4 Bahaya Bermain Pokemon Go Bagi para Blogger

Keberadaan permainan yang bisa dibilang fenomenal saat ini yakni Pokemon GO memang membuat para penggunanya menjadi semakin tak terkendali. Lihat saja surat kabar Suara Merdeka edisi 20 Juli 2016 halaman 15, karena saking ayik dan menikmati permainan Pokemon Go, seorang Buronan masuk ke kantor Polisi.

Ada lagi di halaman 2 surat kabar yang sama, saking gemasnya bermain Pokemon Go, seorang warga Prancis terpaksa harus berususan dengan Kantor Polisi, khususnya di daerah Bandung Jawa Barat. Hal ini dikarenakan Pierre, nama warga Prancis tersebut secara sengaja menerobos masuk ke kawasan Militer, Makodim 0614/ Kota Cirebon.
Akibat perbuatan tersebut, Pierre harus berususan dengan pihak Kepolisian.
Dan masih banyak lagi fenomena dunia saat ini tentang dampak pola permainan Pokemon Go di Indonesia, bahkan sampai di luar negeri.

Baca juga: Jenis Hosting Terbaik untuk Blog Anda. Pilih Mana?

Akankah permainan Pokemon Go yang bisa diunduh di Play Store melalui perangkat Android tersebut berbahaya pula bagi seorang blogger? Berikut beberapa hal yang menurut saya bisa berpotensi menurunkan kualitas diri Anda.

Dampak Negatif Bermain Pokemon Go Bagi para Blogger

Bahaya Bermain Pokemon Go Bagi para Blogger
Ada kalanya menjadi seorang blogger memang memerlukan sebuah kegiatan tambahan berupa melakukan hubungan sosial yang lain seperti halnya orang pada umumnya. 

Sebut saja melakukan koneksi melalui media sosial seperti facebook, twitter, linkedin dan lainnya.

Ada kalanya juga sebagai seorang blogger juga memerlukan hiburan laiinya sebagai pengisi waktu luang lainnya, seperti bermain game online maupun game offline yang sudah diintasl di perangkat gadget Anda.

Semua bentuk kegiatan tersebut memang bisa memberikan ruang dan cerita tersendiri bagi seorang blogger.

Seperti halnya yang baru heboh dan booming di seantero dunia saat ini dengan munculnya sebuah permainan Pokemon Go, secara tidak langsung juga bisa mempengaruhi tingkat psikologis seseorang. Entah sebagai seorang blogger maupun di semua jenjang kalangan masyarakat.

Yah, walaupun sekedar pendapat pribadi, namun beberapa fakta tentang Pokemon Go di masyarakat bisa kita ambil hikmah dan pelajaran, seperti beberapa fakta yang saya tulisakan di awal artikel ini.

Kira-kira hal apa saja yang berakibat fatal bagi seorang blogger jika sering bermain Pokemon Go?

Berikut beberapa alasan (menurut pandangan saya pribadi) dampak negatif bermain Pokemon Go bagi seorang blogger:

1. Lupa menulis dan berbagi ilmu kepada orang lain

Bukan tidak mungkin jika Anda keseringan bermain Pokemon Go lama-kelamaan akan membuat banyak waktu Anda, sampai lupa menulis atau membuat konten kepada pembaca setia. Bukan tidak mungkin pula saking asyiknya bermain Pokemon Go bisa melupakan rutinitas blogging yang biasa Anda lakukan secara fun dan nyaman.

Dikit-dikit kepikiran nyari Pikacu dll. 

2. Melupakan aktifitas penting lainnya

Bukan tidak mungkin pula dengan kegemaran bermain Pokemon Go, Anda melupakan aktifitas "wajib" Anda sebagai seorang blogger. Apa itu? Tentu sebagai seorang "muslim" seperti saya berkewajiban menjalankan ibadah wajib seperti Sholat lima waktu dan membaca Al-Qur'an.

Saya kira hal ini juga berlaku bagi Sobat penganut agama non Islam, pasti juga mempunyai kewajiban menjalankan ibadah secara khusyuk.

3. Bisa berpotensi menurunkan pendapatan dari blog

Bukan tidak mungkin pula jika Anda terlalu banyak meluangkan waktu untuk bermain Pokemon Go bisa menurunkan jumlah pendapatan dari blog Anda, misalkan dari Google Adsense.

Hal itu karena terpengaruh dengan dampak bermain Pokemon Go seperti pada penjelasan poin pertama. Akibatnya, jumlah visitor akan berkurang dan itu berimbas pada kemungkinan jumlah pendapatan Anda dari blog semakin besar.

4. Menurunkan kualitas personal Anda pada hubungan sosial masyarakat

Pola permainan Pokemon Go yang begitu ayik (menurur sebagin orang) bisa saja merubah paradigma berfikir Anda dalam menjalankan kehidupan sosial bermasyarakat. Dengan begitu banyaknya waktu yang Anda gunakan untuk bermaian Pokemon Go, kemungkinan besar juga bisa bedampakan berkurangnya waktu Anda dalam menjalin hubungan sosial dengan keluarga, teman, pacar, bahkan masyarakat.

Apakah hal itu baik?

Menurut saya sih kurang begitu bagus.


Kesimpulan

Dalam menjalani aktifitas blogging maupun kehidupan bermasyarakat, ada baiknya kuta juga peka dan bisa berkontribusi memberikan sumbangsih sesuai dengan kadar keilmuan yang kita miliki. Setiap bentuk aktifitas yang kita lakukan tentu membawa konsekuensi nyata dalam kehidupan kita, termasuk bermain Pokemon Go.

Dengan berbagai fakta yang terjadi di lingkungan masyarakat baik di Indonesia maupun luar negeri dampak dari permainan Pokemon Go, memang menjadi sebuah fenomena baru dalam jagad gadget dan device di dunia ini.

Bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik, termasuk bermain Pokemon Go secara terfilterisasi dengan baik, bisa juga berdampak positif bagi diri Anda. Namun, jika secara berlebihan dalam bermain Pokemon Go, bisa juga berdampak negatif bagi diri Anda sendiri dan juga orang lain.
Sejauh itu bisa membuat kualitas diri Anda meningkat dengan bermain Pokemon Go, maka lakukanlah. Namun jika membuat lebih banyak mudlorot, silakan langkah yang tepat bagi kehiduapan Anda.
Demikian sekilas artikel pagi ini khususnya tentang Bahaya Permainan Pokemon Go Bagi para Blogger. semoga bermanfaat.

Salam sukses selalu.

0 Response to "4 Bahaya Bermain Pokemon Go Bagi para Blogger"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel