Lama Waktu, Tips Trik Lolos Review Pertama dan Kedua Full Approve Google Adsense

Pada beberapa waktu kemarin, saking banyaknya aktifitas, maka banyak sekali pertanyaan rekan blogger yang belum terjawab. Dari beberapa pertanyaan yang paling banyak adalah seputar Google Adsense, khususnya pertanaay berapa lama waktu review kedua Adsense; apa yang harus dilakukan ketika review kedua Adsense tersebut.

Kedua pertanyaan tersebut memang menjadi sebuah tanda tanya besar bagi banyak blogger yang memang berada dalam dilema besar.

Di sisi ingin segera mendapatkan akun full approve Google Adsense, di lain pihak kok lama banget dan ribet prosesnya. Ada juga yang mengaku seperti berada pada ketidak pastian (diterima atau ditolak, alias mengambang).

Kebanyakan kejadian seperti itu dialami "sebagian" besar rekan blogger yang sudah mencoba mendaftar GA. Jika Sobat mengalami hal di bawah ini:
  1. Bisa pasang iklan Adsense, iklan sudah tampil namun belum dapat email penjelasan diterima Full approve atau tidak
  2. Iklan sudah tampil beberapa jam, namun hilang dengan sendirinya dan gak tampil-tampil lagi
  3. Iklan sudah tampil beberapa jam bahkan seharian nongol, namun hilang dengan sendirinya dan gak tampil-tampil lagi
  4. Iklan tampil lebih dari satu hari namun tetap belum mendapat penjelasan rinci diterima tahap review kedua
  5. dan masih banyak lagi pengalaman lain.
Itulah setidaknya beberapa pengalaman pribadi saya, dan mungkin juga rekan-rekan semua ketika sudah berkecimpung dalam dunia GA.
Ketika mengalami hal yang sama seperti saya, kemungkinan besar akun Google Adsense Sobat masih dalam tahap review kedua.
Memangnya proses diterima tidaknya Google Adsense ada berapa tahap mas, kok ada tahap review kedua?

Lama Waktu, Tips dan Trik Lolos Review Pertama dan Kedua Adsense


Lama Waktu, Tips Trik Lolos Review Pertama dan Kedua Full Approve Google Adsense
Dalam proses diterimas tidaknya menjadi publisher Google Adsense, setiap blogger harus melalui dua tahap review. Review pertama paling hanya membutuhkan beberapa jam saja sejak pengajuan akun GA.

Pada tahap review pertama Google Adsense ini, hal dasar yang mesti dilakukan sebelum pengajuan tentu keberadaan blog, situs atau website yang berkualitas.

Menu navigasi, konten yang jelas serta desain tata kelola tampilan yang jelas dan memudahkan pengguna.

Adakah batasan minimal jumlah artikel pada tahap review pertama atau ketika akan mengajukan akun Google Adsense?

Ada baiknya sobat membuat blog dengan tips di atas. Artikel yang berkualitas bukan hasil copas, desain blog yang memudahkan pengguna, serta tidak memuat hal-hal yang bertentangan dengan larangan pelanggaran Google. Karena ada juga rekan blogger yang mengatakan jumlah minimal artikel harus banyak, umur blog 6 bulan dll.
Jika di dalam dashboard akun menu daftar iklan Google Adsense blogger Anda sudah aktif, walaupun jumlah artikel masih sedikit dan umur blog baru saja dibuat, maka sobat sudah bisa melakukan proses pengajuan akun GA.
Hal itu sengaja saya katakan, karena saya sendiri pernah mengalami. Di tahun 2016 ini, saya membuat blog dengan murni artikel buatan sendiri dan jumlahnya tidak terlalu banyak (kisaran 15an artikel) dan masih berumur sekitar 3-4 minggu, tetapi sudah bisa mendaftar akun GA.

Melihat pengalaman itu, saran saya jika hal di atas sudah ada di blog Mas, mbak, maka silakan saja mencoba melakukan pengajuan akun Google Adsense.

Jika sudah melakukan pengajuan akun GA, maka secara otomatis Anda sudah masuk pada tahap review pertama. Sobat hanya perlu melakukan saran saya di atas, bila mana perlu silakan cari info tambahan dari senior blogger lain.

Setelah review pertama lolos, maka Anda akan masuk pada tahap review kedua. Adakah ciri-ciri lolos pada tahap review pertama Adsense Mas?
Ciri lolos review Google Adsense pertama apabila tidak ada email balasan mengenai penolakan pengajuan akun, serta biasanya ada email masuk yang berisi himbauan untuk segera memasang kode iklan GA di blog Anda.
Lha, pada tahap ini secara otomatis Anda sudah lolos tahap satu, dan memulai untuk memasuki tahap review kedua.

Setelah Anda sudah bisa masuk ke akun Google Adsense dan sudah bisa mendapatkan kode iklan, maka silakan segera dipasang di blog. Ketika hal itu sudah Anda lakukan, maka secara otomatis pula blog anda akan memasuki review kedua.

Biasanya, tahap review kedua inilah yang menjadi "bumerang" bagi sebagian rekan blogger. Karena review tahap pertama paling hanya memerlukan waktu beberapa jam saja. Cepatnya review karena yang melakukannya adalah robot, itu beberapa jawaban dari kebanyakan rekan blogger.

Kenapa saya katakan "bumerang" pada masa review kedua ini? Jawabannya pada lima hal yang sudah saya sampaikan di awal artikel ini.

Pertanyaan lain yang malah menjadi penting, apa yang harus dilakukan ketika memasuki review kedua Google Adsense ini? Adakah tips dan trik khusus?

Seperti hal yang pernah saya alami, pada masa review kedua GA ini ada beberapa hal yang saya lakukan. Pada masa review kedua ini, biasanya memerlukan waktu agak lama sesuai dengan pihak Google Adsense sendiri selaku pihak peneliti, juga tergantung dengan berkualitas tidaknya blog Anda.

Untuk lebih memahami kriteria blog yang berkualitas atau tidak seperti apa, silakan baca ulasannya pada artikel sebelumnya.

Berikut ini beberapa hal yang "baiknya" dilakukan ketika memasuki review kedua Google Adsense:
  1. Diperjelas lagi desain dan tata kelola blog Anda. Biasanya penolakan review kedua disebabkan karena tidak jelasnya menu navigasi (dianggap mempersulit) pengguna.
  2. Kurangi (hapus) widget yang tidak terlalu penting (seperti statistik pengunjung, alexa, jam, tanggal, maupun animasi dalam bentuk apapun) di dalam blog Anda
  3. Jangan pasang kode kerjasama dengan pihak advertiser lainnya, seperti afiliasi dll, walaupun itu tidak melanggar ketentuan sebagai publisher GA
  4. Buatlah artikel yang memang berkualita
  5. Tingkatkan jumlah pengunjung blog Anda secara natural (pengunjung unik dari search engine)
  6. Jangan terlalu over melakukan shared ke group media sosial apapun, karena hal itu bisa dianggap pengunjung blog Anda tidak unik dan natural
  7. Terus konsisten membuat konten
Untuk opsi ke enam, mungkin banyak rekan blogger lain yang berpendapat kebalikannya. Karena berpandangan promosi melalui shared link ke media sosial bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak. 

Itulah setidaknya beberapa penjelasan mengenai lama waktu, tips dan trik lolos review pertama dan kedua Google Adsense, sehingga akun Anda bisa full approve.


Mungkin dari awal hingga akhir banyak hal yang tidak sesuai dengan pemahaman Anda, ya mohon maaf. Saran dan ulasan di atas sekedar cerita pribadi saja, dan semoga bermanfaat.

Demikian sedikit ulasan mengenai topik Google Adsense pagi ini, semoga bisa menjawab segala pertanyaan Sobat semua. Salam sukses selalu.

2 Responses to "Lama Waktu, Tips Trik Lolos Review Pertama dan Kedua Full Approve Google Adsense"

  1. Mas, saya tidak menerima email apapun dari adsense, namun beranda adsense sudh terbuka dan saya sudah bisa membuat unit iklan. Namun, setelah kode diletakkan tetap saja tidak ada tampilan iklan dan kolom blank pun tidak ada. Apa itu wajar? Di tambah lagi diberanda adsense terus ada kalimat "we are working on setting you up.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti itu masih masa review Mbak..Ditunggu saja

      Hapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel