Pengaruh CTR (Click Through Rate) Terhadap SEO

Pengaruh CTR (Click Through Rate) Terhadap SEO
CTR atau kepanjangan dari Click Trough Rate adalah perbandingan besarnya persentase klik yang kita dapatkan dengan jumlah penayangan di halaman hasil pencarian Google (SERP).

Dan yang menjadi pertanyaan banyak blogger saat ini adalah apakah CTR atau Click Through Rate benar-benar mempengaruhi SEO? 

Berdasarkan beberapa informasi yang saya dapatkan, bahwasanya pendapat mengenai CTR ini masih menjadi perdebatan di kalangan ahli SEO di dunia. Secara sederhananta tentu ada dua kelompok yang mengatakan sangat berpengaruh terhadap SEO sebuah blog, ada juga yang berpendapat masuh belum bisa berdampak secara signifikan terhadap SEO.

Pengaruh CTR (Click Through Rate) Terhadap SEO

Sesuai dengan apa yang saya katakan tadi, bahwa pendapat mengenai CTR berpengaruh terhadap SEO disampaikan oleh diwakili moz.com dan backlinko yang sudah sangat terkenal di dunia optimasi website. 
Pendapat keduanya disaampaikan melalui serangkaian beberapa percobaan yaitu dengan cara meminta bantuan dari para fans website mereka untuk melakukan klik di link mereka kemudian membacanya. Faktanya berdasarkan dari percobaan ini diperoleh hasil lonjakan ranking dari ranking 7 ke ranking 3, sesuai dengan pengujian kasusnya.
Berbeda dengan pendapat Moz dan Backlinkinfo, hasil penelitian mereka disanggah oleh Bartoz Goralewicz dengan hasil percobaab trafik palsu yang dilakukannya.

Memang benar yang disampaikan oleh Moz dan Backlinkinfo, namun Bartoz  menganggap teknik tersebut hanya akan memperoleh trafik "palsu" yag seiring berjalan akan memperkecil ranking website kita secara signifikan.

Bartoz beranggapan, jika teknik yang dilakukan Moz dan Backlinkinfo tersebut jika CTR berpengaruh terhadap SEO, tentu saja  ranking naik seiring dengan kenaikan dari CTR itu sendiri.

Berdasarkan beberapa pendapat yang melalui tahap percobaan tersebut saya kira kita tidak bisa begitu saja "memenangkan" salah satu pendapat dan mengabaikan pendapat lainnya, karena memang pendapat tersebut berdasarkan atas hasil percobaan yang apa adanya (fakta).

Namun, paling tidak kita bisa mengambil beberapa kesimpulan berdasarkan hasil eksperimen di atas, yaitu:
  1. Halaman web yang berhasil memperoleh nilai CTR-nya di atas CTR rata-rata untuk peringkatnya sebelumnya, jelas bisa kita katakan berpeluang untuk mengalami kenaikan ranking dan juga berpeluang untuk mengalami penurunan peringkat.
  2. Faktanya, bahwa hasil eksperimen yang mengalami kenaikan peringkat ini diikuti oleh manusia sebagai visitor; sedangkan hasil eksperimen yang mengalami penurunan peringkat tidak melibatkan manusia melainkan bot yang melakukan kunjungan otomatis.
Sebenarnya apa sih perbedaan antara trafik hasil optimasi manusia dengan trafik bot?

Trafik manusia akan menghasilkan sinyal kunjungan untuk Google, baik itu lama kunjungan ataupun bounce rate, sedangkan trafik dari bot tidak berdampak pada seperti optimasi manusia. Maka akan sangat jelas sekali bahwa moz.com ataupun backlinko, selain memberikan instruksi kepada followernya untuk melakukan klik terhadap linknya, keduanya juga menghidangkan konten yang berkualitas yang imbasnya membuat pengunjung menghabiskan waktu untuk menikmati setiap konten yang ada, dan hal itu tentu saja akan mempekecil bounce rate.

Baca juga: Cara Memperkecil Bounce Rate Blog Anda untuk Meningkatkan Trafik
sehingga, dari pandngan itulah kita bisa mengatakan bahwa CTR sebenarnya bukan faktor yang berpengaruh terhadap  menyeluruh; namun secara tidak langsung bisa mempengaruhi SEO jika CTR berada di atas CTR rata-rata dan dengan asumsi para pengunjung akan mampu memberikan sinyal positif terhadap ranking situs kita di Google.
Saya kira cukup jelas dengan ulasan mengenai Pengaruh CTR (Click Through Rate) Terhadap SEO. Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Pengaruh CTR (Click Through Rate) Terhadap SEO"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel