Pemahaman yang Salah Tentang Makna "Blogger"

Pemahaman yang Salah Tentang Makna "Blogger"
Pemahaman yang Salah Tentang Makna "Blogger" 

Sering kali kita mendengar banyak sekali ulasan oleh para internet marketing, atau bahkan bagi seorang pemula sekalipun yang kesehariannya berkutat dengan blog. Entah tulisan tersebut menjelaskan sesuatu hal yang berkenaan dengan blog, website atau situs online apapun.

Sering kali juga kita mendengar istilah template blogger, theme blogger, atau template blogspot atau template wordpress. Hal itu mungkin terdengan tidak asing bagi para pembaca situs ini. Namun demikian, tahukah kita akan sebenarnya makna kata blogger secara benar?

Pemahaman yang Salah Tentang Makna Kata "Blogger"

Untuk membuka ulasan dan penjelasan kali ini, saya mengutip dari salah komentator (orang yang berkomentar) di situs Forum Blogger Indonesia ini, seorang yang mengaku "bukan seorang blogger". Hal itu berawal ketika saya memberikan masukan dan arahan kepada orang tersebut, agar tidak melakukan aktivitas autoblogger (seseorang yang membuat autoblog dengan tujuan menyedot/ menampilkan artikel secara otomatis ke situs yang dikelola tersebut). 
Dalam penjelasannya, ia berdalih bahwa ia bukan seorang blogger.
Sekilas, mungkin menurut pandangan sobat alasan tersebut ada benarnya, karena mungkin beralasan bahwa situs yang digunakan oleh orang tersebut berplatform wordpress atau apalah selain daripada blogspot.

Namun apakah benar demikian cara pandang mengenai istilah kata blogger?

Ketika saya mencoba mencari referensi lain, yakni dari wikipedia, makna kata blogger identik dengan dua hal, yakni:

  1. Narablog
  2. Blogger.com
Narablog merupakan (istilah baku: pengeblog adalah penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun kelompok, dalam aneka kategori pembahasan.

Sedangkan Blogger.com – layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki Google.

Menurut pandangan saya, dari hasil tersebut tidak ada sama sekali penjelasan runtut dan pasti mengenai makna kata blogger.
Namun, jika merunut hasil dari penjelasan wikipedia di atas, kita hanya memahami dua hal, yakni kata blogger tidak bisa disamakan dengan blogger.com.
Kata blogger merujuk pada sobyek, yakni pelaku, atau orang yang secara definitif melakukan suatu kegiatan/ aktifitas yang berkenaan sebagai penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah wadah yang dinamakan blog.

Dalam arti, hal ini akan merujuk pula pada setiap orang, yang memang secara signifikan dan implisit melakukan aktifitas menulis dan publish ke khalayak dengan wadah blog, maka bisa disebut sebagai seorang blogger.
Terserah dia membuat wadah publikasi tersebut melalui blog dengan platform apapun, entah blogspot atau wordpress, joomla atau apapun itu.
Namun demikian, semuanya tergantung dari penafsiran masing-masing. Selama kita bisa berfikir lebih terbuka dan definitif terhadap makna kata blogger, kita tidak akan terpaku dan merasa "risih" dengan istilah ngeblog. Karena pada dasarnya ngeblog itu menyenangkan.

Pentingkah bahasan kita kali ini?
Sobat sendiri yang akan memberikan kesimpulan. Namun begitu, bagi saya sangat penting sekali.
Lalu bagaimana dengan pendapat sobat?

Demikian sedikit ulasan mengenai Pemahaman yang Salah Tentang Makna "Blogger". So, semoga bermanfaat. Salam blogger.

Baca juga revolusi mental para blogger Indonesia.
(forumblogindo.com).*

0 Response to "Pemahaman yang Salah Tentang Makna "Blogger""

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia