Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Invalid Click Activity (Klik Tidak Valid) Google Adsense

Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Invalid Click Activity (Klik Tidak Valid) Google Adsense
Dalam beberapa kasus yang terjadi bagi publisher Google Adsense, banyak diantara mereka yang mengalami banned Adsense dikarenakan telah terjadi invalid click activity atau klik tidak valid.

Hal itu biasanya disertakan dalam alasan Google Adsense ke dalam email pemberitahuan banned terhadap akun tersebut.

Jika kita pahami secara sederhana, maka bayangan kita ketika mendengar jawaban team Google Adsense atas pemberhentian hubungan kerjasama tersebut adalah adanya aktivitas yang tidak valid. Tidak valid kenapa? Ya memang tidak valid alias terjadi pelanggaran yang signifikan alias kelas berat.

Atau bisa juga dimaknai sebagai klik yang tidak legal dan tidak sah pada halaman blog yang Anda kelola, yang tidak diakui oleh pihak Googe Adsense, dengan beberapa kriteria yang telah mereka tentukan. Untuk lebih jelasnya, berikut maksud dari istilah klik tidak valid/ invalid click activity oleh pihak Google Adsense:
Invalid click activity consists of any clicks or impressions that may artificially inflate an advertiser's costs or a publisher's earnings, and for which we decide not to charge the advertiser. This includes, but is not limited to, clicks or impressions generated by a publisher clicking on his own ads, a publisher encouraging clicks on his ads, automated clicking tools or traffic sources, robots, or other deceptive software.
Alasan sederhana dan masuk akal kenapa akun Adsense Anda diberhentikan karena invalid klik adalah karena memang hasil klik yang seharusnya mendapat imbalan komisi, namun karena klik tersebut dinilai pihak Google Adsense sebagai suatu kecurangan.

Baca juga: Cara Memakai Blog Pernah Banned untuk Daftar Google Adsense Full Approve

Ciri-ciri Klik Tidak Valid pada Akun Google Adsense

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri kenapa akun Google Adsense yang sobat miliki bisa terkena teguran bahkan dibanned oleh pihak Google Adsense, diantaranya:

1. Rata-rata klik dan tampilan (CTR - Click Through Rate), rata-rata jumlah klik dan jumlah tayangan PV (pageviews) di atas 10%.


Jika mengalami nilai CTR sama dengan atau di atas 10%, itu merupakan hal yang tidak wajar. Maka 
berhati-hati saja untuk menghindari banned. Untuk mengetahuinya, berikut estimasi penghitungannya:
CTR/RKT = Jumlah Klik / Jumlah Tayangan x 100 = ......%
2. Mendapatkan banyak klik secara mendadak dengan nilai komisi klik hanya $0.0

Dengan banyaknya klik namun kenyataannya Google Adsense tidak memberikan komisi atas klik tersebut, bisa menjadi indikasi terjadi bom click dan sangat riskan terkena banned. Segera perbaiki masalah tersebut.

3. Pendapatan/ Earning naik drastis, namun tidak lama kemudian turun secara drastis

Sebagai contoh, Anda mendapatkan komisis atas klik Adsense dengan komisi 1$, beberapa saat tiba-tiba turun menjadi 0.2 $, maka hal tersebut terdapat indikasi tidak wajar. Hal itu bisa saja dinilai dengan keberadaan klik secara sengaja oleh pengelola akun Adsesense tersebut, dan bisa berakibat fatal pada banned.

4. Anda mendapatkan banyak klik dari suatu wilayah (biasanya negara) dengan pageviews yang sangat kecil

Untuk point keempat ini Anda harus menggunakan tools blogger khususnya yang bisa memberikan data terhadapa akun Adsense yang dimiliki. Misalkan saja akun Google Adsense Anda diintegrasikan dengan Google Analytics

Maksud dari point keempat ini adalah ketika akun Adsense Anda memperoleh banyak klik dari negara lain, namun pada kenyatannya klik tersebut bertolak belakang dengan tingkat ketertarikan pengunjung tersebut dengan iklan tersebut.
Beberapa pakar blogger mengatakan, bahwa prosentase dari 1000 tampilan unik mungkin hanya (paling banyak) 10-20 tampilan unik yang bisa menghasilkankan klik iklan".
Jika klik yang terjadi jauh melampaui nilai tersebut, maka ada indikasi kecurangan terhadap klik tersebut dan bisa memunculkan penilaian negatif dari pihak Google Adsense.

Penyebab Invalid Click Activity (Aktivitas Klik Tidak Valid) Google Adsense

Dengan beberapa ciri-ciri klik tidak valid iklan Adsense di atas, maka secara sederhana kami sampaikan penyebab keberadaan invalid click activity tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Klik berkali-kali (bom click)
  2. Klik yang Anda lakukan sendiri selaku publisher dan itu jelas pelanggaran
  3. Iklan Adsense dipasang pada blog berkualitas buruk, atau bahkan berisi hal yang dilarang oleh pihak Google. Hal ini bisa secara tidak sengaja kita lakukan, karena kode adsense dicuri orang lain dan dipasang di blog mereka yang menyalahi penayangan konten dsb.
  4. Adanya penggunaan software atau robot tertentu untuk kegiatan berbuat curang terhadap pihak Google Adsense dan sumber traffic berkualitas rendah, misalnya pertukaran traffic (traffic exchange) dan metode PTC.
Dalam beberapa kasus di atas, tentu saja bisa menjadi catatan penting bagi pihak Google Adsense yang secara real time melakukan evaluasi terhadap semua publishernya. Jika diindikasikan ada beberapa publisher melakukan empat hal di atas, maka biasanya pihak Google Adsense akan melakukan langkah berikut ini:
  • Menganggap aktivitas atau klik di atas dinilai tidak valid dan tidak diberikan komisi
  • Jika baru saja diketahui pihak Adsense, maka nilai CPC yang telah diberikan akan ditarik kembali (komisi akan ditarik kembali).
  • Jika dianggap sedikit lebih parah, akan diberikan peringatan/ warning.
  • Jika sudah dalam kondisi keterlaluan atau telah mengalami beberapa kali masalah yang sama tanpa adanya perbaikan sejak awal, website/blog tersebut akan dibanned bahkan dalam tahap tertentu akun akan dibanned sepenuhnya.
Perlu diketahui, dalam kondisi tahap satu dan dua akan berjalan secara otomatis, sedangkan dalam tahap warning dan banned akan ditindak langsung oleh staf Google Adsense. Lalu bagaimana cara mengatasi atau paling tidak meminimalisir agar tidak terjadi invalid click avtivity terhadap akun Adsense Anda? Berikut kelanjutannya.

Cara Mengtasi Aktifitas Klik Tidak Valid  (Activity Invalid Click) Google Adsense di Blog

Sudah panjang lebar kita fahami mengenai ciri, penyebab terjadinya klik tidak valid pada akun Google Adsense di blog. Untuk itu, perlu kiranya Anda memperhatikan segala informasi yang telah dibahas di atas.

Saran saya, hal terbaik adalah dengan meminimalisir segala kondisi di atas. Jika sudah terjadi penilaian aktifitas klik tidak valid terhadap akun Google Ansense yang Anda miliki, baik secara sengaja ataupun tidak, maka bisa berakibat fatal dan bahkan sampai pada banned akun.

Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin saja bisa membantu untuk meminimalisir terjadinya invalid click activity terhadap akun Adsense Anda, diantaranya sebagai berikut:
  1. Jika sudah mengetahui ada yang tidak wajar sesuai dengan ciri-ciri yang sudah kita bahas di atas, segera lakukan perbaikan, penanganan yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan menghentikan penayangan iklan sementara. Bisa dengan mencopot kode iklan atau menghapus alamat url blog yang dinilai sumber invalid click.
  2. Pastikan isi konten blog/ website Anda tidak melanggar ketentuan dari pihak Google Ansense.
  3. Lakukan otorisasi situs di dalam akun penayangan iklan Adsense. hal ini bertujuan agar apabila ada orang yang mencuri kode iklan Adsense Anda, dan ternyata dipasang pada situs yang "tidak baik" akan diabaikan Google Adsense,
  4. Lakukan penilaian terhadap setiap aktivitas akun Adsense Anda, baik melalui Google Analytics atau lainnya.
  5. Bisa juga dengan melakukan install Adsense Publisher Toolbar atau menggunakan aplikasi Google Adsense pada smartphone Android (yang saya tahu).

Demikian sedikit informasi tentang Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Invalid Click Activity Google Adsense. Jangan lupa untuk menyebarkan (share) informasi ini kepada rekan-rekan blogger Indonesia di manapun berada. Semoga bermanfaat. 

Salam sukses selalu.
Sahilluqman
Sahilluqman Hanyalah seorang blogger yang ingin bermanfaat untuk sesama

Berlangganan via Email