Cara Terbaru Setting Meta Deskripsi Blog Agar SEO Killer

Cara Terbaru Setting Meta Deskripsi Blog Agar SEO Killer
Banyak sekali anggapan bahwa memasang meta deskripsi blog secara "otomatis" ke dalam template (mode html) merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan SEO blog.

Hal itu juga tak dapat dipungkiri, karena sebagian blogger, atau mungkin banyak blogger yang memahami hal yang sama.

Saking getolnya memahami SEO tentang meta deskripsi tersebut, para blogger rela belajar "coding" untuk bisa memasukkan meta deskripsi ke blog agar tidak terjadi kesalahan. Padahal coding yang ada di dalam template membuat sebagian blogger pusing, hehe. Sudah baca daftar meta tag SEO friendly blog terbaik terpopuler di dunia ?

Namun begitu, apakah memang benar anggapan bahwa memasang meta deskripsi blog secara otomatis ke dalam template bisa memaksimalkan SEO sebuah blog?

Pertanyaan ini terngiang di benak saya pribadi beberapa waktu lalu ketik awal-awal belajar ngeblog. Namun, ketika ke sana kemari berdiskui dengan para master SEO blogger, saya menemukan jawaban atas semua itu.

Secara singkat, saya katakan bahwa memasukkan meta deskripsi blog secara otomatis ke dalam html template kurang bisa memaksimalkan SEO blog, atau bisa dikatakan kurang bagus dan kurang penting. Kenapa bisa seperti itu?
Jawabnya juga singkat, karena Blogger.com sudah memiliki fitur untuk memasukan meta deskripsi baik itu untuk Homepage atau Postingan. Adapaun kelemahan meta deskripsi secara otomatis adalah deskripsi yang dihasilkan menjadi kurang unik dan terkesan hanya ditujukan untuk search engine saja. Sedangkan jika menggunakan fitur meta deskripsi dari blogger kita bisa memasukan deskripsi sesuai keinginan.
Saya kira dengan jawaban tersebut sobat bisa memahami secara seksama. Lalu kenapa para mste desain blogger memberikan template dengan optimasi SEO yang di dalamnya terdapat pengaturan setting meta deskripsi secara otomatis?

Saya kira tidak semua desainer template melakukan hal itu. Kalaupun iya, berarti memang teknik yang digunakan antara master desainer template satu dengan yang lain berbeda, dan itu kembali pada sobat semua.

kembali pada topik awal. Jika kita bisa lebih menelusuri lebih dalam, masak sih iya Blogger sudah "baik hat memberikan fitur khusus tentang setting meta deskripsi secara manual tidak ada gunanya? Masak kalah dengan metode otomatis? Sobat bisa menjawabnya sendiri, dan itu sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing, hehe.

Jika begit, lalu bagaimana cara melakukan setting meta deskripsi secara manual ke dalam blog agar lebih SEO killer?

Cara Terbaru Setting Meta Deskripsi Blog Agar SEO Killer

Berikut akan kita pelajari secara cepat, mudah dan gampang bagaimana cara setting meta deskripsi SEO killer pada blog. Perhatikan dan baca dengan seksama njeh, agar tidak terlewat satupun tips di bawah ini.

1. Masuk akun blogger
2. Pilih tata letak (layout) > pilih widged pada "header" > edit
3. Masukkan meta deskripsi blog Anda pada kolom "Deskripsi Blog" > simpan
4. Masih pada tata letak, pilih Setelan (setting) > pilih Prefensi penelusuran
5. Pilih Deskripsi (di bawah tulisan Tag meta) > edit > pilih "Ya" (kosongkan saja) > simpan perubahan

Saya kira untuk kedua metode setting meta deskripsi blog di atas sudah cukup, tinggal satu cara lagi, yakni ketika Anda akan melakukan "publish" artikel baru. Bagaimana cara memasukkan meta deskripsi blog agar artikel SEO killer? Berikut caranya.

Dengan melakukan langkah ke-4 dan ke-5 di atas, kita bisa memasukkan meta deskripsi setiap artikel sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Dengan cara tersebut, kita juga bisa memaukkan kata kunci, keyword ke dalam artikel tersebut sesuak hati. Dengan alasan inilah kenpa saya katakan bahwa dengan memasukkan meta deskripsi secara manual sesuai dengan fitur yang sudah disediakan Blogger, akan membuat blog kita lebih SEO killer. Lebih lengkapnya nih caranya:

1. Silakan tulis artikel yang akan Anda update atau publish
2. Ketika sudah selesai menulis, jangan publish dulu > pilih "Deskripsi Penelusuran"
3. Masukkan meta deskripsi artikel sobat (bisa memuat kata kunci yang akan sobat targetkan)
4. Pilih Seleai
5. Publish (terbitkan)

Mudah kan?

Walaupun kelihatannya sepele, namun cara ini "buat" saya sangat efektif dan SEO killer buat blog kita.


Demikian infomasi SEO blog kali ini, khususnya tentang Cara Terbaru Setting Meta Deskripsi Blog Agar SEO Killer. Semoga bermanfaat, salam.

5 Responses to "Cara Terbaru Setting Meta Deskripsi Blog Agar SEO Killer"

  1. sangat membantu untuk newbie kayak ane gan,,,makasih infonya

    ReplyDelete
  2. terimakasih gan atas penjelasan nya sangat membantu dan mudah di pahami pas buat saya yang baru belajar ngeblog sukses slalu

    ReplyDelete
  3. saya bingung nih soal meta deskripsi yang benar, baca dilain artikel berbeda-beda, sepertinya ulasan ini yang pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba mas, semoga memberikan hasil maksimal

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia