5 Ciri Konten Artikel Bog Anda Berkualitas untuk Halaman Pertama Google

5 Ciri Konten Artikel Bog Anda Berkualitas untuk Halaman Pertama Google
Menyambung artikel sebelumnya tentang ciri blog Anda disukai visitor, kali ini saya sampaikan hal yang lebih spesifik kembali yakni ciri konten artikel berkualitas guna mendorong blog Anda berada di nomor satu halaman pertama Google.

Hal ini penting saya sampaikan agar nantinya tidak muncul persepsi yang salah mengenai pemahaman dasar mengenai 3 elemen dasar SEO sebuah website atau blog.

Maka dari itu, sebisa mungkin agar kita tidak menerapkan pemahaman SEO yang salah. Dampak dari penerapan optimasi SEO yang salah itulah yang bisa "memenjarakan" blog kita di SERP pencarian Google maupun mesin telusur lainnya seperti Yahoo, Bing, Yandek dan lain sebagainya.

Baca juga: 8 Cara Menampilkan Website dan Blog di Halaman Pertama Google

5 Ciri Konten Artikel Bog Anda Berkualitas untuk Halaman Pertama Google

Dalam beberapa kesempatan, pernah saya berdiskusi dengan para blogger yang notabene mereka telah melanglang buana di dunia Internet Marketer.
Hal mendasar yang saya tanyakan adalah lebih penting mana antara kualitas konten dengan link building jika kita masih awal dalam membangun sebuah blog atau website?
Secara sederhana beliau menjawab: penerapan link building memang menjadi hal penting untuk diterapkan pada blog yang kita kelola. Ibarat kata, link building akan memberikan penilaian, justifikasi oleh Google kepada situs tersebut sesuai dengan kualitas backlink yang diberikan.

Namun, hal penting lagi yang perlu diingat, tidak hanya link building yang menjadi patokan utama Google untuk merangking sebuah situs. Banyak faktor lain yang saling mendukung satu sama lain.
Khusus untuk blog baru, tidak ada cara lain untuk bisa berada nomor satu halaman pertama Google (page one) melainkan dengan membangun sebuah konten yang memang benar-benar berkualitas.
Berawal dari situlah muncul obrolan ringan, menengah dan tinggi. Lanjut saya tanyakan kembali. Lalu sebenarnya apa saja sih ciri konten yang berkualitas menurut Mas?

Beliau menjawab, ada beberapa ciri spesifik ciri konten blog berkualitas, yang dengan itu bisa mendukung prosentasenya berkisar 70% untuk rating yang bagus di search engine. Ciri konten yang berkualitas terebut adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan manfaat luar maksimal bagi pengunjung
  2. Lebih menonjol dari berbagai sisi jika dibandingkan konten blog lain yang sejenis
  3. Dibaca dalam waktu relatif lebih lama oleh pengunjung
  4. Mampu membangkitkan perasaan (empati, kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  5. Memberikan solusi masalah pengunjung
Kelima hal di atas menurut saya memang sangat tepat sekali. 

Apakah konten berkualitas yang berupa artikel harus berupa tulisan yang panjang mas? Jika melihat data spesifik yang dikemukakan oleh MOZ (agak sedikit lupa apa benar beliau), memang artikel yang bagus sebaiknya diatas 1000 karakter bahkan lebih.

Namun, jika merunut hal dasar di atas tidak juga melulu harus berjumlah karakter yang panjang. Asalkan memberikan manfaat, dan dijadikan rujukan, referensi pembaca lain hal itu sudah "cukup: menjadi pegangan Anda semua guna memperolah posisi yang bagus di Google.

Demikian sekelumit cerita pengalaman pribadi mengenai 5 Ciri Konten Artikel Bog Anda Berkualitas untuk Halaman Pertama Google. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "5 Ciri Konten Artikel Bog Anda Berkualitas untuk Halaman Pertama Google"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel