Bahaya Merubah Meta Deskripsi Blog Anda

Selamat pagi kawan. Dalam pagi yang indah ini, mari sejenak mengucap syuur kepada Tuhan YME atas segala karunianya.

Dalam kesempatan ini, ada sebuah pertanyaan dari rekan blogger pengguna template SL Wuss V4. Beliau mengatakan kenapa setelah menggunakan template tersebut RPM adsense yang ia kelola drastis turun? Serta kenapa iklan Google Adsense nya tidak relevan dengan blog itu?

Berikut ini adalah tampilan meta deskripsi yang default ke semua halaman blog:

tampilan meta deskripsi yang default ke semua halaman blog


Ternyata, setelah saya lakukan pengamatan, hal itu bukan karena SL Wuss V4 yang salah; atau kurang maksimal, atau saking jeleknya, namun karena meta deskripsi di dalam template SL Wuss V4 belum dilakukan penyesuaian blog yang ia kelola.

Jika hal itu terjadi, ya secara otomatis ia seperti membuat blog baru, memulai dari awal lagi.

Oleh karena itu:
Ketika Sobat melakukan proses penggantian template dengan template yang baru, entah download maupun template blog premium, ada baiknya memperhatikan bagian meta tag, khususnya meta deskripsi. Jika bertype setting meta deskripsi otomatis, maka silakan lakukan penyesuaian. Jika template blog secara default tersetting pada setiap halaman, maka tidak perlu melakukan penyesuaian.
Baca juga: Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly

Itulah beberapa alasan kenapa ketika mengganti meta deskripsi blog baru, otomatis akan merubah identitas blog Anda, dan akibatnya Google akan melakukan proses indentifikasi (indexing) blog baru pula, walaupun nama domain blog anda lama.

Saran saya ketika mengganti template blog baru, silakan lakukan hal berikut ini:
  1. Baca dulu petunjuk penggunaan template
  2. Lakukan backup seluruh data blog lama
  3. Identifikasi template, apakah setting meta deskripsi manual atau secara otomatis default semua halaman
  4. Lakukan penyesuaia jika perlu, baik meta deskripsi maupun meta keyword (kata kunci)
  5. Sae template
Setidaknya lima hal cara mengganti template yang benar di atas bisa sangat bermanfaat buat Anda. Dan semoga, blog Anda semakin bagus dalam berbagai aspek.


Good luck and happy blogging.

2 Responses to "Bahaya Merubah Meta Deskripsi Blog Anda"

  1. saya pernah sekali mengganti "judul blog" anehnya di hasil pencarian niche lama tidak dihapus malah di tambah di penghujungnya dengan "judul blog lama" contoh hasil pencarian blog saya begini mas... "judul artikel - judul blog baru - judul blog lama" padahal semua judul blog lama meta description sudah saya hapus.... kira-kira ini gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya jelaskan berada dalam setting template di dalam struktur data mas. Kemungkinan template yang mas gunakan tidak bertipe SL Wuss V4, melainkan meta deskripsi langusung dibuat pada homepage. Salam

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia