Teknik Dasar SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu

Teknik SEO Terpenting yang Wajib Kamu Tahu - Kalau Anda pernah melakukan pencarian blog di Google, Yahoo, Bing, atau search engine lainnya, Anda akan melihat daftar website yang relevan dengan sesuai atau paling tidak mendekati apa yang diinginkan. Hal itu sebenarnya adalah bagian dari cara masuk Google top page one halaman pertama.

Beberaa hal di dalamnya adalah sebuah tips SEO terbaru yang sudah saya tulis pada pembahasan kemarin. Search engine akan meyajikan dalam bentuk urutan hasil pencarian tersebut bukan secara acak, tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website. Jadi, kata relevansi dan kualitas blog menjadi sangat penting Anda fahami. Semakin relevan tulisan Anda di mata search engine, semakin besar pula blog Sobat bisa berada di halama pertama, begitu pula sebaliknya.

Oleh karena itu, tingkat pemahaman anda terhadap cara kerja mesin pencari menjadi penting untuk dipelajari.

Silakan pelajari: Cara kerja search engine Google dalam memeringkat sebuah situs

Teknik Dasar SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu

Teknik Dasar SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu
Teknik Dasar SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu
Ada begitu banyak faktor yang digunakan oleh search engine untuk menentukan tingkat relevansi dan kualitas sebuah blog. Ingat, kualitas blog bisa kita fahami tidak sekedar pemahaman artikel, namun bisa konten secara lebih luas serta tata kelola blog itu sendiri. Berawal dari situlah kenapa SEO memegang peranan itu.

Secara sederhana, berikut ini arti dan makna SEO itu sendiri:
SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi blog untuk search engine (mesin pencari) agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.
Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking. Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut.

Teknik Dasar SEO

Jika Anda sudah membaca secara seksama artikel sebelumnya, akan Anda ketahui secara rinci dan jelas kenapa kita membicarakan teknik dasar SEO blog ini, yang hasilnya tentu saja untuk meraih top page one Google.

Pada dasarnya, Google (dan mesin pencari lain) merupakan sebuah tools, alat, atau sekedar sebuah produk yang digunakan manusia selaku user untuk memberikan bantuan berupa informasi sesuai dengan relevansi kata kunci yang dimasukkan. Dan dalam hal ini, sudah sewajarya jika Google misalya akan berupaya memuaskan pengguna.

User menginginkan supaya hanya blog terbaik saja yang muncul di halamn pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.
Jadi, inti dari SEO adalah segala upaya yang dilakukan guna menjadikan blog anda mejadi yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan, terlebih bisa menuruti user secara menyeluruh.
Lalu sebenarnya apa kesimpulan teknik dasar SEO blog kali ini? Secara sederhana, ada empat komponen dasar yang termasuk kedalam teknik SEO sebuah blog maupun website, diantaranya:
  • Konten (artikel, video, foto dll) yang disajikan
  • Tata kelola Struktur dan navigasi blog
  • Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
  • Popularitas
Read also: SEO itu penting, namun jangan buang-buang waktu Anda dengan SEO

Demikian sekilas informasi singkat namun sangat kaya akan ilmu, khususnya tentang Teknik Dasar SEO Blog. Semoga bermanfaat, salam sukses selalu.

6 Responses to "Teknik Dasar SEO Blog yang Wajib Kamu Tahu"

  1. Sangat membantu buat pemula

    ReplyDelete
  2. Informasi yang bermanfaat , tapi saya menggunakan android untuk main blog , apa bisa mengutak-atik blog via android agar bisa seperti di PC?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa sekali mas..cari aja aplikasinya banyak kok...

      Delete
  3. Bermanfaat sekali artikelnya jadi menambah ilmu saya tentang SEO. Thanks....

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel