Cara Membuat Artikel SEO Agar Halaman Pertama Google

Selamat malam Sobat blogger di manapun berada. Dalam kesempatan yang mulia ini, alhamdulillah setelah menjalankan Sholat 'Isya' dan Tarawih berjamaah, kali ini akan kami berikan beberapa tips dan panduan SEO blog, khususnya metode sederhana dalam penulisan artikel blog agar lebih ramah dan bisa menuju nomor satu halaman pertama Google.

Pada diskusi sebelumnya sudah kita bahas secara panjang lebar 8 cara menampilkan blog nomor satu halaman pertama Google. Panduan blog tersebut tidak sekedar dari kaca mata SEO basic yang menjadi teknik utama memikat search engine khususnya Google terhadap keberadaan blog kita. Baik dari proses crawling maupun indexing sampai tahap rangking oleh mesin pencari sehingga muncullah blgo kita di searh engine.

Selain itu, hal yang sudah kita bahasa juga sudah saya lakukan dalam beberapa keyword atau kata kunci baik tertarget menggunakan metode riset keyword maupun sekedar uji coba sembarang terhadap beberapa trending terkini.

Baca juga: SEO itu penting, namun jangan buang-buang waktu dengan SEO

Cara Membuat Artikel SEO Agar Halaman Pertama Google

Ini adalah cara mudah membuat artikel SEO dan agar halaman pertama Google
Untuk lebih memahami dan tepat menjalankan tips kali ini, ada baiknya kita juga mengetahui beberapa ciri-ciri artikel blog ramah search engine google. Apa pentingnya? Ya supaya kita lebih tahu secara teori maupun basik bagaimana memperoleh trafik yang bagus di mesin pencari dengan modal artikel yang kita tulis.

Jika dilihat lebih dalam, komponen keberadaan trafik blog kita kok bisa nongol di mesin pencari Google tak lain dan tak bukan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antaralain:
  1. Kualitas template (dari segi desain)
  2. Kualitas artikel
  3. Backlink
  4. Promosi (marketing methodh)
Keempat komponen utama di atas akan menjadi alasan kenapa Anda harus memaksimalkan maindset istilah umum : "ada blog yang dicintai Google" atau seacrh engine. Dalam diskusi kali ini, kita akan bahas secara mendalam pada tataran poin ke dua, yakni kualitas konten, khususnya artikel blog Anda.

Seperti yang kita ketahui, dalam metode blogging dikenal istilah konten dan artikel. Perlu difahami, konten bersifat umum, sedangkan artikel bersifat khusus. Jika konten belum tentu artikel, namun jika artikel sudah pasti bagian dari artikel. Itu artinya, konten sebuah blog, website atau situs yang dimilik setiap blogger juga berbeda-beda.

Baca juga: SL Style Magz - Template Premium SEO Killer Terpopuler

Ada kalanya seorang blogger mengisinya konten dengan artikel. Ada juga yang menggunakan video sebagai obyek kontennya. Jadi, konten masih bersifat umum sedangkan artikel lebih khusus karena lebih banyak berupa tulisan.
Kenapa hal ini saya jadikan bahan pembuka penjelasan ini? Karena metode optimasi konten blog yang berupa artikel dengan video atau image (gambar) juga berbeda. Sehingga, Sobat juga harus jeli ketika menerapkan sebuah metode guna memperjelas konsep target terhadap seacrh engine.
Sekarang kita lanjut pada point pembahasan. Berikut ini ada beberapa metode atau cara membuat artikel blog agar ramah search engine Google, diantaranya:
  1. Usahakan untuk melakukan riset keyword sebelum menulis.
  2. Temukan niche atau topik yang sudah Anda temukan dari riset kata kunci.
  3. Untuk menambah potensi trafik dari pengunjung unik, Anda juga bisa mecari topik terkini, trending topic yang paling populer secara tertrget, baik dalam atau luar negeri sesuai dengan target pengunjung. Sobat bisa menggunakan bantuan Google Trends. Dengan cari itu, Anda akan disuguhkan berbagai topik terkini yang lagi populer, baik dalam negeri atau luar negeri.
  4. Lakukan pula penelitian sederhana terhadap situs di halaman pertama Google, sesuai dengan target. Buka salah satu situs blog yang dirasa bagus, dan pelajari isi artikel terebut (sekedar mempelajari isinya, jangan copy paste artikel tersebut).
  5. Usahakan artikel yang Anda buat harus seunik mungkin, seoriginal mungkin sesuai dengan gaya bahasa yang difahami. Berusaha menjadi diri sendiri dengan gaya keunikan Anda menjadi nilai plus bagi mesin pencari Google.
  6. Tempatkan kata kunci (keyword) pada judul sesuai urutan. Kata kunci utama lebih bagus berada di awal dan seterusnya. Namun, jika dirasa rancu gaya bahasanya jika menerapkan metode ini, usahakan membuat judul yang relevan dan mudah difahamai orang lain yang akan mengetikkan di mecin pencari Google.
  7. Tempatkan kata kunci (keyword) pada paragraf pertama, tengah dan akhir. Usahakan jangan terlalu over keyword, sewajarnya saja.
  8. Aturlah alamat link url artikel tersebut memuat seluruh kata kunci yang Anda tergetkan. Sobat bisa melakukan optimasi agar url artikel agar SEO melalui setting pada bagian link judul halaman penulisan yang terletak di bawah opsi judul di atas lokasi.
  9. Masukkan pula deskripsi artikel secara manual seperti halnya point ke-8. Usahakan deskripsi artikel tersebut unik yang memuat keyword. Deskripsi inilah yang biasanya akan tampil di mesin pencari.
  10. Sertakan data, ulasan spesifik, dan usahakan memunculkan solusi dari permasalahan jika topiknya berawal dari masalah. Namun jika hanya kontennya bersifat informasi, lebih bagus lagi sertakan file video atau gambar yang menarik pembaca. Ini aspek SEO yang kelihatannya sederhana, namun penting sebagai salah satu metode marketing sederana.
  11. Jangan menyematkan gaya bahasa yang menyalahi aturan penayangan Google. Hal ini bisa berakibat fatal bagi kemajuan perkembangan blog Anda secara umum.
  12. Yang paling penting adalah kemanfa'atan dari artikel yang Anda tulis. Usahakan untuk selalu memberikan nilai kemanfa'atan terhadap setiap konten artikel yang Anda buat. Selain mendapat nilai kepuasan bagi pembaca, juga mendatangkan minat pembaca untuk follow atau subscribe artikel langganan blog Anda.
  13. Segera submit artikel Anda ke Google Webmaster tools. Hal ini bertujuan untuk mempercapat indexing atau crawling url artikel Anda di mesin pencai Google.
  14. Jangan lupa untuk membagikan artikel Anda terhadap komunitas media sosial atau apapaun agar orang lain tau keberadaan tulisan Anda.
  15. Alhamdulillah atas ilmu yang telah Anda berikan kepada orang lain, semoga berkah.
Baca juga: 12 kebijakan Google terhadap konten blog yang harus Anda tahu

Demikian sekilas informasi dan panduan blog kali ini, khususnya Cara Membuat Artikel SEO dan Ramah Google. Semoga bermanfaat dan berkah. Good luck and happy blogging.
(http://www.forumblogindo.com/).*

1 Response to "Cara Membuat Artikel SEO Agar Halaman Pertama Google"

  1. Nesdek Inc

    They work for the whole day and go back home very much exhausted and if that is the case, they have earned money. They tend to assume that you have to work hard and get tired for the money that you earn. This is not true because you can learn how to make money as a teen and it will not involve getting all tired and worked up every day.

    http://quantumvisionsystemreview.org/nd-nesdek-inc-review/

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel