Info Jumlah Korban dan Kondisi Gempa Bumi 6,5 SR di Aceh [Update]

Pada hari ini, tepatnya tanggal 7 Desember 2016 di Aceh telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,5 Skala Richter, yakni gempa yang cukup besar. Berdasarkan informasi yang saya kutip dari detik.com, belasan rumah roboh akibat gempa bumi 6,5 SR tersebut, tepatnya melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Badan SAR Nasional (Basarnas) sudah berada lokasi.

Berdasarkan informasi dari Kepala Bagian Humas Marsudi, peristiwa gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 05.03 WIB. Belasan bangunan roboh diantaranya 10 ruko dan 4 rumah warga. Berdasarkan informasi dari warga setempat, salah seorang saksi mata, Naswardi yang menginap di salah satu hotel di Calang, Aceh Jaya sekitar 2 kilometer dari pantai. Dia mengatakan gempa itu terjadi saat warga akan melaksanakan salat subuh (detik.com-red).
"Tadi pas menjelang subuh pukul 05.03 WIB itu kondisinya semua yang di sini persiapan untuk menunaikan salat subuh, karena di masjid menyampaikan. Di sini sudah ada suara pengajian untuk persiapan azan subuh," kata Naswardi saat dihubungi Rabu (7/12/2016).Naswardi menjelaskan guncangan gempa itu terasa sangat kuat. Air di bak mandi tumpah dan terdengar suara gemuruh bangunan berguncang.
Baca juga:  Jumlah Hutang Indonesia 2016 [Update]

Gambaran Kejadian dan Jumlah Korban Gempa Bumi 6,4 SR di Aceh

Info Jumlah Korban dan Kondisi Gempa Bumi 6,4 SR di Aceh [Update]
Kondisi Warga Daerah Gempa [Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews

Gempa yang terjadi di Aceh dengan kekuatan 6,5 SR merupakan gempa dengan getaran yang bisa dibilang sangat kuat. Hal itu juga berdasarkan informasi dari salah seorang warga di sana.
"Gempa cukup keras sampai air bak mandi kamar hotel saya tumpah. Goyangannya cukup kuat saya mendengar bunyinya gemuruh bangunan karena goyangannya lumayan keras. Jadi masyarakat termasuk yang menginap di hotel pada keluar. Menyelamatkan diri di lahan yang lebih luas jauh dari bangunan hotel" kata dia.
Mengenai ada tidaknya korban yang terjadi pada gempa tersebut, dari laporan detik.com hari ini sekitar pukul 08.47 waktu setempat, jumlah korban ada 52 orang meninggal dunia dan 73 luka berat serta 200 orang luka ringan.

Secara garis besar berikut ini rincian keterangan dari terjadinya gempa di Pidie Aceh:
  • Pusat gempa sekitar Timur Laut Kabpuaten Pidie Jaya dengan kedalaman 15 Km
  • Meninggal dunia 94 orang
  • Luka berat 128 orang
  • Luka ringan 489 orang
  • Bangunan rusak 246 yang terdiri dari Masjid, Warung Kopi, SPBU, STIAI Aziziah Jamalaga Kabupaten Bireuen, rumah, ruko, Rumah Sakit dan Sekolah; dengan jumlah banguan rusak paling banyak adalah rumah sekitar 125 dan 105 ruko
Berdasarkan informasi tersebut, gempa yang terjadi tidak berpotensi gelombang Tsunami.
Adapun gempa bumi Gempa Bumi 6,5 SR di Aceh terjadi sekitar pukul 05.03 WIB. Pusat gempa berada di timur laut Kabupaten Pidie Jaya dengan kedalaman 10 kilometer.

Sumber:
https://news.detik.com/berita/d-3364719/wakil-bupati-18-orang-meninggal-dunia-akibat-gempa-bumi-di-pidie-jaya-aceh

0 Response to "Info Jumlah Korban dan Kondisi Gempa Bumi 6,5 SR di Aceh [Update]"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia