengan membayar situs besar seperti detik, kompas, kaskus, atau situs besar lainnya; atau dengan menayangkan iklan di televisi; atau di media cetak, tanpa melakukan SEO apapun, tetap saja situs yang dimiliki perusahaan tersebut akan eksis. Sekali lagai saya tandaskan, SEO dalam contoh kasus tersebut ketika dimaknai hanya sebatas settingan dasar pada blog, tanpa mendalami makna SEO secara benar.
Oleh karena itu, kembali saya camkan, bahwa SEO sebenarnya tidak sekedar settingan dasar blog atau situs, namun juga terkait pola pikir, revolusi mental para blogger, penerapakan komunikasi yang baik yang tertuang kedala sebuah artikel berkualitas dan masih banyak lagi.
Itulah salah satu alasan kenapa SEO itu tidak sekedar setting dasar sebuah blog. Namun lebih pada berupaya bagaimana caranya dengan pemahaman akan cara kerja search engine serta menurutinya sebagai pokok terindeksnya sebuah blog, disertai dengan mentode penginformasian kepada publik bakwa artikel yang kita buat memang layak untuk dibaca, dinikmati dan di sebarkan kepada khalayak.

Saya kira demikian ulasan singkat mengenai tips SEO blog terbaru. Khususnya tentang alasan kenapa harus SEO tidak yang lain. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Kenapa Harus SEO, Tidak yang Lain - Metode Menaikkan Trafik"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel