3 Tips Memilih Nama Domain Blog yang Baik untuk SEO

3 Tips Memilih Nama Domain Blog yang Baik untuk SEO
Tips Memilih Nama Domain Blog yang Baik untuk SEO

Jika sobat baru pertama kali terjun di dunia blogging, atau malah baru saja akan memulai masuk menjadi seorang blogger, atau memang sudah lama bekecimpung menulis artikel dan shared lewat blog, maka langkah yang tepat untuk memulai itu semua guna mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan tidak melupakan nama domain yang baik, terlebih bisa SEO.

Mungkin dalam awalan artikel ini masih sulit difahami bagi sobat semua, terlebih bagi Anda yang baru saja mendengar isilah domain blog. Domain blog dalam penjelasan yang "paling" sederhana dari saya dalah "alamat" url situs blog Anda.

Sebagai contoh adalah situs ini, nama domainnya adalah www.forumblogindo.com. 

Jika kita telisik lebih jauh, ada beberapa kebiasan umum yang dilakukan para blogger pemula (khususnya) yang menurut pandangan saya kurang tepat, yakni "tidak" terlalu memikirkan nama domain blog seperti yang saya contohkan di atas.

Apakah penting memikirkan nama domain?

Untuk menjawabnya, berikut sedikit saya berikan gambaran.

Fungi Nama Domain Blog Kita

Pemahaman akan pengertian nama domain sudah saya jelaskan di atas. Adapun fungsi dari sebuah domain adalah:
Untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.
Dilihat dari manfaat nama domain tersebut, kira-kira menurut sobat apakah tidak penting ketika kita memikirkan secara matang dengan nama domain blog kita nantinya? Dan saya kira kita sudah tahu jawabannya.

Artikel terkait: Faktor penentu rangking blog di Google (search engine)

Melanjutkan pada pokok bahasan kita kali ini. Pada artikel sebelumnya, sedikit banyak sudah saya jelaskan pula masalah dalam artikel ini. Namun begitu, untuk lebih memantabkan, saya tambahkan beberapa hal yang sangat penting ketika kita akan memilih nama domain blog yang akan kita kelola.

Apa saja tambahan tips memilih nama domain blog yang baik untuk SEO? Berikut selengkapnya.

Tips Memilih Nama Domain Blog yang Baik untuk SEO

Tips apa saja yang hendaknya kita lakukan ketika akan memilih nama domain? Yuk kita baca lebih lanjut.

1. Gunakan nama domain berbayar alias jangan domain gratisan

Kebiasaan umum yang akan dilakukan blogger pemula salah satunya adalah menggunakan domain gratisan. Padahal kita tahu, sesuatu yang sifatnya gratisan malah akan membuat kita terbelenggu dengan kemajuan melangkah, kecuali bagi para "genius" yang memiliki berbagai kelebihan.

Kok bisa begitu?

Kita fahami saja kondisi real kita saat ini. Saya paparkan dari aspek psikologi umum saja. Ketika kita sudah terbiasa dengan domain gratisan, yang terjadi adalah kurangnya konsentrasi, fokus, dan kurang terurusnya blog kita karena memang berawal dari hal gratisan dulu. 
Seorang blogger akan lebih fokus dan serius karena sudah mengeluarkan uang untuk membeli sebuah domain, jika dibandingkan dengan seorang blogger yang menggunakan domain gratis alias free.
Percaya atau tidak, itulah pengalaman saya pribadi. Selama saya menggunakan domain gratisan, maka saya pun akan terlalu "menyepelekan" dengan blog saya tersebut, dan ini terbukti ketika saya sudah menggunakan blog ini.

Lalu muncul pertanyaan, apakah domain gratisan blogspot ini kurang bagus mas?

Sebenarnya tidak juga. Dengan domain gratisan blogspot.com, juga bagus. Namun, ketika kita kembalikan pada diri kita sendiri, apakah iya kita akan lebih fokus dan merasa memiliki ketika Anda menggunakan domain gratisan?
Wah, mahal mas beli domain berbayar.
Mungkin itu salah satu alasan. Namun, apakah benar membeli sebuah domain itu mahal?

Jika dihitung dengan kalkulasi sederhana. Jika domain .com berkisar 100 ribu per tahun, jika dibagi perbulan hanya berapa sob? Cuma sekitar Rp.8.300 an aja kok. Murah kan?

Bahkan, ketika saya melakukan study kasus, dengan menggunakan domain berbayar justru akan meningkatkan kredibilitas blog kita. Selain itu, juga akan memperpendek alamat domain, sehingga para penggemar setiap blog kita akan dengan mudah mengetikkan alamat url blog kita.

Mulai sekarang, mulai beralihlah menggunakan nama domain berbayar, paling tidak satu di antara blog kita yang lain ada yang menggunakan domain berbayar.

Artikel lanjutan: 25 Top Web Hosting Terpopuler dan Terbaik di Indonesia 2015

Alasan lain kenapa kita menggunakan domain berbayar, yakni pernah ada kasus Google melakukan banned terhadap blog tersebut. Alasannya dianggap sebagai blog spam (namun bukan domain blogspot.com).

Contohnya misalkan nama domain blog yang berekstensi .TK, .GA, .ML, dll.

2. Gunakan nama domain yang mudah diingat

Karena nama domain ibarat sebagai sebuah alamat rumah, maka mudahkanlah para tamu, pengunjung untuk mengingat alamat domain blog kita. Jangan menggunakan nama domain blog yang sulit dieja, sulit dilafadzkan, sulit dihafalkan. Salah ketik satu huruf saja, alamat domain blog kita tidak akan ketemu.

Misalkan saja: saksajdkajdkajd.com atau satuduaaaaa.co.id. Sulit menghafalkannya kan?

3. Pilih nama domain yang mengandung kata kunci, atau pilih branding?

Maksudnya apa mas? Adakah perbedaan antara nama domain yang mengandung kata kunci (keyword) dengan hanya menunjukkan nama sebuah branding yang kita miliki?

Sebenarnya, kedua metode dalam memilih nama domain tersebut bagus untuk diterapkan. Hanya saja, perlu kita ketahui. Nama domain yang mengandung nilai kata kunci (keyword) yang sering dikenal sebagai EMD (Exact-Match Domain) biasa digunakan para blogger untuk mentarget sebuah kata kunci (keyword) tertentu, dengan tujuan agar mesin pencari lebih mudah melakukan indexing maupun crawling terhadap blog tersebut.

Namun, jika kita mempelajari sejarah perkembangan algortima Google di tahun 2016 ini, metode EMD tersebut kurang menjadi prioritas. Alasanya, karena saking banyaknya para blogger yang menggunakan metode EMD, akhirnya banyak pula yang hanya untuk memperoleh trafik tinggi namun rendah kualitas konten. Dampaknya, Google menilai blog, website atau situs denga nama domain EMD dinilai sebagai spam.
Sebagai contoh:
Misalkan kita akan mentarget sebuah kata kunci : sepatu olahraga. Maka, jika merujuk metode EMD kita bisa membuat nama domain blog kita: sepatu-olahraga.com, atau sepatu-olahraga.net, atau sepatu-olahraga.co.id
Namun begitu, metode EMD masih bisa digunakan manakala kita secara konsisten membuat isi konten yang berkualitas untuk meminimalisir anggapan spam terhadap blog itu nantinya. Untuk memperjelas info ini, silakan fahami tentang Google melakukan update Algortimanya.

Lalu apa penjelasan dari metode nama domain sesuai branding?

Branding yang saya maksud adalah nama sebuah brand, merk yang menyesuaikan dengan keunikan dan kekhasan yang kita miliki. Biasanya, nama domain seperti ini condong pada nama pribadi sang pengelola blog tersebut, atau nama toko, perusahaan dll.

Lalu langkah terbainya gimana mas? Yah kalau kepepet Anda masih bingung memilih yang mana, ya pilih saja kedua-duanya, yakni memadukan antara metode EMD dengan branding.

Contohnya:
tokozulfa.com
zulfakue.co.id
zulfasport.net
dll

Kata zulfa menunjukkan brand, sedangkan kue, sport,toko menunjukkan kata kunci yang kita target.

Artikel lanjutan: Manfaat custom domain bagi blog kita

Demikain sedikit informasi mengenai 3 Tips Memilih Nama Domain Blog yang Baik untuk SEO. Semoga bermanfaat, salam.

2 Responses to "3 Tips Memilih Nama Domain Blog yang Baik untuk SEO"

  1. Terimakasih mas atas infonya..
    Semoga tuhan memberikan hidayah kpada kita

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia