8 Elemen Faktor Penting dalam Pembuatan Desain Blog dan Website

Sudah tidak menjadi rahasia umum, bahwa desain blog dan website menjadi faktor penting dalam peningkatan trafik di mesin pencari. Hal lain yang menjadi dasar hal itu adalah desain tampilan blog akan menjadi gambaran kepuasan pembaca situs kita.

Ibarat kata, cinta pertama pasti muncul dari penampilan seseorang yang kita cintai. Sama halnya dengan desain website atau blog. Ketika desain tampilan blog dan website kita sudah memuaskan pembaca, secara langsung akan menjadi faktor lain yang membuat cinta pada blog kita. Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pembaca setia blog dan website kita.

Apakah ada hubungannya desain website-blog dengan SEO?

Jelas ada. Semakin SEO friendly atau user friendly tampilan desain website blog kita, semakin bagus pula untuk trafik dan rangking blog kita di mesin pencari (search engine).


8 Faktor Penting dalam Pembuatan Desain Blog dan Website

8 Elemen Faktor Penting dalam Pembuatan Desain Blog dan Website
Contoh desain website dan blog yang baik dan SEO friendly

Dalam kesempatan ini ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan dalam proses pembuatan desain blog dan website. Tujuan tidak lain dan tidak bukan untuk membuat blog kita lebih ramah pengguna (user friendly). Jika hal itu terpenuhi, maka dengan kualitas konten yang berkualitas akan mempercepat kenaikan trafik blog Anda.

1. Pengaturan Layout

Pengaturan layout atau tata letak di dalam desain website atau blog menjadi hal utama. Proses penempatan beberapa ruang informasi pada bagian sidebar, header, footer atau pada featured post menjadi sangat penting.

Mengingat, pengaturan layout menjadi hal dasar yang harus kita optimasi guna memperoleh desain tampilan blog yang ideal, nyaman dilihat dan terlihat rapih. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa melihat beberapa contoh demo dari beberapa desain template dari SL Blogger yang sudah saya optimasi sesuai dengan pertimbangan dasar pengaturan tata kelola layout yang SEO dan rapih.


2. Pengaturan Space (ruang kosong)

Space atau raugn kosong di sini begitu juga penting terhadap psikologi pembaca. Ruang kosong inilah yang akan membuat mata pembaca bisa beristirahant sejenak ketika membaca konte blog kita. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa tujuan keberadaan ruang kosong tsb:
  • Berfungsi sebagai separator untuk setiap elemen desain.
  • Memberi fokus terhadap elemen yang ingin ditonjolkan.
  • Memberi kesan desain yang lebih clean dan relaxing.
  • Menciptakan layout yang lebih seimbang dan harmonis.
  • Meningkatkan keterbacaan teks.
  • dll
Setidaknya space kosong tersebut menjadi penting untuk pembaca.

3. Penggunaan jenis huruf (font)

Sudah menjadi ciri khas sejak kecil hingga sekarang, bahwa makna tulisan seseorang secara kasat mata akan berkorelasi terhadap kenyamanan saat membaca sebuah tulisan. Masih ingat lah saat SD dulu. Jika tulisan kita "jelek" alisa sulit bahkan tidak bisa dibaca, maka kita akan menjadi sasaran "nasehat" bapak ibu guru kita.

So, sama halnya dalam proses pemilihan huruf dalam sebuah desain website atau blog. Ketika kita menggunakan jenis huruf yang terlalu lebay dengan model yang malah membuat orang lain sulit untuk membacanya, ya berarti hal itu kurang bagus terhadap kualitas desain blog kita.

Berikut ini ada beberapa jenis font huruf yang bagus ketika digunakan dalam desain website atau blog kita:
  • Serif memberikan kesan klasik, resmi, dan elegan. Biasanya digunakan pada buku, surat kabar, dan konten formal atau semi formal. Contoh: Times New Roman (TNR), Garamond, Georgia, Cambria.
  • Sans Serif adalah huruf yang paling cocok untuk digunakan karena memiliki tingkat readibility yang lebih tinggi di layar komputer jika dibandingkan dengan huruf serif. Memberikan kesan formal sekaligus kasual. Contoh: Helvetica, Arial, Trebuchet, Verdana, Josefin Sans.
  • Script memiliki banyak sekali variasi (brush, handwriting, kaligrafi, dll), memberikan kesan klasik, santai, dan kasual. Karena karakternya yang seperti huruf tegak bersambung (well, ini memang huruf tegak bersambung), jenis huruf script lebih sulit dibaca di layar. Anda bisa menggunakan jenis huruf ini untuk judul post, tapi hindari menggunakannya untuk body text.
  • Dekoratif, sama seperti script, huruf dekoratif juga memiliki banyak sekali variasi dari mulai yang betul-betul alfabet, simbol, hingga ikon-ikon tertentu. Huruf dekoratif tidak terlalu cocok digunakan untuk web fonts baik untuk judul maupun body text. Tapi, Anda bisa menggunakan huruf jenis ini untuk tulisan di image asalkan hanya untuk satu atau dua kata, bukan untuk kalimat panjang.
Beberapa model dalam desain template SEO yang saya tunjukkan dalam demo di atas sudah memenuhi point penting dalam hal ini.

4. Pemilihan warna

Sama halnya pemilihan font huruf, penggunaan warna yang tepat juga menjadi faktor dasar kenyamanan pembaca blog kita. Dalam proses ini, tentu kita menganbil jalan tengah, antara kebiasaan kalangan muda dengan sudah di atas umur 30 tahun. 

Kita gunakan saja warna-warna yang sejuk ketika dilihat (tidak menyilaukan mata), komninasi yang pas dan tidak saling meniadakan.

Sebagai contoh, misalkan saja kita menggunakan warna dasar hitam pada header, maka judul dan deskripsi blog akan lebih bagus jika menggunakan warna putih. Hal itu untuk menyesuaikan kedua jenis paduan warna itu. Apa jadinya jika warna header hitam dan judul deskripsi blog warna biru gelap?

5. Pengelolaan menu navigasi

Pengelolaan navigasi ini menjadi hal penting pula. Jika Sobat pernah mendaftarkan blognya ke Google Adsense, sudahkah mengalami belum diterima dengan alasan menu navigasi tidak jelas?

So, gunakan saja menu navigasi yang sederhana dan memudahkan pembaca (tidak membingungkan). Pilihlah menu pokok yang akan kita gunakan.

6. Tersedianya tombol pencarian (search)

Salah satu hal yang biasanya menjadi andalan pembaca saat mencari artikel di blog kita namun belum bisa menemukannya adalah dengan memanfaatkan tombol kotak pecarian -searc box.

Kotak pencarian ini akan sangat berguna bagi pembaca jika mengalami kendala saat belum menemuan artikel yang diinginkan.

7. Tersedianya halaman kontak/about us

Saya kira point 7 ini lebih pada beberapa menu statis yang ada di blog kita. Beberapa poit dalam hal ini adalah keberadaan halaman kontak, tentang diri kita-about us, sitemap (daftar isi), disclaimer, privacy policy dan TOS.

Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel 6 menu wajib ada pada blog Anda.

8. Kualitas gambar-image

Pengaturan kualitas gambar, baik di image thumbnail di halaman home pages, atau di dalam artikel menjadi sangat penting. Hal itu mengingat keberadaan gambar atau video atau file apapun itu, akan menjadi sarana pendukung yang sangat penting pada artikel utama kita.

Bisa dikatakan, gambar pendukung tersebut akan menjadi representasi dari keseluruhan isi konten yang ita sajikan.

So, demikian beberapa ulasan singkat mengenai 8 Elemen Faktor Penting dalam Pembuatan Desain Blog dan Website. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

0 Response to "8 Elemen Faktor Penting dalam Pembuatan Desain Blog dan Website"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel