Cara Membuat Sitemaps SEO di Webmaster Tools Google

Dalam beberapa kesempatan yang lalu, saya telah menjelaskan sebuah cara jitu mengatasi duplikat title tags dan deskripsi blog di Search Console Blogger. Cara tersebut memang sudah bisa saya rasakan sendiri hingga saat ini dengan terbukti ketika saya lakukan pengujian, ternyata problem yang saya hadapi solved alias tertangani dengan baik.

Untuk itu, melanjutkan bahasan kenapa blog kita terkadang sulit terdeteksi di mesin pencari, atau istilah search engine Google misalnya, ternyata ada alasan mendasar yang menyebabkan hal itu, yakni Sobat belum membuat Sitemaps pada Webmaster Tools.

Hal itulah yang mendasari saya dalam kesempatan ini untuk memberikan solusi atas pertanyaan Sobat dalam berbagai forum SEO apapun, khususnya pertanyaan "kenapa blog Saya kok belum terindex Google Mas" dan berbagai pertanyaan sejenisnya.

Perlu diingat, sebagai seorang blogger yang baru saja membuat blog baik berplatform apapun, jika menginginkan situs tersebut bisa segera diindex oleh Google, maka kita wajib mendaftarkan blog yang baru saja dibuat tersebut di webmaster tools milik Google.

Lha bagaimana caranya mendaftarkan blog kita di webmaster tools?

Caranya cukup mudah kok.
  1. Masuk akun blogger
  2. Silakan kunjungi laman webmaster tools Google
  3. Silakan pilih menu Add property
  4. Masukkan saja url blog sobat >> add
  5. Selesai
Apakah hal itu sudah cukup untuk membuat blog kita bisa segera terindex Google?

Sebenarnya langkah mendaftarkan url blog kita ke webmaster tools Google sudah cukup untuk menjadikan situs kita terdeteksi oleh Google, dan biasanya Anda akan menerima pesan email dari pihak Google untuk memaksimalkan kinerja search engine dengan melakukan beberapa hal, diantaranya dengan penentuan lokasi tujuan situs Anda termasuk untuk segera membuat sitemaps situs Anda di webmaster tools.

Namun, ketika Anda sudah merasa yakin jika hal itu saja sudah cukup "ampuh" untuk berkompetisi di dalam search engine, hal itu adalah fikiran yang kurang tepat. Dengan begitu banyaknya kompetisi di dunia maya, maka ada cara tambahan yang perlu Sobat lakukan guna "mempercepat" proyeksi pemenangan di Google, lha salah satu caranya dengan membuat sitemaps seperti judul artikel ini.

Untuk lebih menammbah keyakinan Sobat dengan apa yang saya sampaikan, silakan baca artikel Cara Kerja Search Engine (Mesin Pencari) Google 2016.

Cara Membuat Sitemaps SEO di Webmaster Tools

Cara Membuat Sitemaps SEO di Webmaster Tools Google
Berikut ini ada beberapa kombinasi sitemaps yang menurut saya sudah SEO dan bisa membuat situs kita bisa segera terindex secara keseluruhan, tidak sekedar url blog homepage saja. 

Dan alasan itulah kenapa sitemaps sangat perlu kita buat di webmaster tools Google.

Kenapa Google mas, tidak yang lain? Ya hal ini karena beberapa alasan, yakni Google masih menjadi mesin pencari terpopuler di dunia, dan blog sobat yang berplatform blogspot memang harusnya memanfaatkan fitur dari Google ini.

Apakah sitemaps bisa dibuat di mesin pencari lain mas? Bisa saja. Misalkan saja bing, yandex sebagai situs telusur yang populer di Rusia. 

Dah, karena fokusnya kita kali ini di webmaster tools, langusung saja kita bahas cara membuat sitemaps di webmaster tools Google:

1. Silakan masuk akun blogger Anda
2. Silakan buka halaman Webmaster Tools
3. Silakan pilih nama blog yang sudah Anda daftarkan di situ (sesuai dengan tahap awal artikel ini)
4. Kemudian pilih Crawl (perayapan) > Sitemaps
5. Kemudian pilih Add/ TestSitemaps
6. Kemudian masukkan kode Sitemaps satu persatu yang akan saya tuliskan di bawah ini
7. Pilih Submit
8. Selesai

Berikut ini adalah kode Sitemaps yang menurut saya sudah SEO banget untuk mesin telusur:

1. /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
2. /feeds/posts/default
3. /feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
4. /feeds/posts/full
5. /sitemap.xml
6. /atom.xml

Lalu bagaimana mas jika ternyata ada beberapa yang error?

Menurut beberapa informasi, erros sitemaps di webmaster tools dikarenakan blog tsb menggunakan Redirected Custom Feed contohnya Feedburner. Itu artinya, status Sitemap Error disebabkan karena feed yang masuk ke webmaster tools bukan feed asli blog kita, melainkan feed yang telah di redirect melalui custom feed tersebut.

Jadi buat yang tidak menggunakan Redirected Custom Feed bisa menggukan URL feed blogger seperti yang saya sebutkan di atas. Lalu bagaimana jika Anda menggunakan Redirected Custom Feed?

Maka untuk mengatasi masalah tersebut silakan coba menggunakan kombinasi sitemaps dengan format ini: /atom.xml?redirect=false

Mudah bukan?

Demikian sekilas informasi mengenai Cara Membuat Sitemaps SEO di Webmaster Tools. Semoga bermanfaat. Jika mengalami masalah, silakan cantumkan di kolom komentar artikel ini njeh. Salam.

2 Responses to "Cara Membuat Sitemaps SEO di Webmaster Tools Google"

  1. kang mau nanya itu 1 - 6 di masukin ke webmasternya semua ? atau 1 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, bener banget. Keenam nya silakan dimasukkan ke webmaster

      Delete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel