Bahaya Menggunakan Blog Zombie

Bahaya Menggunakan Blog Zombie

Bahaya Menggunakan Blog Zombie
Source image: oceanofgames.com
Jika sobat pernah mendengar dengan yang namanya blog zombie, tentu akan banyak tahu apa itu blog zombie dan manfaatnya. Mungkin sebagian orang akan menganggap bahwa blog zombie akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan trafik yang bagus blog kita, karena berbagai alasan misalnya saja DA maupun Page ranknya.

Namun pada kenyataannya, banyak sekali para blogger yang "salah besar" dalam menentukan nama domain. Banyak yang menggunakan cara paling gampang (menggunakan blog zombie) bahkan dengan membelinya. Ada juga yang asala menentukan nama domain.

Buat saya pribadi, sebenarnya tidak apa-apa ketika kita menentukan nama domain dengan menggunakan blog zombie atau asal memberi nama. Namun, pada kenyataannya nama domain sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seorang blogger.


Kenapa sebenarnya tidak salah ketika kita asal dalam memilih nama domain? Ya karena memang tidak dosa Sob, hehe.

Namun, sesuai artikel sebelumnya, memilih nama domain dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan sebuah situs kedepannya.

Kembali pada topik judul artikel ini. Yang mau saya katakan adalah, kebanyakan blog zombie sebenarnya jika dilihat secara seksama, juga sangat berbahaya bagi kita. Kenapa begitu?

Logisnya, blog zombie itu sebenarnya adalah sebuah blog lama, situs lama yang memang sudah dihapus, atau karena memang sudah expired dan tidak diurus oleh sang pemilik. Kenapa?

Namun kebanyakan, blog zombie adalah blog yang sudah dihapus oleh sang pemiliknya. Jika kita mau bertanya lebih teliti, kenapa kok blognya dihapus? Ya tentu sang pemiliklah yang tahu.. Tetapi setidaknya, alasan sederhana sebuah blog dihapus karena memang ada alasan tersendiri. 
Alasan yang masuk akal kenapa sebuah blog dihapus oleh pemiliknya adalah karena dianggap tidak bagus, dianggap kurang mempunyai value, atau karena memang secara legal dihapus oleh pihak Google.
Dengan melihat runut cerita dibalik keberadaan sebuah domain blog zombie, sudah sewajarnya kita akan tahu sejarah dari blog tersebut.

Lalu apa hubungannya dengan bahaya menggunakan blog zombie dengan latar belakang sejarah seperti itu, walaupun "mungkin" mempunyai DA PA yang tinggi?

Hal ini berkaitan dengan niat Sobat ketika membangun sebuah blog. Karena, track record blog yang buruk akan sangat berbahaya, tanpa memandang nama besar domain tersebut, atau sekedar menghela waktu untuk berbenah.
Google merupakan sebuah mesin pencari yang senantiasa melakukan perbaikan Algoritma. Sehingga, jika ada sebuah alamat domain yang disinyalir Google atau search engine lain sebagai blog yang buruk (bekas peredaran narkoba, pornografi, web spam, virus dan banyak hal yang berbau kriminal, maka alamat domain tersebut akan di hapus, deindex, atau tidak akan bisa dimonetisasi dengan Google Adsense.
Sudah tahu kan bahaya menggunakan alamat domain blog bekas?

Lalu apakah semua blog zombie itu jelek? Saya kira sobat mempunyai jawaban yang lebih kredibel untuk pertanyaan ini.

Ada pertanyaan lain, adakah cara jitu yang bisa digunakan untuk mengetahui sebuah alamat blog yang akan kita daftarkan (jika membeli atau mendapatkan blog zombie) merupakan blog bekas atau tidak?

Cara Mengetahui Alamat Domain Blog Bekas Pakai

Untuk mengetahui sebuah alamat domain blog termasuk bekas pakai atau tidak cukup sederhana. Sobat silakan check saja:

  • Kunjungi alamat http://whois.domaintools.com/
  • Masukkan alamat Url blog yang akan ditelusuri
  • Search dan lihat hasilnya.
Berikut ini ada contoh sebuah alamat blog yang memang dalam keadaan fresh dan tidak termasuk blog bekas:
Contoh alamat domain blog yang tidak bekas pakai
Contoh alamat domain blog yang tidak bekas pakai
Jika di bagian Domain Status tertera keterangan : Deleted and Available Again, maka bisa dipastikan nama domain blog yang Sobat gunakan termasuk blog bekas pakai orang lain.

Lala bagaimana solusinya jika memang sudah terlanjur memiliki blog bekas dan sudah terlanjur cinta?

Mungkin ada beberapa solusi, diantaranya:

  • Silakan telisik lebih jauk track record dari alamat blog tersebut. Jika sobat membeli nama domain tersebut, mintalah keterangan dari sang penjualnya.
  • Jika dirasa alamat blog tersebut memiliki kredibilitas yang baik, ya lanjutkan aja Sob
  • Berdoa semoga alamat domain blog tersebut tambah berkah, aamiin.
  • Silakan cari nama domain yang fresh dan unik.

Demikian sekelumit cerita pengalaman pribadi, khususnya tentang Bahaya Menggunakan Blog Zombie. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Bahaya Menggunakan Blog Zombie"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel