8 Cara Menampilkan Website dan Blog di Halaman Pertama Google

Menampilkan website atau blog di halaman pertama Google memang menjadi impian siapapun. Baik sebagai blogger pemula maupun "kawakan", pasti semuanya menginginkan hal yang sama. Tidak terbatas senior maupun junior.

Alasannya sederhana, dengan website atau blog kita berada di halaman pertama Google, sudah dipastikan akan mendapatkan pengunjung yang banyak dan semakin meningkatkan pendapatan.

Namun pertanyannya, apakah semua orang bisa mendapatkan website atau blog nya bisa berada pada halaman pertama Google? Jawabnya belum tentu. Dengan begitu tingginya persaingan para blogger sejagat, bisa dipastikan tidak semudah membalik telapak tangan jika menginginkan hal itu.

Mulai dari banyak sekali curhatan rekan-rekan lainnya, "mas menurtukan artikelku sudah berkualitas, tetapi kok masih saja berada pada halaman 3,4 bahkan sampai tardeteksi sama Google?".

Ada juga yang bercerita, "Alhamdulillah Mas, walau cuma membuat artikel biasa-biasa namun pasa saya cek bisa nangkring di halaman pertama Google, wah senangnya".

Kedua fenomena tersebut memang "fakta" di dunia blogging. Disadari atau tidak, Anda pasti bisa menemukan fakta kejadian tersebut. Cek saja kualitas blog, website maupun situs Anda di mesin pencari Google, sudah pada posisi berapa?
Bandingkan dengan yang menempati urutan teratas, adakah perbedaan signifikan dengan kualitas artikel yang Anda buat? Jika memang kalah jauh dengan kualitas artikel Anda, tetapi kok artikel yang gradenya rendah bisa pada posisi teratas mesin pencari?
Dengan fakta tersebut, ada sebagian Internet Marketer mengatakan SEO itu tak penting untuk dilakukan. Mereka memang mengutarakan berbagai pandangan dan alasan yang sekiranya disesuaikan dengan fakta dan realitas yang ada.

Ada juga yang orang mengatakan bahwa optimasi SEO blog itu untung-untungan, ada yang "bejo" ada yang nihil alias gak ngefek pada blog.

Apakah Anda juga sepakat dengan pendapat tersebut?

Bagi saya pribadi, anggapan tersebut "kurang tepat". Berdasarkan beberapa pengalaman dan hasil diskusi, kenyataanya banyak pula blogger sukses dengan bantuan SEO, dab dibilang masih banyak yang berhasil dibangkan dengan yang tidak menerapkan optimasi SEO blog.

Dengan berkembangnya Algortima Google sendiri, akhirnya dengan pemahaman itulah banyak sekali "oknum" yang mengatasnamakan "pakar SEO" menjual berbagai e-book, tutorial, panduan SEO yang menjanjikan bisa membuat blog berada pasa posisi halaman pertama Google.

Apakah benar seperti itu? Adakah ilmu "manjur" yang bisa membuat seperti itu

Jawabnya tidak ada.
SEO blog baru bisa dirasakan dalam beberapa waktu, tidak bisa sekejap membuat blog berada pada halaman pertama Google. Semua butuh proses, tidak ada yang instan.
Lalu sebanrnya, dengan berbekal ilmu SEO dasar, apakah kita bisa menampilkan website atau blog di halaman pertama Google?

Artikel lanjutan: Bahaya Menerapkan SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu

Cara Membuat Website dan Blog di Posisi Halaman Pertama Google

8 Cara Menampilkan Website dan Blog di Halaman Pertama Google
Dalam artikel kali ini, sedikit banyak mari kita pelajari beberapa hal yang bisa kita lakukan, agar bisa menampilakan website dan blog di halaman pertama Google walaupun berbekal ilmu SEO dasar blog. Berikut urutannya:

1. Lakukan riset keyword (riset kata kunci) yang akan Anda targetkan. 

Berbekal riset keyword, Anda bisa menelaah tingkat persaingan kata kunci baik yang berada pada artikel maupun blog secara umum. Dengan berbekal hasil riset kata kunci, Anda bisa menentukan target yang ingin dicapai, short tail maupun long tail.

2. Samakan jenis konten yang dibutuhkan untuk keyword yang anda pilih

Salah satu manfaat dari hasil riset keyword, Anda bisa menelaah jenis konten yang cocok dan sangat dibutuhkan untuk kata kunci yang tepat. Usahakan disamakan antara konten yang kita buat dengan target kata kunci berdasarkan riset keyword.

Ingat, konten blog dan website tidak sekedar artikel, bisa juga menggunakan video maupun gambar. Sesuaikan saja sesuai poit kedua.

Sebagai contoh. Misalkan blog Anda berupa isi panduan, tips maupun tutorial, maka hendaknya membenamkan semua konten, baik artikel maupun video dengan banyak penjelasan yang berisi target kata kunci sesuai riset keyword yang Anda lakukan.

Hal itu bertujuan, pasti di halaman pencarian Google, ketika Anda melakukan cek beberapa konten, misalkan dengan kata kunci "panduan membuat tempe", maka pasti yang akan ditampilkan Google adalah berabagai situs dengan isi penjelasan berupa artikel (tulisan) yang panjang dengan keterangan yang jelas dan detail. Dan jangan lupa, sertakan kata kunci di dalam konten tersebut.

Jika Anda hanya membuat konten artikel dengan jenis gambar saja, maka kemungkinan besar akan kalah dengan jenis konten seperti yang saya katakan tadi.

Sebagai gambaran akhir.

Jika Anda menargetkan kata kunci "Beli HP Android Samsung" pada blog toko online Anda, maka usahakan isilah konten dengan penjelasan detail HP Android Samsung, dengan spesifikasi lengkap dan harganya. Jangan membuat konten layaknya blog turotial yang berisi artikel yang panjang. Cukup diambil inti dari spesifikasi jenis produk HP Android Samsung saja.

Jika di cek di mesin pencari, yang terlihat dengan kata kunci tersebut biasanya akan mengarah pada toko-toko online yang berhubungan dengan HP Android Samsung, seperti Lazada, OLX dll, bukan pada blog turorial tentang spesifikasi HP Android Samsung.

3. Dapatkan Backlink yang berkualitas

Faktor yang ketiga ini memang saat ini masih bisa memperngaruhi posisi hasil pencarian blog di halaman pertama Google. Yah, walaupun tidak sepenuhnya berpengaruh, tetapi paling tidak backlink masih memegang peranan untuk bisa mengangkat psosisi blog Anda agar bisa menempati halaman pertama Google.

Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas?

Terapkan yang wajar saja, bisa melalui blog walking sesuai dengan topik artikel yang dituju dan pada website yang sudah mempunyai posisi bagus di mesin pencari. Atau bisa juga dengan meminta ijin kepada sang Admin blog yang dituju untuk bisa menanamkan backlink Anda.
Cara termudah untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas pada  situs, blog atau website adalah dengan pasang iklan berbayar.
Jika dinilai dengan uang, hal itu tidak seberapa dengan manfaat yang akan kita dapatkan. Gak percaya? Setidaknya itulah yang sering diampaikan pada pakar blogger.

Adakah cara lain untuk bisa mendapatkan backlink? Mungkin Anda bisa menambahkannya di forum ini.
Backlink yang berkualitas diberikan oleh orang lain atas kemauan mereka sendiri. Sedangkan backlink yang kurang bagus itu yang kita buat sendiri. Namun semuannya dalam kerangka blog, website yang berkualitas dan sudah berdedikasi bagus (terpercaya).
Namun perlu diingat, hanya backlink yang berkualitas saja. Karena takutnya Anda memahami hanya sebatas baklink saja. Karena pada dasarnya, backlink jenis dan manfaatnya berbeda. Jika backlink yang kita dapatkan dari situs yang tidak berkualitas, malah akan berdampak negatif buat blog kita sendiri. Jangan salah pilih Ya.

Pelajari juga: Teknik Mendapatkan Backlink yang Berbahaya Bagi Blog Anda

4. Pahami perkembangan cara kerja Google dalam melakukan rangking terhadap blog dan website

Cara kerja Google dalam melakukan penilaian terhadap beribu-ribu bahkan jutaan alaman domain blog dan website untuk bisa ditampilkan pada halaman pertama Google memang tidak sesederhana seperti yang kita bayangkan.

Coba renungkan. Dengan buanyak sekali blog, website di seluruh jagat ini, namun yang ditampilak di halaman pertama Google hanya 10 saja. Lha yang lain di mana Mas? Ngilang gak tau kemana.

Artikel lanjutan: Penjelasan cara kerja Google dalam menilai sebuah blog

Berikut ini ada beberapa hal bisa berdampak negatif terhadap hasil pencarian Google, yang "mungkin" masih sering dilakukan pada blogger:
  1. Memperbanyak kata kunci pada konten (over keyword)
  2. Sering menggunakan mode bold/italic/underline di keyword secara berlebihan
  3. Share konten secara otomatis
  4. Memasang backlink di komentar blog, social bookmarking dan media blog walking lainnya
  5. Mendapatkan backlink dari web 2.0, Private Blog Network (PBN), dan blog zombie
Beberapa cara yang sering dilakukan para blogger di atas yang tujuannya ingin mendapatkan posisi pertama Google, tetapi kenyatannya malah kurang bagus.

Lha yang baik yang seperti apa? Ya tentu saja berkebalikan dengan kelima langkah di atas, ditambah beberapa langkah di bawah ini:
  1. Letakkan keyword pada URL dan judul halaman. Bagi Anda yang ngeblog menggunakan platform wordpress, biasanya sudah disediakan plugin untuk hal itu.
  2. Lakukan optimasi SEO onpage sekedarnya saja, jangan berlebihan.
  3. Puaskan pengunjung dengan kualitas artikel yang bagus, agar memperkecil bounce rate yang bisa berdampak meningkatkan penilaian positif pada blog kita
5. Buat jaringan yang bagus dan intens dengan blog lain yang sudah berdedikasi

Hal ini akan sangat berperan penting, manakala Anda dan rekan Anda yang berada pada topik bahasan blog yang sama, atau berbeda sekalipun. Fungsinya sederhana, yakni menjadi model referensi bagi pengunjung blog satu dengan lainnya yang akan mengarah pada blog atau website Anda.

Ingat, reputasi yang bagus menjadi pertimbangan utama. Jika Anda mempunyai rekan yang sama-sama jualan HP misalnya, namun teman Anda kehabisan stok, maka tak lain kemungkinan besar rekanmu akan mengarahkan pembeli ke toko Anda bukan? Kenapa bisa? Alasannya sederhana, karena Anda teman dan kolega dia.

6. Buatlah konten yang berkualitas lebih bagus dari yang nomor 1 di Google

Paling tidak, seperti pada beberapa penjabaran di atas, artikel yang berisi sesuai target kata kunci akan mendapatkan posisi yang lebih bagus.

Ada hal lain yang menurut saya juga penting:
Menurut Neil Patel dari Quicksprout, konten infografis rata-rata mendapatkan 37.5% backlink lebih banyak daripada artikel biasa.
So, jika Anda ingin mendapatkan posisi pertma Google, tentu saja harus lebih baik isi kontennya sesuai hasil pengecekan Anda.

7. Lakukan Promosi terhadap konten Anda

Hal inilah yang seringkali dilupakan para blogger. Mereka menganggap hanya dengan membuat konten yang bagus sudah bisa mendapatkan posisi halaman pertama Google. Salah sih tidak, namun kurang efektif dan efisien. Jika kita bisa melakukannya, kenapa tidak. Siapa sih para blogger yang saat ini tidak punyau akun facebook?

Masak iya, bisa buat blog namun tidak bisa buat akun facebook dan twitter? Udik banget kaleus, hehe.

So, silakan informasikan konten Anda, entah berupa artikel atau produk. Bisa melalui media sosial atau langsung dari mulut ke mulut. 
Jika ingin sekali nyelam dua pulau terlampaui, lakukan saja pasang iklan berbayar pada blog atau website yang sudah memiliki trafik bagus. Sudah dapat backlink berkualitas, dapat pengunjung pula.
8 Iklhas, istiqomah dan berdo'a dalam menjalani aktifitas blogging

Tidak ada hasil yang maksimal tanpa ada dorongan do'a yang senantiasa mengiringi aktifitas ngeblog yang kita lakukan. Ingat kata orang bijak, sebarkanlah walaupun satau ayat. So, terus berkarya dan menyampaikan sesuatu yang bermanfaat kepada sesama.

Ingat, ngeblog menyenangkan, selain dari berkah ilmu yang bermanfaat, juga bisa menambah silaturrohim dengan teman dan bisa pula mendapatkan rejeki yang barokah.

Baca juga: 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan untuk Blog Baru Terkait SEO

Demikian sekelumit 8 Cara Menampilkan Website dan Blog di Halaman Pertama Google. Semoga bermanfaat buat rekan-rekan semua. Jika ada pertanyaan, silakan masukkan ke dalam kolom disukusi atau hubungi kontak.

Good luck and happy blogging.

15 Responses to "8 Cara Menampilkan Website dan Blog di Halaman Pertama Google"

  1. Tapi yang terpenting, ikhlas aja dlu buat artikel, urusan SEO urus sesuai kemampuan gk usah dipaksain.. Klo memang artikel yg dibuat berkualitas, pasti kok pengunjung banyak yg dateng :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heem mas...namun ikhas dalam buat artikel aja gak cukup..mesti yg berkualitas..apa udah cukup? belum cukup juga mas...mesti ada optimasi dasar SEO yg wajib dilakukan..jika tidak, ya sama saja membuat artikel bagus namun hanya kita sendiri yg baca karena tidak terindeks oleh search engine...

      Hapus
  2. mencoba sesuatu yang baru. artikel ini bermanfat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga memang bermanfaat buat mas..salam sukses selalu

      Hapus
  3. I like your blog information is very interesting and modern, I love your blog...visit this link

    BalasHapus
  4. yah awalnya saya kira cara untuk menampilkan web kita dihalaman pertama google itu cukup dengan berkomentar dengan menyertakan link websita , tapi beberapa saat setelah berkomentar, udah dihapus komentar tersebut..
    Sekarang baru tau kalo selama ini salah ..
    makasih yah mas infonya :)

    BalasHapus
  5. Insyaallah artikel ini akan membantu kita semua.

    BalasHapus
  6. Bermanfaat banget buat saya yang masih belajar seo.

    BalasHapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel