Cara Setting Deskripsi Blog Agar SEO Friendly untuk Mesin Pencari

Ketika Sobat baru saja membuat blog baru, langkah wajib yang mesti dilakukan tentu melakukan optimasi SEO. Salah satu cara optimasi SEO blog untuk bisa halaman pertama Google adalah dengan menuliskan dekripsi blog di dalamnya.

Perlu Sobat ketahui, di dalam pengaturan dasar blog yang berada di halaman dashboard terdapat dua bagian pokok. Dua tempat pengaturan deskripsi blog ini tidak semuanya ditujuakn untuk mesin pencari.

Atas dasar itulah, cara efektif dalam melakukan setting deskripsi blog sesuai fungsi dan penggunaannya sangatlah penting. Hal itu agar tidak muncul anggapan bahwa deskripsi blog yang sudah Sobat atur bisa maksimal.

Kok pengaturan deskripsi blog ada dua mas?

Iya, di dalam halaman dashboard blog terdapat dua tempat untuk mengatur (menuliskan) dekripsi blog. Di dalam artikel inilah akan saya coba berikan penjelasan singkat di bagian mana deskripsi blog yang memang ditujukan untuk mesin pencari dan hanya disertakan di dalam tampilan blog saja.

Tutorial lanjutan: Lama Waktu, Tips Trik Lolos Review Pertama dan Kedua Full Approve Google Adsense

Cara Setting Deskripsi Blog Agar SEO untuk Mesin Pencari

Cara Setting Deskripsi Blog Agar SEO Friendly untuk Mesin Pencari
Seperti yang sudah saya katakan di atas, karena pengaturan deskripsi blog ada dua buah, maka hendaknya kita juga tahu sebenarnya fungsinya untuk apa saja. Apakah kita harus mengisinya semua, atau cukup satu saja? Apakah boleh menuliskan dengan isi dekripsi blog yang sama? Apakah boleh juga melakukan penggantian deskripsi blog?

1. Deskripsi blog di bawah judul

Deskripsi blog ini hanya berfungsi untuk menjelaskan kepada pembaca, tentang isi secara keseluruhan blog Anda. Sebagai contoh, silakan lihat deskripsi blog di situs saya ini, bertulisakan "Forum Komunikasi Blogger dan Panduan, Petunjuk Pembuatan Blog Berkualitas dan Tips SEO Blog".

Jadi, deskripsi blog ini tidak secara khusus ditujukan untuk target mesin pencari atau serach engine. Kalau memang tidak ditujukan untuk mesin pencari, apakah penting menulikan deskripsi yang pertama ini mas?

Ya tentu saja penting. Lalu bagaimana cara menuliskannya?

Silakan buka saja halaman Dashboard > Setelan (setting) > Dasar (basic) > Deskripsi. Karena sifatnya sekedar memberikan penjelan singkat akan isi blog secara umum, maka buatlah deskripsi blog yang singkat dan mudah dimengerti oleh pembaca. Jika terlalu panjang, tentu malah akan membuat tampilan blog Anda tidak terlalu rapi, kecuali judul dan deskripsi blog diganti dengan gambar logo.

2. Deskripsi blog untuk fokus mesin pencari (agar SEO)

Pada bagian inilah salah satu cara optimasi SEO blog Anda. Cara menuliskan deskripsi blog untuk mesin pencari tidak seperti menuliskan deskripsi seperti tipe pertama.

Dalam menuliskan deskripsi blog untuk mesin pencari, usahakan menggunakan bahasa yang jelas, sesuikan dengan target Anda di mesin pencari, usahakan pula jangan mengulang kata yang sama. Untuk masimal kata dalam penulisan deskripsi blog untuk mesin pencari ini lebih baik pada kisaran maksimal 150 kata, jangan lebih.

Lalu bagaimana cara setting deskripsi blog untuk mesin pecari? Caranya juga cukup mudah. Silakan buka Dashboard > Setting > Preferensi Penelusuran (Search preferences) > Tag Meta (Meta Tags) > Descripsi.

Silakan tuliskan sesuai dengan tips di atas. Di dalam penulisan deskripsi kedua inilah yang akan tertarget pada dua hal khusus, yakni mesin pencari secara umum seperti Google, Yahoo, Yandex dll. Yang satunya masuk pada mesin pencari namun khusus untuk sharing sosial media seperti Google+, Facebook, dan lainnya.


Demikian ulasan singkat mengenai Cara Setting Deskripsi Blog Agar SEO untuk Mesin Pencari. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat buat rekan-rekan semua. Salam sukses selalu.

2 Responses to "Cara Setting Deskripsi Blog Agar SEO Friendly untuk Mesin Pencari"

  1. Terima kasih mas tipsnya. ngaruh juga ternyata deskripsi blog di searh engine. tapi mas kalau judul blog pake Logo apa itu ngaruh juga ke SEO ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat penting sekali mas. Maka usahakan menggunakan deskripsi blog yang sesuai dengan konten serta kata kunci yang Mas target.

      Sejuh pengalaman saya, logo tidak berpengarh terhadap SEO mas. Namun, saya pernah melakukan pengujian Skor SEO beberapa template, terdapat perbedaan menggunakan logo dan tidak. namun hal itu cuma karena belum adanya keterangan ALt text dari image logo tersebut.

      Semoga bisa membantu, Salam

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia