Manfaat Internal Link bagi Kemajuan SEO Blog Anda

Banyak hal yang bisa kita fahami bahwa salah satu metode dalam meningkatkan dedikasi blog kita di hadapan searh engine adalah dengan menerapkan optimasi internal link. Salah satu hal yang menjadi "bahan pertimbangan" termudah bagi blogger marketer mengenai hal itu adalah dengan memanfaatkan yang namanya "link".

Link yang saya maksud di sini memuat beberap cakupan dua fokus, yakni dinamakan internal link dan eksternal link. Hal itu pulalah yang menjadi sorotan dan mungkin dianggap salah satu trending center blogging beberapa tahun lalu.

Kebanyakan dari para blogger pemula seperti saya ini, awalnya menganggap bahwa internal link tidaklah terlalu penting seperti halnya ekternal link yang memang ditujukan untuk mendapatkan backlink. Dan itu ternyata pendapat yang salah dan fatal.

Namun, kebanyakan pula para blogger banyak yang masih "kurang hati-hati" menerapkan metode tersebut. Ya istilah kerennya penerapan link building yang salah. Kenapa hal itu bisa terjadi? Menurut pemahaman saya sih karena pemahaman yang salah dengan fungsi dasar dari internal link itu sendiri. Dengan penilaian yang "pas" terhadap internal link itulah kita akan bisa secara maksimal memanfaatkan eksternal link tersebut.

Dari pemahaman dasar itulah kenapa saya ulas secara lebih dalam mengenai 3 Elemen SEO Utama dalam sebuah Blog

Manfaat Internal Link bagi Kemajuan SEO Blog Anda

Manfaat Internal Link bagi Kemajuan Blog Anda

Dalam beberapa kasus dan menjadi contoh real dan fakta, ketika menggunakan plugin wordpress SEO Yoas untuk menunjang SEO blog wordpress custom domain Anda, ketika Anda menulis artikel akan ada penilaian dri Yoas seberapa "bagus" artikel tersebut dilihat dari faktor SEOnya.
Dan ternyata, ketika saya modifikasi secara perlahan artikelku, faktanya ada perbedaan ketika menggunakan internal link yang memadai dan berkesinambungan dengan artikel terkait. Semakin match penerapan internal link di dalam blog kita, semakin bagus pula SEO blog kita dinilai dari kualitas konten.
Itu artinya, salah satu aspek penting di dalam SEO blog kita khususnya pada kualitas konten adalah keberadaan internal link yang tertuju pada beberapa elemen url artikel lainnya, dan itu real alias fakta yang pernah saya alami sendiri.

Secar sederhana, Internal link adalah sebuah link atau tauan dari satu halaman blog menuju halaman lain di dalam blog yang sama dengan isi konten yang masih berhubungan. Metode ini adalah salah satu cara untuk membantu proses perayapan Google (crawler) dalam menjelajahi halaman situs kita. 

Selain hal itu, internal link juga memungkinkan para pengunjung website kita bisa menemukan informasi lain yang masih terkait antara artikel satu dengan artikel lainnya. Tentunya ini akan membuat pengunjung akan berada lebih lama di situs kita.

Karena itulah, peranan internal links sangat penting bagi SEO blog kita sendiri.

Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat dari penerapan linking (internal link) di dalam blog kita? Berikut selengkapnya:

1. Blog kita semakin user friendly

Itu artinya, dengan keberadaan internal link di dalam blog, akan memberikan kemudahan, keleluasaan pengguna situs kita itu. Mereka akan bisa secara mudah menelusuri dari tiap bagian artikel dengan tertuju pada penjelasan artikel selanjutnya, dan tentu masih dalam konteks bahasan yang saling berhubungan.

Bisa kita analogikan secara sederhana. Jika blog Anda mempunyai konten artikel yang sudah bejibun banyaknya, maka selain memanfaatkan halaman sitemap juga akan lebih efisien menggunakan internal link yang langsung ter include di dalam artikel tersebut.

Atau bisa juga melalui beberapa tampilan widget di bagian sidebar atau footer, misalkan berupa halaman popular post, label, menu navigasi dll.

So, tetap memberikan internal link yang sewajarnya dan usahakan menggunakan tautan yang relevan da berhubunga dengan artikel selanjutnya.

2. Memperkecil nilai bounce rate blog Anda

Hal ini tentu akan sangat berhubungan dengan manfaat internal link pada poin pertama. Semakin kecil bounce rat, semakin bagus pula blog Anda. Namun hal itu tidaklah semudah membalik telapak tangan, salah satunya adalah menggunakan metode internal link. Untuk lebih memahami apa itu bounce rate, silakan baca artikel sebelumnya.

3. Meningkatkan SE blog Anda

Hal ini sudah pasti dan sudah saya jabarkan dalam penjelasan di atas. Syaratnya cuma menerpkan link internal dengan sewajarnya, saling terkait dengan pembahasan artikel ang baru dibaca, menggunakan anchor text yang bervriasi tidak monoton dan secara teratur berkesinambungan.

Lalu kira-kira bagaimana pendapat situs MOZ mengenai keberadaan internal link tersebut?

Menurut MOZ, ada tiga hal pula manfaat dari optimasi internal link di dalam blog kita, antaralain:
  • They allow users to navigate a website.
  • They help establish information hierarchy for the given website.
  • They help spread link juice (ranking power) around websites.
Jelas sekali bukan bahasan sya kali ini?

Itulah setidaknya 3 hal penting mengenai manfaat internal link bagi kemajuab blog Anda nantinya. Pesan saya, optimasi internal link tidak akan berhasil secara maksimal jika kualitas konten yang kita sajikan sangat rendah. So, semoga bermanfaat dan selamat tahun baru Hijriyah 1438 H. Semoga semakin sukses selalu, salam.

2 Responses to "Manfaat Internal Link bagi Kemajuan SEO Blog Anda"

  1. trims infonya gan, baru kepirian nich rapihin link internal..
    https://beken.id/pastingakak

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel