Fakta Unik Asima Chatterjee, Icon Google Doodle Hari Ini

Fakta Unik Asima Chatterjee, Icon Google Doodle Hari Ini
Asima Chatterjee muncul pada Google Doodle hari ini, Sabtu, 23 September 2017. Sosok wanita berkacamata yang tampak sedang memejamkan mata.

Di sekelilingnya, lambang struktur molekul kimia disusun membentuk kata “Google”. Wanita asal India tersebut dikenal karena karyanya dalam bidang kimia organik dan phytomedicine.

Rupa-rupanya, sang tokoh yang diangkat sebagai Google Doodle hari ini tersebut adalah Asima Chatterjee, seorang wanita asal India yang berprofesi sebagai ahli kimia.
Pada dasarnya, Doodle yang dibuat oleh Google hari ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-100 dari Asima Chatterjee yang lahir di Bengal, pada 23 September 1917.
ia tumbuh dewasa di Calcutta, pada era 1920-1930an sangatlah jarang ditemui perempuan yang mempelajari bidang kimia. Chatterjee tidak hanya menyelesaikan studinya di jurusan Kimia organik. Namun lebih dari itu, ia berhasil meraih gelar Doctorate of Science, sekaligus menjadi wanita pertama di India yang berhasil meraih gelar tersebut. Dia kemudian menjadi wanita pertama di India yang meraih gelar Doctorate of Science.

Fakta Unik Asima Chatterjee, Icon Google Doodle Hari Ini

Penelitian Asima Chatterjee sepanjang karirnya banyak menyumbang pada pengembangan obat-obatan untuk mengobati epilepsi dan malaria. Dan salah satu kontribusi Chatterjee yang paling dikenal adalah karyanya yang terkait Vinca Alkaloid. Ini adalah senyawa yang terbuat dari tumbuhan, dan sering digunakan sebagai pengobatan penyakit medis.

Dengan dedikasinya terhadap tanaman obat India, Chatterjee juga mendirikan sebuah institut penelitian dan membimbing banyak ilmuwan kimia India.

Asima Chatterjee mendirikan Departemen Ilmu Kimia di Lady Brabourne College dan ikut mendidik generasi-generasi berikutnya dari para ilmuwan kimia di India lewat sebuah institut riset.

Google Doodle Asima Chatterjee hari ini merupakan penghargaan untuk memperingati 100 tahun kelahirannya. Dan juga untuk mengingatkan dunia akan sosok wanita yang luar biasa akan prestasinya di bidang sains.

Demikian sekilas informasi mengenai Fakta Unik Asima Chatterjee, Icon Google Doodle Hari Ini. Semoga bermanfaat, aamiin.

0 Response to "Fakta Unik Asima Chatterjee, Icon Google Doodle Hari Ini"

Posting Komentar

Hanya sebagian kecil komentar yang disetujui. Jangan membuang waktu Anda jika hanya untuk melakukan "spam" di Forum Blogger Indonesia ini. So, komentar yang Anda tuliskan menunjukkan tingkat kualitas diri Anda.

Salam blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel