Waspadai Pencurian Artikel Blog Anda oleh Autoblog (Autoblogger)

Waspadai Pencurian Artikel Blog Anda oleh Autoblog - Sudah menjadi rahasia umum, bahwa artikel yang bagus, unik dan booming akan menjadi incaran para autoblogger alias "pencuri artikel" dengan tanpa editing sama sekali, menggunakan gaya bahasa sama persis dengan apa yang sudah kita tulis.
Waspadai Pencurian Artikel Blog Anda oleh Autoblog (Autoblogger)
Autoblog
Untuk itu, sudah selayaknya kita memberikan himbauan kepada para autoblogger seperti di atas untuk kembali ke jalan yang benar sesuai dengan apa yang telah dilakukannya. Tidak sekedar melakukan autoblog dan mencuri artikel orang lain, dengan tanpa melakukan editing sama sekali.
Editing di bagian judul pun atau sekedar merubah kata pembuka artikel dan penutup, masih saja tergolong sebagai sebuah tindakan merugikan orang lain.

Alasan Keberadaan para Autoblogger (Autoblog)

Saya sendiri selaku pengelola situs Forum Blogger Indonesia ini sebenarnya merasa kasian juga. Kenapa kok mau melakukan hal sebegitu dangkalnya. Dengan tanpa melakukan praduga tak bersalah, kiranya "kemungkinan para autoblogger melakukan copas artikel tersebut berdasarkan beberapa motivasi, diantaranya:

  1. Ingin mengejar popularitas di mesin pencari (searc engine)
  2. Selanjutnya ingin mendapatkan penghasilan yang tinggi dari hasil trafik yang meningkat akibat point pertama
  3. Menjadi blogger yang tidak bisa menulis
  4. Menjadi blogger yang tidak mau belajar
  5. Menjadi blogger yang tidak tau kalu hal itu dosa
Kelima hal di atas "menurut Saya" menjadi faktor penentu keberadaan para autoblogger yang mengelola autoblog. Bisa juga mungkin sobat mengatakan bahwa para pembuat autoblog adalah orang yang "cerdas" malah. Bisa memanfaatkan "peluang" guna mewujudkan cita-cita yang tinggi, yakni mendaptkan trafik dan pendapatan yang bisa dibilang "haram" tersebut. Untuk artikel inpun, mungkin juga akan langsung disedot oleh autoblog tersebut, hehe.

Saya kira demikian sedikit ulasan mengenai Waspadai Pencurian Artikel Blog Anda oleh Autoblog (Autoblogger). Sekali lagi tidak bermaksud menjelekkan atau menyudutkan salah satu fihak. Namun yang pasti, keberadaan autoblog membuat "miris" para blogger yang secara konsisten mau belajar menulis. Masih ingat tentunya kenapa saya berani menuliskan, kalau gak mau menulis, mending jangan menjadi seorang blogger.
Semakin lama dengan artikel hasil autoblog tersebut, semakin besar juga rizki sobat akan tersedot hilang karena kecampuran rizki haram.
Bagaimana pendapat sobat akan hal itu? Silakan berikan masukan dan pencerahan kepada kami semua, para Blogger Indonesia, guna membangun peradaban bangsa yang kreatif dan maju.


Semoga bermanfaat, salam.

7 Responses to "Waspadai Pencurian Artikel Blog Anda oleh Autoblog (Autoblogger)"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    ReplyDelete
  2. Nggak takut makan uang haram sepertinya gan! apalagi lihat blognya pasang adsense juga...! Heran.. Kok Bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. komentar yang gadah situs tersebut di atas komentar mas, :)

      Delete
  3. Maaf, agan2 semua. Kami rasa gak beda dg situs Yahoo dan situs lainnya yang isinya kumpulan2 artikel dari web berita yg sudah besar.

    Kami pake plugin Automatic. Yg bisa grab artikel dari web WP atau blogspot.

    Kami selalu beri web sumber. Karena memang itu bukan tulisan kami.

    Kami hanya ikut share ulang.

    Jika agan berkenan, kami akan aktifkan link sumbernya biar bisa jadi backlink buat admin. Tp jika masih kurang berkenan untuk digrab, akan kami hapus semua artikel yg kami grab dari web admin ini.

    Sebelumnya mohon maaf sekali lagi...
    Saat ini belum ada undang2 yg melarang artikel copas, baik 100% maupun sebagian.

    Andaikan ada aturan yg mengikat, pasti tidak akan kami lakukan. Dan tentunya agan2 yg sering share status di fesbuk sudah banyak yg bermasalah.

    Web kami hanya pengumpul artikel yg menurut kami bermanfaat jika disebarluaskan.

    Sekali lagi mohon maaf...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya terima maafnya mas...namun jangan melakukan hal yg sama.

      Mengenai masalah aturan baku, jenangan serta rekan blogger di forum ini lebih faham daripada saya.

      Delete
  4. saya juga kena auto generate content, 1 bulan yang lalu saya melihat blog yang memposting tulisan mengikuti gaya khas penulisan di blog yang saya kelola, awalnya senang 80% melihat ada yang terinsirasi dengan gaya penulisan saya di blog itu, dan risih dan kesal 20% karena tidak kreatif. setelah satu bulan berlalu, malam kemarin saya cek adanya penurunan pengunjung di blog saya kemudian mengecek url yang kurus di pencarian, saya menemukan 3 postingan dengan gambar, judul, isi sama seperti yang saya terbitkan dan berada di peringkat atas dari postingan saya, saya cek lebih dalam lagi di blog (kleptomania) itu ternyata ada 70 lebih postingan saya yang curi, melihat hal itu saya kirim pesan dan komentar untuk mengingatkan agar berhenti dan menghapus postingan palsunya, 1 hari berikutnya saya cek namun tidak ada balasan bahkan komentar yang saya posting blognya pun dihapus seolah-olah saya tidak anggap tidak tahu dan pernah mengirimkan pesan padanya. 100% marah,kesal dan bertanya kenapa manusia seperti itu bisa hidup? akhirnya saya bikin pengumuman pop up di sidebar atas blog saya, meminta bantuan siapapun yang mengunjugi blog saya memiliki waktu browsing lagi untuk melaporkan url blog pencuri sebagai blog spam agar di hapus. 6 menit sebelum membuat pengumuman itu, saya berpikir lagi kasihan kalau blognya dihapus dan berusaha mengesampingkan amarah saya waktu itu namun saya tidak bisa menafikan kalau saya memang sedang marah dan ingin segera menghapus blog pemalas tidak kreatif tersebut, beberapa waktu kemudian dapat informasi 2 blog lain juga jadi korbannya, awalnya 100% kemarahan saya turun jadi 70% karena ada teman senasip, untuk mengurangi perasaan marah dan kesal itu saya keluar kamar dan jalan-jalan sambil cuci mata melihat gadis-gadis cantik dengan tatapan aneh. setelah itu pulang dan merubah beberapa setingan agar terhindar dari auto generate content namun thumbnail dan related jadi hilang, saya juga ingin menganti template blog dengan yang baru namun saya masih menyukai tampilan simpel blog saya yang sekarang ini. hmm,apakah tindakan saya sudah benar? atau ada masukan untuk saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sama juga seperti penglaman saya mas. Dalam menanggapi hal itu, saya juga melakukan hal yang sama dengan mas. Intinya:

      1. Say menghubungi admin blog tersebut dan akhirnya mau mencabut artikel yang saya maksud.
      2. Kalau memang mas tega, ya laporkan saja ke Google DMCA. Caranya banyak banget silakan cari di google.

      untuk langkah pencegahan, silakan atur optimasi di feed mas, agar tidak secara signifikan dicopas keseluruhan, kalau modelnya auto blog.

      Yang lebih penting lagi, jangan takut berkarya lagi, karena Google lebih cerdas dan bisa meneliti blog mana yang copas dan mana yang original. semangat

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel