SEO Trik: 2 Jenis Keyword yang Banyak Dicari Tapi Relatif Rendah Kompetisi dan Mudah Dioptimasi

2 Jenis Keyword Ini Banyak Dicari Tapi Relatif Rendah Kompetisi dan Mudah Dioptimasi

Di Indonesia, kita semua bisa melihat bisnis online dan blogger tumbuh dengan pesat. Hal ini otomatis membuat semakin banyak orang mempelajari teknik online marketing, salah satu di antaranya adalah SEO, alias optimasi website agar ranking-nya bisa naik hingga halaman 1 mesin pencari (Google).

Melakukan SEO di Indonesia memang gampang-gampang susah. Buat yang berkecimpung di bidang ini, salah satu tantangan yang sering kita hadapi adalah sulitnya mengoptimasi keyword-keyword yang kita inginkan. Apalagi kalau keyword-nya terlalu umum dan pakai bahasa Inggris.

Ternyata, ada 2 jenis keyword yang memiliki potensi trafik tinggi tetapi relatif lebih rendah tingkatk kompetisinya, yang artinya lebih mudah juga untuk dioptimasi. Apakah 2 jenis keyword tersebut?

Menggunakan Long-Tail Keywords
1. Menggunakan Long-Tail Keywords
  
Jika ada yang beranggapan bahwa keyword dengan 1 atau 2 suku kata adalah keyword yang tepat untuk dioptimasi, maka sebaiknya kamu pupuskan harapan untuk bisa masuk ke dalam halaman 1 dengan waktu yang relatif singkat.

Seperti yang perlu diketahui bahwa keyword yang hanya berisikan 1 ataupun 2 suku kata itu biasanya hanya lebih banyak ditempati untuk website-website ternama, seperti Wikipedia, dan berbagai website luar negeri yang memiliki PA & DA yang sudah sangat tinggi.

Jadi apa masih yakin dengan kata kunci seperti itu?

Ambil contoh adalah sebuah website seputar bisnis waralaba. Kalau kita berpikir singkat, pasti keyword yang diinginkan tidak jauh-jauh dari “bisnis waralaba”, “info waralaba”, atau malah cuma “waralaba”. Tentu ini relatif sulit, karena sangat general keyword yang ditarget. 

Sedangkan jika kita menggunakan strategi long tail keyword, maka bisa didapatkan opsi-opsi seperti berikut:
“Tips sukses bisnis waralaba di Indonesia”
“Aturan Hukum Waralaba di Indonesia tahun 2017”
“Ide Peluang Usaha Menjanjikan Tahun 2017”
Nah tentu keyword-keyword tersebut lebih mudah untuk dioptimasi, namun di sisi lain topik tersebut juga tetap banyak yang cari (artinya berpotensi trafik tinggi). Trik SEO ini terutama sekali cocok digunakan untuk blog yang masih baru dan ingin memaksimalkan trafik melalui SEO.


2. Keyword dengan Tema Musiman

Kata kunci berikut ini merupakan kata kunci yang banyak dicari hanya pada saat-saat tertentu saja, dan bisa dibilang jenis keyword ini masih termasuk dalam kategori long-tail keywords namun lebih spesifik pada momen atau saat-saat tertentu.

Sebagai contoh gambaran keywordnya:
  • Kue untuk "Hari Ibu"
  • Hadiah saat "Hari Valentine”
Anda lihat huruf yang saya berikan tanda bold? Itulah yang dimaksud dengan tema musiman. Strategi keyword ini memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan “trafik kagetan”, karena keyword ini relatif lebih mudah dioptimasi karena sifatnya sesaat saja. Perlu dicatat, teknik ini perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum momen yang dimaksud tiba, karena SEO itu butuh waktu.

Nah itulah 2 jenis keyword yang relatif mudah dioptimasi yang bisa kita manfaatkan untuk menaikkan trafik blog kita menggunakan SEO. Anda bisa melakukan analisa keyword secara lebih mendalam dengan menggunakan tool SEO seperti Ahrefs, MOZ, Majestic, Google Keyword Planner, dan lain-lain.

Semoga sharing tips kali ini bermanfaat bagi perkembangan bisnis online kita dan jangan lupa share ya kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat. Sukses selalu!

0 Response to "SEO Trik: 2 Jenis Keyword yang Banyak Dicari Tapi Relatif Rendah Kompetisi dan Mudah Dioptimasi"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia