Ngeblog Itu Tak Mudah lo, Gak Percaya?

Ngeblog Itu Tak Mudah lo, Gak Percaya?
Source image: www.problogger.net
Menjadi seorang blogger memang menjadi salah satu trend para pengguna internet di manapun berada. Tidak bisa dipungkiri, jika para pengguna internet tersebut tahu manfaat ngeblog, pasti mereka akan merasa "getun-menyesal" kenapa tidak dari dulu memilai ngeblog.

Alasan sederhana itu  tak lain karena ngeblog bisa menghasilkan uang, dan sudah banyak sekali para blogger yang mendapatkan jutaan bahkan menjadi milyader dari blog yang mereka kelola. Sebuat saja misalkan Maxmanroe, seorang blogger sukses. Ada lagi Mas Eka Lesmana yang sukses menjadi jutawan dari lantaran mengelola Google Adsense. Dan masih banyak lagi blogger di Indonesia yang sukses. Bagaimana dengan Anda?

Baca juga: Rahasia sukses Eka Lesmana menjadi jutawan dari Google Adsense

Jika kita membaca ulasan dan mencermati muqodimah artikel ini, memang ngeblog bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Namun faktanya, apakah semua itu bisa diperoleh dengan mudah? Adakah cara instant mendapatkan uang yangbegitu banyak dari ngeblog?
Saya kira rekan-rekan jika mau jujur, Anda tidak akan bisa memberikan jawaban "Iya ada" dan berani menggaransi atas jawaban tersebut.
Itulah kenapa jadi blogger itu tak mudah.

Alasan Ngeblog Itu Susah


Beberapa alasan yang mungkin masih menjadi tanda tanya besar rekan-rekan semua atas pernyataan saya tentang judul artikel ini. Berikut beberapa alasan kenapa jadi blogger itu tak mudah.

1. Tidak semua orang suka dan bisa menulis

Seperti yang saya katakan, aktifitas ngeblog itu sangat lekat dengan aktivitas menulis artikel. Namun kenyataannya, tidak semua orang suka menulis, dan faktanya menulis untuk sesuatu hal yang sekiranya bisa menyenangkan orang juga tak mudah. Namunn begitu, sebenarnya jika kita mau belajar dan bisa menemukan ide serta segera mencetuskannya menjadi sebuah tulisan, saya kira alasan pertama akan terlewati.

Baca juga: 5 cara menulis artikel agar disukai pembaca dan ramah Google

So, mari kita sematkan dalam diri kita untuk senantiasa mau belajar. Trik mudah dalam mengatasi masalah pertama saya kira kita budayakan membaca terlebih dahulu. Tanamkan suka membaca. Dengan gemar membaca, kita akan mendapatkan banyak ilmu dan wawasan yang akan mengantarkan kita menemukan ide dan gagasan untuk dijadikan kedalam sebuah tulisan. Dari tulisan itulah nantinya bisa kita tuangkan ke dalam sebuah blog.

Mungkin banyak juga blogger pemula yang belum tau, kalau sebenarnya blog itu tidak "melulu" menggunakan gaya bahasa formal, harus ini harus itu. Yang penting tulisan kita sebisa mungkin bermanfaat, memberikan edukasi dan pencerahan akan solusi permasalahan yang ada, itu sudah bagus banget. Namun ada hal penting yang harus sobat tanamkan dalam diri:
Sama-sama menulis dan membutuhkan waktu, maka tulislah hal yang bermanfaat. Jika tidak, sama saja Anda membuang waktu dan tidak ada gunanya. Jika begitu, mending mengerjakan hal lain yang lebih bermanfaat daripada nulis tapi gak ada manfaatnya untuk orang lain.
Salah satu kesalahan fatal lagi bagi blogger yang baru memulai ngeblog adalah membeli artikel dari orang lain, atau sekedar copy paste artikel orang. Wah itu ciri bukan blogger sejati, hehe. 

2. Mendapatkan pembaca (visitor) murni itu tak mudah

Jika kita sudah berhasil membuat sebuah tulisan yang kaya akan ilmu dan bermanfaat untuk orang lain, apakah lantas orang lain mau membaca tulisan kita? Dengan kata lain, akan kah orang lain tau keberadaan tulisan kita sehingga mereka mau membacanya?

Itu adalah pertanyaan mendasar pada setiap blogger. Tidak serta merta dengan tulisan yang bagus, namun kenyataannya blog Anda masih sepi pengunjung, percuma juga kan. Percuma sih sebenarnya tidak, karena kita sudah belajar meningkatkan kemampuan diri dengan menulis, namun alangkah lebih baik lagi jika banyak orang yang tahu keberadaan tulisan kita, dan mereka merasa senang dengan apa yang kita sampaikan.
Sungguh tidak ada hal yang paling menyenangkan apabila orang lain suka dan merasa senang dengan apa yang kita sajikan.
Namun untuk mencapai hal itu apakah perkara mudah? Ternyata jawabnya tidak mudah. Untuk bisa mendapatkan pengunjung, pembaca alami (unik) memang bukan perkara gampang. Banyak hal yang harus kita lakukan, salah satunya adalah dengan melakukan promosi. Namun, carilah media promosi yang lebih efektif, misalkan dengan menggunakan jasa pemasangan iklan ke situs dengan jumlah pengunjung yang banyak. Kalau ingin gratis, buat aja group di facebook atau media sosial lain yang sesuai dengan topik blog yang Anda buat.

3. Mendapatkan posisi halaman pertama Google juga tak mudah

Untuk mendapat posisi halaman pertama Google memang bukan perkara mudah. Hal ini melanjutkan pembahasan pada point kedua. Untuk mendapatkan pembaca unik, alami dan natural tanpa melalui "amunisi" promosi memang tidak gampang.

Langkah wajib tentu adalah dengan menerapkan ilmu SEO. Jika sobat mencari di Google, berapa biaya untuk mendapatkan pelatihan SEO dari mentor yang memang sudah kredibel? Jutaan Sob. Walaupun begitu, sobat tidak perlu khawatir. Banyak juga kok panduan SEO gratis di dunia maya ini. Namun begitu, tentu akan berbeda jika kita mendapatkan produk premium, dan pasti akan kelebihannya kok.

Di dalam situs ini, sobat akan banyak sekali mendapatkan materi-materi SEO dengan kualitas yang tidak kalah banget dengan produk premium. Silakan sobat telusuri melalui kotak pencarian situs ini dan temukan jawaban atas segala masalah Anda tentang SEO. Mohon maaf juga mungkin tidak bisa menuliskan ke artikel ini, karena memang banyak materinya, hehe.

Artikel terkait: 8 ahli dan pakar SEO di Indonesia

4. Cari uang lewat blog itu perlu waktu

Lha ini yang membuat para blogger jadi pusing bukan kepalang manakala belum bisa menghasilkan uang dari blog. Dan dari sinilah akar permasalahan banyak blogger yang "bantir setir" beralih pada aktifitas lain yang lebih menjanjikan uang. Camkan kata-kata saya di bawah ini:
Rejeki itu Tuhan yang mengatur dan menjatahnya pada semua makhlukNya. Namun jika kita salah sejak awal dalam menentukan niat ngeblog, yang terjadi adalah sebaliknya, yakni kurang memuaskan hati.
Alasan sederhana kenapa faktor niat itu penting, ya karena faktanya ngeblog untuk bisa menghasilkan uang secara tiba-tiba itu adalah anggapan yang salah dan keliru. Ketika Anda membaca profil dari para blogger sukses baik dalam negeri maupun luar negeri, mereka semua gigih, fokus dan tekun menjalani ngeblog dari awal memang untuk memberikan ilmu yang mereka miliki. Itu artinya membuat blog berkualitas memang butuh waktu dan perjuangan. Jika anggapan dengan ngeblog akan segera dapat dolar melimpah, pasti semua orang akan melakukan hal yang sama dengan Anda.

Saya kira itulah beberapa alasan kenapa ngeblog itu susah. Masih gak percaya?

Sebagai penutup, silakan baca artikel ini untuk menambah keyakinan Anda dalam melakukan aktifitas blogging:


Silakan keluarkan unek-unek sobat di sini, agar kita semua tahu bagaimana Sobat bisa betah menjalani dunia blogging. Semoga bermanfaat, salam.

1 Response to "Ngeblog Itu Tak Mudah lo, Gak Percaya?"

  1. Ngeblog mudah gan, kalau ga buat cari uang buat isi tulisan saja he,,, salam kenal

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia