Pilih PageSpeed Insights Google atau GTMetrix?

Pilih PageSpeed Insights Google atau GTMetrix?
Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog dengan Mudah

Dalam beberapa kesempatan diskusi dengan beberapa rekan blogger, muncul sebuah pertanyaan:

"kang, yen jenengan pengen ngetest kecepatan loading blog atau website, pilih PageSpeed Insights Google atau GTMetrix?"

Pertanyaan tersebut muncul dari rekan, yang ternyata dalam aktifitas blogging sering kali keluar istilah "fast loading", "kecepatan loading", "PageSpeed Insights Google", "GTMetrix". Sebenarnya apa sih istilah di atas?

Secara sederhana dan singkat, salah satu aspek yang diperlukan oleh sebuah blog atau website berkualitas dengan perkembangan algoritma Google maupun search engine lainnya adalah kecepatan loading [kecepatan blog/website saat dibuka, baik menggunakan desktop/ PC atau menggunakan smartphone].
Berawal dari situlah, maka istilah kecepatan loading, fastest loading menjadi istilah umum dalam dunia blogging.
Kembali pada pokok bahasan ini. Ketika kita mencoba membangun sebuah blog berkualitas seperti yang saya katakan tadi, maka wajib bagi kita untuk membuat blog/website yang kita miliki memiliki standar minimal [SOP minimal] sesuai dengan anjuran, tips dan arahan Google sendiri [jika sepakat]; dan salah satunya aspek kecepatan loading. Mengingat Google sampai saat ini masih menduduki mesin pencari nomor wahid dijagad raya ini yang paling banyak digunakan manusia.

Dengan pertimbangan itu, akan muncul sebuah pertanyaan lanjutan, "kira-kira blog/ website saya sudah cepat belum ya jika dibuka melalui dekstop maupun smartphone"?
Lha, untuk menjawab pertanyaan tersebut, salah satu sarana, tools/alat yang "umum" digunakan para blogger untuk mengetahui seberapa cepat sebuah blog jika dibuka melalui PC/ hp cerdar adalah PageSpeed Google dan GTMetrix.
Saya kira dengan penjelasan tersebut Sobat bisa memahami klausul penyebab artikel ini saya bahas.

Tools Penguji Kecepatan Loading Blog/Wesbite Terpopuler

Bagi seorang developper blogger template, tentu saat ini pengujian kecepatan loading menjadi salah satu prioritas penting selain faktor SEO. Dalam beberapa kasus, terkadang kedua tools di atas juga memiliki hasil yang berbeda, dan itu saya kira sobat pernah mengalaminya.

Jika dilihat dari fitur yang disajikan antara PageSpeed Insights Google dengan GTMetrix, tentu saja banyak perbedaan. Jika halaman muka pada PageSpeed Insights Google hanya memberikan tips dan saran ketika memang ada kelemahan dari template yang kita gunakan.

Berbeda halnya dengan GTMetrix, tools ini memberikan gambaran kecepatan loading sebuah blog/website secara menyeluruh dengan beberapa titik ponit mana yang harus diperbaiki.


Untuk lebih jelasnya silakan lakukan pengujian terhadap kedua tools kecepatan loading blog tersebut. Caranya cukup mudah:
  1. Silakan kunjungi laman PageSpeed Insights Google dan GTMetrix
  2. Silakan masukkan url/ alamat blog sobat ke tools tersebut
  3. Silakan pilih opsi Analyze dan silakan tunggu hasilnya
Mudah bukan?

Selanjutnya, yang menjadi pertanyaan pentingnya adalah [jika mengalami kasus perbedaan hasil pengujian] lantas kita lebih memilih data dari Google atau GTMetrix?

Nah, itulah sedikit pencerah bagi pembahasan ini.
Bagi saya pribadi yang mencoba memposisikan independen [tidak bermuatan apapun], juga berdasarkan beberapa pengalaman lapangan terhadap template SEO premium di situs ini, jujur saya lebih memilih PageSpeed Insights Google.
Apa alasannya?

"Secara sederhana, jawaban saya tersebut flash back muqoddimah artikel ini di atas, yakni Google adalah satu mesin pencari paling banyak digunakan oleh manusia sejagad; dan oleh karena itu tentu saja karena PageSpeed Insights adalah salah satu alat yang dibuat oleh Goolge, maka tidak ada alasan lain bagi saya lebih mengedepankan saran Google", begitulah singkat ceritanya.

Saya kira jawaban di atas sedikit banyak akan memberikan gambaran Anda semunya, untuk lebih memilih PageSpeed Insights Google atau GTMetrix. Dan paling tidak, titik terpenting dari pembahasan ini sebenarnya bukan pada mencari alat terbaik dari keduanya, namun bagaimana kita mencoba menerapkan metode terbaik tentang bagaimana cara membuat mempercepat loading blog kita nantinya.

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil pengujian dari salah satu template premium SL Blogger, yakni SL SEO Simple Blogger Template:

hasil pengujian template SL SEO Simple dengan PageSpeed Insights Google [tampilan Desktop]
Hasil pengujian template SL SEO Simple dengan PageSpeed Insights Google [tampilan Desktop]

hasil pengujian template SL SEO Simple dengan PageSpeed Insights Google [tampilan Mobile]
Hasil pengujian template SL SEO Simple dengan PageSpeed Insights Google [tampilan Mobile]

hasil pengujian template SL SEO Simple dengan GTMetrix (hasilnya Grade A)
Hasil pengujian template SL SEO Simple dengan GTMetrix (hasilnya Grade A)

Baca juga: 4 Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah dan Jitu [Update]

So, demikian sekilas ulasan singkat mengenai Pilih PageSpeed Insights Google atau GTMetrix? semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Sobat dalam mengembangkan blog/website yang berkualiatas, baik dari segi kecepatan loading, desain dan artikel di dalamnya. Salam sukses selalu buat kita bersama.

Note:
Jika dirasa artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan, jangan lupa share kepada rekan lain njeh. Salam,

0 Response to "Pilih PageSpeed Insights Google atau GTMetrix?"

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia