Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Tengah Artikel

Setelah sobat diterima menjadi seorang pubisher Google Adsense, tentu ada satu kewajiban yang haru dipenuhi, yakni segera memang unit iklan Adsense. 

Salah satu metode meningkatkan pendapatan dari Google Adsense adalah dengan melakukan optimasi pemasangan unit iklan di tengah artikel yang secara signifikan mudah mendatangkan "clik" dari pembaca. Dalam istilah yang lebih mocer dikalangan para blogger dinamakan "High CTR Adsense". Metode tersebut secara signifikan mampu meningkatkan jumlah pendapatan yang cukup tinggi.

Hal itu senada dengan apa yang disarankan oleh pakar Google Adsense dari Singapura ketika memberikan tips dan cara meningkatkan pendapatan Google Adsense

Namun, ada satu hal yang mungkin masih menjadi kendala ketika ingin memasang unit iklan Google Adsense yang berada pada posisi di tengah-tengah artikel. Kan biasanya, kita akan dengan sangat mudah memang unit ikan adsense di bagian sidebar atau di atas / bawah header dengan customisasi tinggal memasukkan unit kode adsense di dalamnya.

Cara ini ternyata tidak bisa kita gunakan untuk memasang iklan adsense di bawah judul atau di tengah-tengah artikel atau bahwakan di akhir artikel. 


Untuk itu, dalam artikel kali ini mari kita ulasa cara mudah memasang iklan Google Adsense di tengah artikel.

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Tengah Artikel dengan Mudah

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Tengah Artikel dengan Mudah
Cara memasang unit iklan adsense di tengah artikel memang bisa dikatakan berhubungan erat dengan "editing" template dalam mode html. Jadi, alangkah lebih baiknya sobat perhatikan dengan seksama langkah-langkahnya berikut ini. Karena takutnya, salah penempatan atau kehapus satu "coding" saja di elemen template dalam mode html, bisa-bis terjadi error.

Nah, langsung saja mari kita lakukan langkah-demi langkah dengan pelan-pelan:

1. Silakan masuk akun www.google.com/adsense
2. Silakan pilih menu unit iklan dan buatlah unit iklan adsense > copy kode unit iklan adsense yang baru tersebut (usahakan pilih iklan responsive saja) ke dalam "notepad" 
3. Silakan "parser" terlebih dahulu kode adsense tersebut [bisa diparser di laman blogcrowds]
4. Silakan masuk akun blogger.com
5. Silakan pilih template > mode html
6. Silakan cari kode <data:post.body/>
7. Silakan ganti kode di atas (poin 5) dengan kode di bawah ini 
<div expr:id='&quot;zet1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlezet'>
<!-- pasang kode iklan yang telah diparse di sini -->
</div>
<div expr:id='&quot;zet2&quot; + data:post.id'><p><data:post.body/></p></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;zet1<data:post.id/>&quot;);var obj1=document.getElementById(&quot;zet2<data:post.id/>&quot;);var s=obj1.innerHTML;var t=s.substr(0,s.length/2);var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);}
</script>
8. Silakan pasang kode iklan yang telah diparse (poin 6) ke dalam kode di atas (yang saya beri warna biru)
9. Untuk menambah kerapihan hasil tampilan adsense, silakan tambahkan kode css dengan format berikut:
.googlezet{margin:15px auto;text-align:center}
10. Save template


Note:
Biasanya di dalam template akan terdapat beberapa kode <data:post.body/>, jadi silakan coba satu persatu hingga iklannya muncul dengan baik. Biasanya pada kode ke-dua.


Mudah  bukan. Perlu sobat ketahui. Metode ini bisa juga sobat terapkan manakala ingin memasang iklan dalam bentuk apapun (tidak hanya iklan adsense); jadi misalkan ingin memasang unit iklan berupa gambar juga bisa melakukan metode ini.

Demikian sekilas informasi mengenai Cara Memasang Iklan Google Adsense di Tengah Artikel dengan Mudah. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

2 Responses to "Cara Mudah Memasang Iklan Google Adsense di Tengah Artikel"

  1. iklan adsense tidak muncul di blog saya. padahal sudah saya copy kodenya ke plugin quick adsense dan wisget teks. yang muncul hanya kolom kosong warna putih di tengah post dan sidebar saya. mohon bantuannya mas.. terimakasih. salam hormat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kemungkinan masih dalam tahap review mas. jadi ditunggu saja sampai full approve..

      Hapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel