Tips Sukses Seorang Blogger dari Filosofi Rumus Fisika Usaha

Pagi sahabat blogger. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu dan bisa terus berkarya dalam bentuk dan seuai kadarnya, aamiin.

Pada kesempatan ini, sedikit mari kita "lihat" sebuah rumus fisika Usaha yang nanti akan kita korelasikan dengan bagaimana trik dan tips sukses ngeblog alias blogging dari rumus fisika tersebut. Sebelumnya, adakah rekan-rekan yang kurang begitu suka atau kurang gemar belajar fisika? Ataukah males atau bukan juruan IPA saat SMA?

Wah, sebelumnya mohon maaf juga. Karena dalam beberapa waktu ini dan mungkin sudah booming tahun lalu tentang fenomena Flat Earth (bumi datar), maka untuk menjelaskan fenomena tersebut benar atau salah atau hanya sekedar konspirasi, maka tidak ada disiplin ilmu lain salah satunya yang paling banyak berperan adalah ilmu Fisika dan kimia, serta tambahan sedikit ilmu lain misalkan saja Geografi dan pemetaan.

Silakan baca: Pendapat Habibie tentang Flat Earth dan Nasehat buat Para Blogger

Ketika saya sadur dari sebuah buku SMA pelajaran Fisika kelas XI kala dulu dari penerbit Erlangga dengan penuli Bp. Mathen Kanginan halaman 118 (kok inget mas, ya karena masih punya) dituliskan pengertian dari usaha:
Sebagai suatu besaran fisika, "usaha" dalam fisika memiliki pengertian yang khas; hanya bisa dilakukan oleh gaya yang bekerja pada benda, dan suatu gaya dikatakan melakukan usaha pada benda jika gaya tersebut menyebabkan benda bisa berpindah.
Apa maksudnya dari pernyataan itu mas?
Tips Sukses Seorang Blogger dari Filosofi Rumus Fisika Usaha
Mari sedikit kita pelajari bersama. Jika sebuah mobil yang mula-mula berada pada posisi A dan berputar mengellingi sebuah lapangan sepak bola dengan lintasan berupa kotak (sesuai dengan panjang dan lebar lapangan), dan ketika mobil tersebut kembali dan beradap pada posisi A (posisi awal), maka mobil tersebut dikatakan tidak melakukan usaha.

Alasannya kenapa mas? Katanya asal ada perpindahan, maka ada usaha?

Yup benar sekali. Namun, ada satu pemahaman yang salah tentang pola pikir tersebut. Perpindahan tidaklah sama dengan jarak. Ketika mobil sudah berindah posisi melintasi lapangan (keliling), maka sejatinya dia sudah pasti akan mempunyai jarak tempuh.

Namun, ketika posisi mobil berada pada posisi awal sebelum bergerak, maka sejatinya mobil tersebut tidaklah melakukan perpindahan, karena perbedaan mendasar antara perpindahan dengan jarak.

Bedanya apa mas antara jarak dengan perpindahan, kan sama-sama satuannya meter?
Ingat, jarak adalah besaran skalar (hanya mempunyai nilai saja), sedangkan perpindahan adalah besaran vektor (mempunyai nilai dan arah).
Malah mubeng-mubeng mas? Yah itulah sepemahaman saya mengenai usaha, jarak dan perpindahan.

Tips Sukses Seorang Blogger dari Filosofi Rumus Fisika Usaha

Lalu apa hubungannya antara filosofi rumus usaha dengan kesuksesan seorang blogger mas?

Jika kita teliti lebih dalam, maka ada tiga variabel penting dalam rumu usaha, yakni:
W = F.S.Cos alfa
W=Usaha (N.m)
F=Gaya (N)
Dari rumus di atas, maka syarat mutlak agar terjadi usaha adalah keberadaan perpindahan dan besarnya sudut dari arah gaya yang menyebabkan perpindahan. Jadi, faktor perpindahan merupakan unsur penentu terjadinya usaha atau tidak.

Jadi, selama tidak ada perpindahan, maka bisa dikatakan tidak ada usaha sama sekali.

Apa korelasinya dengan kesuksesan seseorang dengan rumus tersebut?

So, ya ada hubungannya dong. Jika kita terapkan dalam kehidupan rekan-rekan blogger yang notabene memiliki beberapa cirikhas, diantaranya:
  • Mesti buat konten blog (nulis, upload gambar, video, music dll)
  • Mesti berkompetisi agar bisa sukses
  • Mesti mengelola blognya
  • Mesti baya domain
  • Mesti bayar hosting
  • Mesti ini dan itu dan semuanya adalah ciri khas seorang blogger
  • dan masih banyak lagi
Berbagai macam bentuk "ciri khas seorang blogger di atas" saya anggap sebagai variabel perpindahan (wujud ikhtiar), maka sama halnya jika hal di atas tidak dilakukan, maka sama halnya tidak terjadi perpindahan sebagaimana wujud variabel perpindahan dalam rumus usaha.
Sama halnya, kalau seorang blogger tidak mau melakukan perpindahan dan menghasilkan sebuah usaha, dapatkah orang tersebut akan merengkuh sebuah kesuksesan yang hakiki?

Demikian sekelumit pemaparan rumus usaha yang berkorelasi dengan kesuksesan seorang blogger. Dan semoga, pembahasan aspek fisika yang "sangat jauh" dari harapan rekan-rekan, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Tips Sukses Seorang Blogger dari Filosofi Rumus Fisika Usaha"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel