2 Prioritas SEO Paling Penting di Tahun 2017 [Sering Diabaikan]

Source image: searchengineland.com
Dengan Tahun Baru 2017 yang masih segar dalam ingatan kita ini, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mundur dan mengambil pelajaran dari optimasi SEO yang pernah kita lakukan terhadap situs yang kita kelola.

Dari hasil evaluasi SEO yang kita lakukan itulah, kita akan bisa menemukan kesimpulan terhadap keberhasilan dengan apa yang telah kita lakukan.

Dengan begitu, setidaknya kita akan mampu menerapkan metode yang tepat guna meninkatkan profit terhadap proyek besar kita ke depannya.

Memang, dalam kenyataannya mempelajari dan menerapkan optimasi SEO tidak semua orang bisa secara kosisten mampu melakukan hal itu. Bisa jadi karena memang banyaknya agenda terplanning, bisa juga karena kesibukan.

Masalah lainnya lagi, terkadang fokus optimasi SEO yang kita lakukan juga belum tepat. Alasannya sederhana, ya karena perkembangan mesin pencari dalam melakukan penentuan rangking sebuah situs mengalami perubahan. Hal ini pula pernah disampaikan oleh David Freeman di dalam situsnya.

Dari dasar itulah, di sini akan kami berikan informasi mengenai 3 prioritas SEO paling penting di tahun 2017 ini. Ada apa kira-kira dengan tahun 2017 ini?

2 Prioritas SEO Paling Penting di Tahun 2017

Berikut Ini adalah beberapa langkah optimasi SEO di tahun 2017 ini. Dalam pandangan saya, ada dua daerah kunci penting.

1. Google Search Console Review

Kenyataannya, masih banyak dari kita yang mengabaikan Google Search Console. Padahal, dari informasi hasil review situs kita dari Google Search Console menjadi salah satu sumber informasi terbaik untuk mengidentifikasi ketepatan optimsai SEO yang kita lakukan. 

Ada beberapa pokok keterangan Area utama dari Google Search Console yang meliputi:
  • Data terstruktur (Structured data). Pastikan tidak ada kesalahan dalam markup situs Anda. Jika ada, silakan segera lakukan perbaikan.
  • Perbaikan HTML (HTML improvements). Merevisi kesalahan duplikat konten terhadap panjang meta deskripsi dan judul halaman dapat menjadi metode yang cukup efektif untuk meningkatkan CTR peringkat situs Anda, terutama jika Anda bekerja sama dengan rekan-rekan pencarian berbayar untuk mengidentifikasi kinerja iklan mereka.
  • Mobile usability. Faktaya, secara signifikan frafik mobile dari situs Anda mampu memberikan persentase yang tinggi dari lalu lintas situs. Untuk memaksimalkan hasil trafik yang tinggi dari mobile tersebut, setidaknya silakan lakukan optimasi desain terhadap situs Anda, ya tentu saja tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman mobile yang optimal terhadap user.
  • Sumber daya yang diblokir (Blocked resources). Menyelesaikan pemeriksaan cepat untuk memastikan bahwa setiap sumber mesin pencari yang memuat membuat halaman situs Anda tidak sedang diblokir. Jika ada, silakan lakukan penyelesainnya.
  • Kesalahan merangkak (Crawl). Mengidentifikasi dan menyelesaikan setiap kesalahan 404 untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik dan untuk mengarahkan link otoritas.
Berdasarkan point penting di atas, setidaknya silakan maksimalkan tools yang telah disediakan oleh google tersebut.

2. Content Gap Analysis

Kualitas konten yang sangat relevan dengan keinginan para user menjadi faktor yang sangat penting. Saking pentingnya, relevansi konten yang Sobat buat akan mampu meningkatkan jumlah pageview situs Anda. Selain daripada itu, secara simulta tingkat relevansi akan meningkatkan pula hasil pencarian situs Anda di mesin pencari.

Fokus utama yang lebih terarah

Untuk mewujudkan beberapa perubahan trafik situs Anda yang semakin menurun, maka silakan lakukan planing dan arah yang tepat, dan kali ini kita sebut sebagai blue print yang pas.

Sementara setiap proyek adalah unik dan memiliki prioritas sendiri, tiga bidang utama yang penting untuk optimasi SEO Anda adalah sebagai berikut:

1. Percepatan Pages Mobile (AMP)

Pada tanggal 20 September, 2016, Google mulai "merilis" halaman seluler dipercepat untuk seluruh hasil pencarian, khususnya untuk mobile. Peluncuran ini akan secara global diperkirakan akan selesai pada akhir 2016 kemarin, akan ternyata sudah banyak pengembang template AMP di tahun 2017 ini.
Singkatnya, mereka tidak lagi membatasi AMP ke Top Stories carousel. Sementara tidak akan ada peringkat manfaat dari penerapan kerangka AMP. Semkain situs kita bisa dipercepat, semakin tinggi pula kesempatan naiknya trafik di mesin pencari.

2. HTTPS

Ini memegang pentingnya pada tiga bidang:
  • Konsumen mencari pengalaman online yang lebih aman dan dapat dipercaya, dan HTTPS adalah cara ideal memberikan itu. Ini akan menjadi lebih penting dengan Chrome sekarang lesu situs yang tidak aman.
  • HTTPS adalah faktor peringkat Google.
  • Ini merupakan prasyarat untuk menerapkan HTTP2, yang akan memungkinkan situs untuk memuat secara signifikan lebih cepat dibandingkan dengan protokol HTTP. 
3. Mobile experience

Banyak situs menawarkan pengalaman mobile yang menyenangkan. Disadari atau tidak, dengan dikeluarkannya algoritma Google Mobilegeddon dan ketika kita bergerak hingga 2017, trafik yang berasal dari seluler akan terus meningkat.

Demikian sekilas informasi mengenai 2 Prioritas SEO Paling Penting di Tahun 2017 [Sering Diabaikan]. Jika ada hal yang perlu didiskusikan, silakan cantumkan di kolom komentar njeh. Dan silakan shared jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk rekan-rekan. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "2 Prioritas SEO Paling Penting di Tahun 2017 [Sering Diabaikan]"

  1. Maaf mas...
    Kalau pengguna blogspot, yang lebih baik itu menggunakan http atau https, ?
    Terimakasih banyak jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sudah saya jelaskan secara ringkas tentang pertanyaan mas:

      http://www.forumblogindo.com/2016/05/manfaat-menggunakan-layanan-https-blog.html

      Hapus

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel