Bahaya Menerapkan SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu

Bahaya Menerapkan SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu
Dalam rubrik diskusi kali ini, mari kita mulai perbincangan ini dari awal, yakni yang sering kali dipertanyakan oleh para blogger menengah ke atas.

Karena pada dasarnya bagi pemula seperti saya terkadang ilmu dan penerapan optimasi SEO blog "belum" tefikirkan sejak awal.

Hal itu saya katakan mungkin agak terbilang "lebay". Masak iya ilmu SEO hanya dipelajari bagi para blogger menengah ke atas?

Alasannya sederhana, ya memang bagi pemula yang baru pertama kali mendengar istilah "ngeblog", blogspot, wordpress, joomla dll itu saja sudah bagus. Bisa membuat blog baru dengan beberapa artikel berkualitas dan mempostingnya ke dalam blog juga sudah menjadi nilai plus bagi pemula seperti saya saat itu.

Belum terlintas sedikitpun apa itu SEO, trafik, indexing, crawling, halaman pertama Google, daftar Google Adsense, dapat uang dari blog dll, tidak pernah terlintas sedikitpun bagi saya. Yang ada, bisa menulis, posting itu sudah cukup.
Berawal dari situ, dengan mengetahui beberapa manfaat ngeblog yang sangat luar biasa itu, membuat rasa penasaran dan terus belajar dengan berbagai hal yang berkenaan dengan blogging. Jika dirunut secara grafik, perkiraan saya sekitar 20% - 40% pemula baru beranjak mempelajari SEO blog, entah instilahnya optimasi SEO blog atau apapun itu.
Bagi saya kala itu, ternyata tidak sekedar menulis yang bagus, namun kenyataannya juga wajib mempunyai target agar tulisanku bisa dilihat orang banyak, dan ternyata halaman artikel blogku bisa muncul di halaman pertama search engine (Google, Yahoo, Yandex dll) memang perlu. Dan itulah awal mula saya belajar apa itu SEO, apa manfaatnya dan bagaiman cara melakukannya.

Itulah alasannya, bahwa belajar SEO bagi para blogger (mungkin tepatnya sebagian) baru dimulai ketika memang sudah melewati tahapan seperti yang saya sampaikan sesuai dengan pengalaman pribadi. Yah, mungkin buat rekan-rekan agak berbeda, dan itu pula hanya sebatas pengamatan dari beberapa komentar rekan-rekan di forum ini.

Artikel rekomendasi selanjutnya: Teknik SEO Terbaru 2018-Dominasi PageOne Google

Lalu apa hubungannya dengan topik artikel kali ini? Agar tidak mengalami "gagal faham" dalam kontek cara pandang saya, mari kita telisik lebih jauh.

Tujuan Utama Optimasi SEO Blog

Kebanyakan orang, mungkin dalam memahami SEO itu menjadi sebuah tujuan utama dalam membangun sebuah blog berkualitas. Hal itu bisa kita duga dari berbagai pertanyaan sederhana, sebenarnya tolok ukur keberhasilan SEO blog itu seperti apa? Adakah penilainnya? Sampai kapan pula kita harus menerapkan optimasi SEO blog?

Beberapa pertanyaan tersebut jika disimpulkan dengan pandangan dari sisi lain, bisa juga kita katakan bahwa seakan-akan SEO menjadi tujuan utama ngeblog. Dengan teroptimasi SEO onpage dan offpage seakan-akan tugas kita sudah tercapai sebagai seorang blogger.

Jika seperti itu jawabannya tentang pandangan Anda akan SEO, maka hal itu menurut pandangan saya salah kaprah.
Optimasi SEO blog bukan menjadi tujuan utama menjalani aktifitas ngeblog, namun SEO hanya sebatas cara, proses guna meningkatkan pembeli yang banyak, meningkatkan jumlah pengunjung yang tinggi dan akhirnya banyak yang mengetahui produk andalan kita (artikel-informasi, barang jualan, jasa dll) sesuai dengan branding yang kita target.
Pemahaman dan cara pandang SEO yang kurang tepat itulah yang kahirnya membentuk karakter para blogger yang terlalu sederhana. Padahal tujuan utama blogging bukanlah SEO. namun SEO menjadi cara dalam menuju proses tersebut.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi aset jangka panjang. Itu artinya, SEO bukan untuk mengejar target mendadak, sehari dua hari langsung mendapatkan trafik yang bagus, bisa dalam hitungan jam artikel kita berada pada halaman pertama Google.

Berdasarkan pengalaman pribadi dari beberapa artikel yang saya targetkan, kenyataannya membutuhkan beberapa minggu untuk bisa menjadi halaman pertama Google. Misalkan saja artikel Kesalahan optimasi SEO blog.

Dari study kasus itulah saya dapatkan kesimpulan, bahwa untuk bisa mendapatkan trafik jangka panjang, pengunjung blog konstan walaupun jarang update artikel, bisa berada di halaman pertama Google, SEO lah jawabannya.

Jangan sampai Anda mempunyai anggapan, bahwa SEO menjadi target Goal paling utama menjalani rutinitas ngeblog, namun SEO menjadi cara tepat jika kita ingin mendapatkan aset trafik jangga panjang.

Jika pola pikir Anda hanya berkutat dengan ilmu SEO yang menurut sebagian orang rumit dan memusingkan, bakalan runyam. Bakalan gak sempat menulis artikel, gak sempet ini dan itu.
Hasil dari optimasi SEO blog yang kita terapkan biasanya baru akan terasa setelah 1-3 bulan, terutama untuk kata kunci yang persaingannya menengah-tinggi dan volume pencariannya tinggi. Jadi kalau Sobat butuh traffic sekarang juga, bukan SEO jawabannya.
Untuk bisa memperolah trafik yang tinggi dengan cara instan, dan hal itu biasanya diterpkan pada blog toko online, atau blog yang baru saja dibuat, maka cara yang paling tepat bukan menerapkan SEO, namun dengan pasang iklan berbayar atau melakukan promosi.

Dengan dasar itulah, jika kita salah langkah, maka tujuan awal ngeblog kita juga akan sulit terwujud. So, penting atau tidak anggapan tersebut, Anda sendiri yang menilai dan merasakan. Dan yang paling penting, terus belajr-dan belajar sembari memparktekannya.

Artikel rekomendasi: Resolusi Blogging 2018

Demikian sekelumit cerita pribadi tentang Bahaya Menerapkan SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu. Semoga bermanfaat, salam.