Cara Membuat Aplikasi Formulir untuk Blog atau Website

Cara Membuat Aplikasi Formulir untuk Blog atau Website
Contoh isian data formulir di blog
Membuat Aplikasi Formulir untuk Blog atau Website

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah permintaan untuk dibuatkan sebuah website yang dilengkapi sebuah form pendaftaran sebuah pertandingan Liga Sepak Bola.

Hal ini tentu membuat Ane berfikir sederhana saja, yakni bagaimana caranya membuat sebuah aplikasi berbasis online yang terhubung secara default terhadap email kita.

Secara sederhananya, setipa orang yang telah melakukan pengisian data akan secara langsung terkirim melalui email pribadi kita. Begitulah kira-kira alur berfikir yang sempat saya muncul dalam benak saya.

So, berikut ini beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk membuat sebuah form apapun, bisa penjualan, entri data dll yang nantinya kita bisa melihat secara real time melalui email kita.

Cara Membuat Aplikasi Formulir untuk Blog atau Website

Berikut contoh sederhana isian form yang bisa membuka gambaran sobat, seperti halnya artikel yang pernah saya buat untuk penelitian Google Adsense, yakni polling Google Adsense. Form polling tersebut memang secara default sudah berada pada blogspot kok. Namun hal itu menjadi sebuah gambaran buat kita juga nantinya dalam membahas artikel ini.

Dalam pembuatan form entri data (aplikasi formulir dll) kali ini menggunakan sebuah aplikasi online gratis, yakni Jotform. Berikut langkah-langkahnya:

1. Silakan buka halaman http://www.jotform.com/
2. Silakan sign up > isi semua data yang dibutuhkan
Tampilan Sign up pada Jotform
Tampilan Sign up pada Jotform

3. Silakan buka email yang digunakan untuk melakukan pendaftaran Jotform
4. Lakukan confirmasi ulang melalui link yang telah dikirim ke email tadi
5. Silakan login ke Jotform
6. Silakan pilih menu create form (buat form baru) > pilih blank form (form kosong)
7. Silakan drop down menu di sebelah kiri ke dalam form sesuai keinginan
Tampilan pengaturan menu pada formulir sesuai kebutuhan
Tampilan pengaturan menu pada formulir sesuai kebutuhan
8. Ketika sudah selesai, silakan lakukan pengaturan pada notifikasi email
Pengaturan notifikasi email
Pengaturan notifikasi email

9. Pilih opsi sesuai kebutuhan
pilih salah satu opsi
pilih salah satu opsi
10. Ikuti langkah sampai selesai
11. Silakan klik form formulir yang telah dibuat > more > publish > pilih embed
12. Copy code html tersebut dan paste ke widget baru > selesai

Copas code html tersebut ke dalam website atau blog
Copas code html tersebut ke dalam website atau blog

Mudah kan?

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat DEMO

Demikian tips sederhana Cara Membuat Aplikasi Formulir untuk Blog atau Website. Semoga bermanfaat. Salam.

3 Responses to "Cara Membuat Aplikasi Formulir untuk Blog atau Website"

  1. SAAT INI ANDA BINGUNG BAGAIMANA cara memasarkan usaha anda? Memiliki dana yang cukup untuk menampung barang digudang untuk dijual kembali tapi masih bingung dijual ke siapa? Takut usaha gagal tak laku di pasar? Anda adalah orang yang beruntung telah membaca dan menemukan artikel ini meskipun membaca tidak sampai tuntas.
    Telah hadir solusi dari permasalahan anda semua disini ! anda sedang usaha apapun pasti dapat menemukan solusi penjualan yang maksimal baik melalui online ataupun offline. Kami adalah perusahaan Expert dibidang Internet Marketing dan telah menjadi partner UKM di Jawa Timur untuk mengalihkan usaha nya dibidang digital marketing.
    CV. N A T U S I
    Perusahaan Software House dan Expert Digital Marketing / Internet Marketing / Optimasi SEO untuk UKM di Jawa Timur. 0321 5283379 | 085216192881619 | 081948845765 | http://natusi.net | Mail : info@natusi.net Alamat : Perum Citra Surodinawan Estate Jl. Suromulang Dalam III No. 12 – Kota Mojokerto
    Salah satu hasil yang sudah kami terapkan untuk meningkatkan omset penjualan partner usaha kecil menengah kami dengan situs web www.laskarsrikandi.com . tak ada yang tak mungking bagi kami untuk menganalisa pasar dan menargetkan pasar agar banyak konversi yang didapat oleh partner kami.
    Situs partner kami tersebut menyerahkan kepada kita untuk mendapat kunjungan yang sangat fantastis rata-rata per harinya dengan cara optimasi secara organik (TANPA FACEBOOK ADS, ADWORDS ADS, DLL) Murni dari optimasi pencarian google. Ya, partner kami menjual berbagai keperluan pribadi pelengkap aksesoris rumah mulai Kasur Matras, Boneka Karakter, Bantal Guling, dan Sajadah dengan rata-rata per item seharga 600.000 (bisa di cek diwebnya langsung). Sangat mustahil jika dijual hanya menggunakan cara konvensional.
    Jika anda sudah belajar terkait optimasi tetapi masih belum menemukan solusinya, tidak ada salahnya jika kami dapat membantu anda untuk meningkatkan omset anda lebih besar atau bahkan sulit laku menjadi laris manis.
    Kami merekomendasikan bagi anda yang baru memulai usaha, ataupun sudah memulai usaha dan ingin memasarkan di dunia internet untuk mulai menggunakan dunia teknologi sebagai alat promosi anda. Kami juga menyarankan kepada anda jika Optimasi Digital Marketing ini cocok bagi anda yang memiliki usaha di bidang :
    1. PROPERTI
    2. KAVLING
    3. PETERNAKAN
    4. PERIKANAN
    5. PERKEBUNAN
    6. RETAIL
    7. JASA DAN RENTAL
    8. SALON
    9. KULINER
    10. IT
    11. BRANDING PRODUK
    12. DLL
    Kami telah mendapatkan data-data transaksi toko laskarsrikandi yang dihasilkan dari optimasi secara organik dari perusahaan kami selama kurang lebih satu tahun terakhir. Untuk menjadi pertimbangan kami lampirkan 3 file hasil transaksi berbentuk Excel DISINI
    Hubungi segera CV. N A T U S I
    Perusahaan Software House dan Expert Digital Marketing / Internet Marketing / Optimasi SEO untuk UKM di Jawa Timur. 0321 5283379 | 085216192881619 | 081948845765 | http://natusi.net | Mail : info@natusi.net Alamat : Perum Citra Surodinawan Estate Jl. Suromulang Dalam III No. 12 – Kota Mojokerto
    Saat ini kami melayani hanya area tertentu agar terjalin komunikasi yang intensif . Saat ini kami masih mengutamakan klien di area Jawa Timur dan Sekitarnya saja. Berikut Kabupaten yang kami rekomendasikan untuk dapat bekerjasama dengan kami antara lain :
    Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri , Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan , Ponorogo , Probolinggo , Sampang , Sidoarjo, Situbondo , Sumenep , Trenggalek, Tuban , Tulungagung , Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya.
    DENGAN SENANG HATI KAMI AKAN MELAYANI ANDA DALAM MENINGKATKAN OMSET USAHA ANDA

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel